5 Hal Yang Perlu Orang Tua Perhatikan Saat Memberikan Gadget Pada Anak

Sabtu, 29 April 2017 08:35 WIB | dibaca : 401 | dibagikan :

Larangan penggunaan gadget bagi anak-anak memang bukan hal yang bijaksana. Karena ada banyak hal yang bisa anak-anak pelajari dengan menggunakan gadget. Orang tua perlu bijak dalam hal ini. Ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan saat memberikan gadget pada anak. Apa saja itu?

  1. Berikan perlindungan dari hal-hal negatif

Sebagai orang tua di zaman modern, Anda perlu melek teknologi. Anda perlu memahami cara memblokir suatu situs atau website yang kurang pantas bagi anak-anak. Saat ini perkembangan aplikasi juga berjalan sangat cepat. Ada ribuan aplikasi beredar di internet, dan banyak diantaranya bisa didownload gratis. Dalam hal ini, Anda juga perlu bertindak tegas dalam hal pendownloadan aplikasi. Pastikan anak tidak boleh mendownload aplikasi sendiri. Andalah yang harus mendownload setiap aplikasi yang boleh dimainkan anak. Pastikan Anda jugalah orang yang memainkan aplikasi tersebut, sehingga anak juga terhindar dari berbagai macam konten atau iklan aplikasi yang tidak pantas ditonton anak-anak. (baca juga: Mengatasi Dampak Negatif Dari Penggunaan Gadget)

  1. Awasi anak dengan cermat

Awasilah anak saat bermain gadget. Sesekali Anda perlu mengadakan pemeriksaan mendadak pada HP anak. Sehingga bila ada konten – konten yang kurang pas bagi anak, Anda dapat segera menghapusya.

  1. Hindari pemakaian berlebih, aturlah jadwal

Jangan biarkan anak terlalu sering menggunakan gadget. Karena bila anak terlalu sering menggunakan gadget, tentu saja akan memberikan efek negatif bagi anak, terutama dalam hal prestasi belajar dan kebutuhan bersosialisasi anak. Maka aturlah jadwal pemakaian perangkat ini. Anda bisa memulainya dengan mengizinkan anak memainkan gadget hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja. Orang tua perlu tegas dalam hal ini. Bila anak mulai melanggar aturan, Anda bisa segera memberikan konsekuensi yang bisa membuat anak jera. Misalnya tidak bermain gadget selama satu minggu. Dengan adanya aturan ini, anak pun akan semakin disiplin dalam penggunaan gadget. Anak juga akan belajar tentang kepatuhan pada aturan.

  1. Kenali konten bermanfaat, agar banyak hal positif didapat

Orang tua perlu menambah wawasan tentang website, aplikasi, atau pun game-game online yang biasa dimainkan anak. Jangan biarkan anak bermain game yang terlalu banyak menampilkan adegan kekerasan dan konten-konten dewasa lainnya. Bagaimana pun anak adalah seorang peniru yang ulung. Maka berikanlah konten-konten yang edukatif dan baik agar anak bisa mendapatkan manfaat yang baik dari konten yang ia mainkan. (baca juga: Inilah Alasan Orang Tua Tidak Boleh Gagap Teknologi”)

  1. Daripada Gadget, Kegiatan fisik dan social lebih baik
Baca Juga:   Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Kita

Seperti kita tahu bahwa radiasi gadget berpengaruh pada mata anak. Perlu ada kesepakatan antara Anda dan anak agar anak bisa mengontrol diri dalam menggunakan gadget. Orang tua perlu bersikap konsisten. Walaupun di masa liburan, aturan harus tetap dipatuhi. Walaupun mungkin akan ada kesepakatan baru, namun hal yang terpenting adalah tidak membiarkan anak bermain gadget terlalu lama, misalnya lebih dari tiga jam.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah perhatian Anda kehidupan sosial anak. Jangan sampai terjadi anak menjadi malas bersosialisasi karena sudah puas dengan sahabat karibnya yang bernama “gadget”. Orang tua perlu mendorong anak untuk bermain bersama anak-anak lain di lingkungan sekitar. Aktif dalam acara-acara anak yang diadakan di lingkungan sekitar. Orang tua juga perlu menjelaskan kepada anak akan pentingnya kehidupan sosial atau bergaul dengan sesama, serta mendidik anak akan pentingnya sifat berempati pada sesama yang kian terkikis oleh karena kehadiran gadget di dunia anak-anak. Demikian tips dari saya, Kak Zepe. Semoga berguna bagi orang tua di seluruh tanh air agar terhindar dari dampak negatif gadget.

Sebagai orang tua, Anda juga perlu memberikan konten-konten yang edukatif di dalam gadget yang biasa digunakan oleh sang buah hati. Contohnya adalah dongeng dan lagu anak. Berikut ini adalah dongeng dan lagu anak yang keren, ramah anak, dan edukatif. Silakan download aplikasi dongeng  dan lagu anak ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:

Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupaCerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayamCerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa

sumber gambar: https://cdns.klimg.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...