DuniaBelajarAnakFacebookPoster

8 Tips Jitu Agar Anak Menghabiskan Bekal Makanan Sekolah

Jumat, 15 Desember 2017, 09:42 WIB | dibaca 948 kali | dibagikan kali

Agar anak bisa tumbuh secara maksimal, tentu membutuhkan makanan yang bergizi. Namun untuk menyajikan menu bergizi bagi anak-anak bukanlah hal yang mudah. Karena banyak makanan yang bergizi terlihat kurang menarik bagi anak-anak. Sedangkan banyak diantara makanan yang tidak sehat justru terlihat menarik di mata anak-anak.

Anak-anak tidak hanya membutuhkan makanan bergizi di rumah, namun juga di sekolah. Karena anak-anak juga akan menghabiskan banyak waktu di sekolah. Salah satu solusi orang tua agar anak tetap mendapatkan persediaan makanan bergizi di sekolah adalah dengan membawakan mereka bekal. Sebagai orang tua, tentu Anda merasa sedih bukan, bila buah hati Anda tidak menghabiskan bekal mereka apalagi bila Anda mendapatkan laporan dari guru bahwa buah hati Anda membuang bekal makanan mereka.

1. Variasi menu makanan

Menu makanan yang bervariasi sangat penting bagi anak. Maka janganlah memberikan menu makanan yang sama antara hari ini dan di hari berikutnya. Bila perlu, kita bisa membuatkan jadwal menu makanan anak, dengan variasi makanan sup, ayam, ikan, roti, dan lainnya.

2. Ajak anak berdiskusi tentang bekal anak

Diskusikan kepada anak tentang makanan apa yang sedang ia inginkan. Dalam hal ini, kita bisa memberikan pilihan kepada anak tentang makanan apa yang ingin anak bawa sebagai bekal. Jangan keburu membuat janji kepada anak bahwa Anda akan memberikan makanan sesuai dengan apa yang anak inginkan. Karena anak-anak terkadang juga perlu merasakan menu makanan baru, terutama yang mengandung sayur-sayuran. Dalam hal ini, orang tua juga perlu mengenal makanan favorit anak dan cita rasa mereka.


baca juga: Kreasi Tema Diri Sendiri, “Makanan Sehat” dan “Makanan Tradisional”


3. Menggunakan kotak makanan (lunch box) yang aman

Hindarilah menggunakan kotak makanan yang terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya, misalnya dengan bahan styrofoam. Anak-anak sangat sensitif dengan hadirnya zat asing yang masuk ke dalam tubuh mereka. Hal ini akan mengurangi selera makan anak.

4. Hindari zat pewarna yang berbahaya

Anak-anak memang suka dengan tampilan makanan yang menarik. Bila Anda memasakkan makanan untuk anak, sebaiknya gunakan pewarna alami. Alasannya hampir sama dengan poin sebelumnya. Anak-anak sangat sensitif. Sehingga bila ia merasakan ada zat yang rasanya aneh dan memberikan pengaruh negatif bagi tubuh anak, tentu anak akan kehilangan selera makan.

 5. Menu makanan yang mudah untuk dimakan

Jangan memberikan menu makanan yang sulit untuk dimakan anak, misalnya ikan nila goreng atau makanan yang terlalu keras atau alot.  Bila memberikan bekal ayam goreng kepada anak, usahakan bagian tulangnya sudah dibuang, sehingga anak tinggal mengunyahnya.

6. Mendekorasi makanan

Dekorasilah makanan seindah mungkin. Hal ini akan memacu selera makan mereka. Anda bisa mendekorasi bekal anak dengan hiasan yang menyerupai hewan, pemandangan, atau wajah. Anak pasti juga bangga bila bekal makanan mereka yang didekorasi indah dilihat oleh teman-temannya, sehingga memotivasi mereka untuk menghabiskan makanan yang dibawa.

7. Mengenal porsi makanan anak

Anak-anak memiliki selera makan yang berbeda dalam hal kuantitas. Ada anak yang mampu makan banyak, namun ada yang makan sedikit saja sudah merasa kenyang. Oleh karenanya, orang tua perlu mengenal banyak sedikitnya porsi makan anak, atau minimal membawa cukup bekal makanan. Yang terpenting, anak akan mampu menghabiskan makanan yang dibawa. Bila perlu, Anda bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil makanan sendiri, minimal mintalah anak untuk
mengambil nasi sendiri.

8. Ajak untuk memahami realitas bahwa banyak orang kelaparan

Kita bisa mengajarkan kepada anak akan berharganya makanan dengan cara mengajak anak menonton film tentang kelaparan yang melanda suatu daerah. Hal ini akan menumbuhkan sifat empati anak dalam hal peduli pada sesama dan peduli pada makanan.  Jelaskan kepada anak bahwa masih banyak orang belum bisa makan. Ajak anak bersyukur karena bisa mendapatkan dan bahkan memilih makanan yang disuka.

Bagaimana pun mengajak anak untuk menghabiskan bekal makanan sangat perlu. Karena hal ini juga akan mengembangkan sifat mereka dalam menghemat sesuatu. Dengan menghabiskan bekal makanan, anak-anak akan semakin paham akan pentingnya penghematan. Dengan menghemat makanan dengan cara menghabiskan bekal makanan, anak-anak juga akabn belajar tentang pola hidup hemat, baik hemat air, hemat uang, hemat listrik, dan lainnya.

Semakin banyak makanan yang disuka anak, orang tua pun tidak perlu galau dalam memilihkan makanan apa yang sesuai dengan selera anak. Maka sejak dini anak-anak perlu mengenal aneka macam makanan yang sehat dan bergizi. Kita bisa mengajarkan anak aneka makanan dengan media game. Salah satu game yang menarik adalah Marbel Restaurant. Download gratis permainan ini dengan klik gambar di bawah ini:

banner-marbel-restaurant

sumber gambar: https://dianasihmontessori.files.wordpress.com/2014/10/pg4.jpg

 

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...