5 Hal Ini Perlu Anda Pahami, Saat Memberi Instruksi Pada Anak Usia Dini

Sabtu, 29 April 2017 09:02 WIB | dibaca : 2438 | dibagikan :

Seorang ibu meminta anaknya untuk mengerjakan sesuatu, “Nak, setelah mandi, langsung beres-beres kamarmu ya… Setelah itu, siapkan alat tulis. Lalu pergi ke ruang belajar. Siap-siaplah di situ. Guru bahasa Inggris akan mengajarmu hari ini.”

Orang tua terkadang merasa telah memberikan banyak hal kepada anak. Ia merasa telah membiayai anak sekolah, membesarkan anak, memberi makan, dan menyediakan segala kebutuhan anak. Namun terkadang mereka lupa, akan kebutuhan yang paling utama, yaitu perhatian dan kasih sayang yang tulus. Sehingga saat orang tua meminta anaknya melakukan sesuatu, ia memerintah dengan seenaknya dan kurang dilakukan dengan kasih sayang. Menurut  beberapa orang tua mungkin contoh cara memberikan instruksi di atas terkesan biasa-biasa saja. Namun anak-anak memiliki hati yang sensitif. Agar anak lebih merasa diperhatikan dan disayang oleh orang tuanya, sebaiknya orang tua perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini. Inilah penuturan dari Kak Zepe:

  1. Dekatilah anak

Jangan memerintah anak dari jarak yang terlalu jauh. Karena dengan jarak yang terlalu jauh, anda tidak akan memungkinkan untuk menggunakan suara lembut. Padahal anak-anak sangat peka dengan suara. Bila ia diperintah dengan suara lembut, hatinya akan lebih tenang. Sehingga saat ia melaksanakan perintah orang tua, ia akan melakukannya dengan tulus. (baca juga: Aktivitas Seru Agar Orang Tua dan Anak Kompak Selalu)

  1. Perlunya sentuhan

Bagi anak-anak, sentuhan dari orang tua sangatlah berarti. Memberikan perintah kepada anak dengan cara mendekati anak lalu menepuk, mengusap kepala, atau memegang tangan adalah hal yang penting. Selain sentuhan anak juga memerlukan…

  1. Tatapan mata

Apakah anda tau arti sebuah istilah, “Dari mata turun ke hati.” Memang benar, tiada kasih sayang yang tulus tanpa ada kontak secara langsung bila tidak ada kontak antar mata. Mata adalah jendela hati. Kasih sayang yang tulus akan terpancar dari tatapan mata. Perintahlah anak dengan menatap matanya. Hal ini akan membuatnya lebih tenang dan yakin bahwa apa yang diperintahkan orang tua adalah demi kebaikan sang anak, bukan hanya kemauan atau ego orang tuanya sendiri.

  1. Kalimat yang jelas dan sederhana
Baca Juga:   Dampak Virus Corona bagi Dunia Pendidikan

Katakan kata-kata instruksi Anda dengan jelas dan sederhana. Terkadang anak-anak susah memahami instruksi, karena kalimatnya kurang jelas atau terlalu panjang. Perhatikan juga suara Anda. Anak-anak biasanya cenderung lebih mau mendengarkan suara yang tegas, jelas, dan intonasi yang baik namun tidak membentak apalagi berteriak.

  1. Ucapkan “Terima kasih”

Bila anak sudah melakukan apa yang Anda minta, jangan lupa untuk berterima kasih. Ucapan terima kasih juga bisa diberikan setelah Anda selesai memerintah buah hati anda. Ucapan terima kasih dari orang tua adalah penghargaan yang istimewa.  Dengan mengucapkan terima kasih, anda telah mengajarkan anak anda tentang cara menghargai orang lain.

Terkadang orang tua mengabaikan 3 poin di atas, sehingga terkadang anak-anak menjadi terkesan keras kepala karena “ogah-ogahan” dalam melakukan instruksi dari orang tua. Orang tua pun terkadang menjadi merasa kurang dihargai dengan sikap sang anak yang menurutnya kurang sopan. Sehingga terjadilah kemarahan yang berlarut-larut hanya karena suatu hal yang sederhana. Bagaimana dengan anda? Sudah memerintah anak Anda dengan cara yang benar? (baca juga: “Tips Menjaga Kedekatan Antara Anak dan Orang Tua”)

Kedekatan secara emosi adalah faktor yang sangat penting agar instruksi Anda lebih bisa didengarkan oleh anak-anak. Kedekatan emosi perlu dipupuk dalam hidup sehari-hari, salah satu contohnya adalah dengan mengajak anak bermain bersama.

Perkuat kedekatan batin Anda dan sang buah hati dengan bermain bersama. Salah satu aktivitas menarik adalah dengan cara bermain game bersama. Untuk bisa melakukan hal ini, tentu saja membutuhkan media permainan yang menarik. Salah satu permainan yang menarik tersebut adalah bermain game “Ular Tangga”.

Ayo mainkan permainan ini bersama sang buah hati! Anda juga bisa memainkan ular tangga secara online. Bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Silakan klik “ULAR TANGGA INDONESIA” atau klik gambar di bawah ini:banner-ular-tanggasumber gambar: parents.mdpcdn.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...