paudddd

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Manajemen PAUD

Jumat, 15 Desember 2017 08:56 WIB | dibaca : 4085 | dibagikan :

Hingga saat ini, ribuan PAUD telah berdiri. Hampir di tingkat kelurahan, desa, dan dusun dusun berdiri sebuah PAUD dengan ciri khasnya masing-masing. Menciptakan PAUD yang nyaman bagi anak-anak didik untuk belajar merupakan tantangan yang besar bagi pengelola PAUD, kepala PAUD, guru PAUD, tukang kebun, petugas keamanan dan berbagai pihak yang berkarya dalam suatu PAUD. Mereka harus bekerjasama agar anak-anak didik merasa nyaman dalam belajar dan mengembangkan diri mereka.

Layaknya sebuah roda yang berputar dan memiliki jari-jari atau ruji-ruji. Setiap jari-jari haruslah sama panjang agar gerak roda berlangsung secara harmonis. Begitulah para pekerja di dalam sebuah PAUD. Mereka harus bekerjasama dengan baik agar kegiatan-kegiatan di dalam sebuah PAUD bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Bagaimana pun konsumen dalam sebuah PAUD adalah anak-anak didik. Selama anak-anak didik merasa nyaman belajar di sebuah PAUD, maka orang tua pun akan merasa senang dan kepercayaan orang tua pun akan semakin meningkat untuk menitipkan buah hati mereka tumbuh dan berkembang.

Manajemen dalam sebuah PAUD adalah hal yang sangat penting. Manajeman PAUD yang baik akan menciptakan suasana kerja yang baik bagi orang-orang yang berkarya di PAUD, dan secara otomatis menciptakan suasana belajar mengajar yang baik. Manajemen PAUD yang baik perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Menunjang pihak pengelola untuk menjadi lebih profesional dan berkompeten

Kedudukan seorang pengelola PAUD sangatlah penting dalam membuat keputusan. Namun keputusan yang baik tentu saja harus berdasarkan pertimbangan yang baik. Pertimbangan-pertimbangan biasanya diambil dari hasil rapat-rapat dan evaluasi bersama komponen sekolah yang lain. Manajemen PAUD yang baik akan mempermudah pihak pengelola untuk mendapatkan berbagai informasi di PAUD yang dikelola, sehingga saat mengambil keputusan adalah keputusan yang terbaik, menguntungkan banyak pihak, dan bermanfaat bagi perkembangan PAUD.

2. Menunjang peningkatan kreativitas guru dan kinerja tim guru

Manajemen PAUD yang baik tentu akan membuat guru merasa nyaman berkarya. Faktor kenyamanan ini sangatlah penting, karena bisa membuat guru semakin mampu mengekspresikan diri mereka dan mengajar secara maksimal, mulai dari proses persiapan hingga proses evaluasi. Hubungan antar guru pun akan berlangsung harmonis, sehingga bisa menciptakan suasana kerja sama yang baik. Kompetisi antar guru pun bisa berlangsung secara sehat, tidak saling berusaha menjatuhkan, namun berusaha saling membantu satu sama lain untuk mencapai hasil kerja yang maksimal. Pihak pengelola sekolah dan kepala sekolah perlu waspada bila antara satu guru dan guru yang lain lebih saling menyalahkan dan mencari kekurangan masing-masing. Pasti ada suatu masalah yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal hubungan antar guru.

3. Memudahkan guru dalam menemukan bakat dan minat anak

Manajeman PAUD yang baik bisa memberikan ruang bagi anak dalam mengekspresikan diri mereka, sesuai dengan bakat dan minat anak. Semakin banyak kesempatan yang diberikan kepada anak didik untuk mengekspresikan diri mereka, guru pun akan semakin mudah dalam menemukan bakat dan minat setiap anak. Guru akan lebih mudah pula dalam membimbing anak, sehingga anak didik bisa mengembangkan talenta mereka secara maksimal. Ruang dalam mengembangkan bakat anak bisa berupa melakukan kegiatan presentasi, mengadakan pertunjukan, atau melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler serta mengadakan lomba-lomba.

4. Meningkatkan kepercayaan orang tua dan masyarakat sekitar

Bila kerjasama antar komponen sekolah berjalan dengan baik, maka kualitas kerja setiap komponen di sekolah bisa berkualitas pula. Kualitas ini akan tercermin dalam perkembangan setiap komponen sekolah, baik lewat sikap, kata-kata, karya, prestasi,  dan lainnya. Nama baik sekolah pun semakin terjaga dan bahkan semakin indah di mata orang tua dan masyarakat sekitar. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan orang tua untuk menitipkan buah hati mereka untuk tumbuh dan berkembang di suatu PAUD. Indikasinya adalah peningkatan jumlah anak didik, berkurangnya komplain-komplain yang datang dari orang tua anak didik, serta semakin banyak anak didik dan guru yang menciptakan suatu prestasi. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Buah-buah yang baik itu pasti akan sampai kepada masyarakat, dan masyarakat  pun akan semakin memahami akan pentingnya PAUD bagi anak-anak usia dini.


baca juga: Pilihlah PAUD Yang Sesuai Dengan Kriteria Ini


5. Anak-anak berkembang dalam bidang akademis, karakter dan spiritual

Tidak hanya perkembangan dalam bakat dan ketrampilan mereka. Manajemen PAUD yang baik juga akan memungkinkan anak berkembang secara maksimal dalam kognitif, karakter, dan spiritual.

Kognitif

Anak-anak usia dini sangat menyukai aneka aktivitas menyenangkan yang mampu membuat mereka berkembang dalam bidang akademis. Manajemen PAUD yang baik akan membuat anak mampu mengembangkan diri dalam bidang akademis. Guru semakin kreatif dalam membuat media pengajaran yang menarik dan menyenangkan, yang dipakai sebagai sarana mentransfer ilmu kepada anak didik.

Karakter

Karakter anak pun bisa berkembang dengan baik, karena setiap permasalahan yang dihadapi anak bisa selalu diselesaikan dengan baik. Cara guru menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi anak akan memacu anak untuk bertumbuh menjadi anak yang berhati mulia dan berkarakter.

Ilmu agama

Semua orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar, dan berhati mulia. Sehingga orang tua selalu berusaha memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. PAUD memiliki tujuan utama yaitu membentuk anak Indonesia yang memiliki lima pertumbuhan dan perkembangan. Diantaranya perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik ( koordinasi motorik halus dan kasar ), kecerdasan kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi), serta bahasa dan komunikasi. Tujuan lainnya adalah membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Jadi anak Indonesia akan memiliki kepribadian dan kemampuan kognitif yang baik. Semoga dengan manajemen PAUD di sekolah Anda juga mengacu pada perkembangan anak yang sangat beragam ini. Hal ini tentu saja perlu dibarengi dengan perkembangan sumber daya pendidik yang perlu terus diasah dengan berbagai cara. Semangat belajar para pendidik PAUD se-Indonesia.


Agar anak-anak bisa berkembang secara maksimal, tentu saja mereka juga membutuhkan media belajar yang menarik, menyenangkan, dan edukatif. Salah satu media menarik untuk mengajar anak-anak adalah melalui media dongeng. Mari download GRATIS dongeng di bawah ini:

– Cerita Anak : Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa

Cerita Anak : Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa


sumber gambar: http://www.detakmalut.com/2017/05/di-halmahera-selatan-lulusan-sd-jadi.html

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...