Manfaat Edukatif Aneka Lomba Hari Peringatan Kemerdekaan RI – Bagian 1

Senin, 8 Agustus 2016 10:25 WIB | dibaca : 1969 | dibagikan :

Sewaktu saya duduk di bangku TK dan SD, hari Peringatan Kemerdekaan RI adalah hari yang paling saya tunggu-tunggu. Karena di hari tersebut, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti aneka lomba yang seru dan menyenangkan. Beberapa minggu sebelum puncak acara, yaitu perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI (yang ditandai dengan malam tirakatan), anak-anak di komplek perumahan tempat saya tinggal mendapatkan kesempatan emas tersebut.


Baca juga: Ragam Acara Edukatif di “Hari Anak Nasional” – Bagian 1


Semua anak tertarik untuk mengikuti acara tersebut untuk mendapatkan juara. Para pemenang biasanya akan mendapatkan hadiah. Meski hadiahnya tidak seberapa harganya, namun menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak-anak saat namanya dipanggil dan mendapatkan hadiah. Berikut ini adalah aneka lomba yang sering dilombakan di acara peringatan Hari Kemerdekaan RI.

  • Lomba Makan Kerupuk

Di lomba ini, anak-anak berlomba menghabiskan kerupuk yang digantung dengan tali. Melalui lomba ini, anak-anak belajar tentang kesabaran, kecepatan, dan ketepatan. Bagaimana pun memakan kerupuk yang diikat dengan tali tanpa menggunakan tangan harus sabar. Sabar namun harus cepat, inilah yang menjadi tantangan para peserta lomba. Peserta lomba juga dituntut untuk bersikap jujur, dengan cara memakan kerupuk tanpa menggunakan tangan.

  • Lomba Balap Karung

Lomba balap karung adalah lomba yang sangat sederhana. Biasanya panitia hanya menyediakan sebuah karung goni. Para peserta mengenakan karung goni tersebut layaknya sebuah sarung. Lalu mereka akan berkompetisi dengan cara berlari atau melompat dengan posisi kaki berada di dalam karung. Manfaat lomba balap karung adalah menguatkan otot kaki dan keseimbangan badan. Tanpa kekuatan otot kaki dan keseimbangan tubuh yang baik, maka peserta bisa terjatuh kala melakukan lomba ini.

Baca Juga:   Pentingnya PAUD Bagi Perkembangan Anak

Ayo mainkan lomba lompat karung secara online dalam aplikasi “LOMBA LOMPAT KARUNG
banner-lomba-lompat-karung

  • Lomba Memindahkan Belut

Dalam lomba ini, panitia menyediakan 2 buah ember. Ember yang pertama berisi belut yang jumlahnya banyak, sedangkan ember yang kedua berisi air. Di dalam lomba ini peserta memindahkan belut dari satu ember ke ember yang lain dalam rentang waktu tertentu. Melalui lomba ini, siswa diajak untuk belajar tentang ketenangan dan kecepatan. Bila jemari terlalu tegang dan kaku, akan sulit menggenggam seekor belut. Namun bila jemarinya luwes, maka peserta bisa memegang belut dengan lebih mudah. Lomba ini juga bisa melatih kekuatan motorik halus anak, terutama di bagian jemari.

  • Lomba Memasukkan Pensil Kedalam Botol

Ketenangan sangat dibutuhkan agar bisa memenangkan lomba ini. Dalam lomba ini, peserta diminta memasukkan pensil ke dalam botol. Sedangkan pensil diikat pada bagian perut peserta. Melalui lomba ini, peserta juga berlatih kekuatan kaki, khususnya pergelangan kaki.

  • Lomba Memindahkan Kelereng

Alat yang digunakan saat melakukan lomba ini adalah sebuah sendok dan beberapa butir kelereng yang ditempatkan di sebuah mangkuk. Sebuah mangkuk yang lain diletakkan agak jauh dari mangkuk yang berisi kelereng. Tugas peserta adalah memindahkan kelereng dari mangkuk satu ke mangkuk yang lain dengan cara meletakkan kelereng di atas sendok. Melalui lomba ini, peserta belajar tentang ketenangan dan kecepatan. Selain itu, peserta juga belajar tentang keseimbangan tubuh. Tanpa keseimbangan tubuh yang baik, maka kelereng akan mudah jatuh.

lanjutkan membaca dengan klik Manfaat Edukatif Aneka Lomba Hari Peringatan Kemerdekaan RI – Bagian 2

sumber gambar: batumedia com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...