Agar Kecerdasan Kognitif dan Emosi Anak PAUD Tumbuh Secara Seimbang – Bagian 2

Sabtu, 1 April 2017 11:44 WIB | dibaca : 460 | dibagikan :

Memiliki anak cerdas tentu menjadi dambaan orang tua. Banyak anak memiliki kecerdasan yang baik, sehingga secara kognitif mereka terlihat sangat unggul, namun secara emosi mereka kurang bisa mengontrol diri. Sehingga saat anak sedang berada di dalam masalah, anak menjadi mudah down dan sulit untuk bangkit. Ada juga anak yang terlihat pandai di kelas, namun mudah marah dan sulit mengontrol emosinya. Berikut ini adalah beberapa tips dari Kak Zepe, agar anak bisa memiliki keseimbangan kecerdasan baik dari sisi emosi maupun inteligensi yang merupakan kelanjutan dari artikel berjudul “Agar Kecerdasan Kognitif dan Emosi Anak PAUD Tumbuh Secara Seimbang – Bagian 1″

6. Bermainlah bersama anak

Dengan bermain bersama anak, Anda akan bisa mengamati tingkah laku, cara berkomunikasi, dan segala talenta anak. Dengan demikian, Anda pun akan semakin mampu memahami dan mengembangkan talenta yang dimiliki anak. Semakin dini orang tua memahami dan mengembangkan talenta anak, maka talenta anak pun akan semakin cepat bertumbuh seiring dengan pertumbuhan usianya.

7. Sabar dalam menanggapi pertanyaan dan pernyataan anak

Anak-anak terkadang menanyakan hal-hal yang tidak penting. Namun bila kita menjawab pertanyaan itu dengan penuh kesabaran, maka anak akan semakin terpacu untuk belajar. Karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang anak ajukan, anak akan memahami banyak hal yang baru dan belum mereka pahami sebelumnya. Berikan pula tanggapan saat anak bercerita atau mengungkapkan sesuatu, sehingga anak akan semakin percaya diri dalam mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran mereka, sehingga pengetahuan anak pun akan semakin luas.

8. Jauhkan dari hiburan yang tidak sehat

Di zaman teknologi yang semakin canggih, anak-anak pun mendapatkan banyak pilihan hiburan. Namun tidak semua hiburan anak mengandung nilai-nilai yang baik dan layak dikonsumsi oleh anak. Alangkah bijaksananya bila orangtua selalu mendampingi dan membimbing anak dalam memilih hiburan yang sehat dalam bentuk tontonan televisi, video game, dan berbagai macam hiburan berteknologi canggih lainnya. Karena bila sejak dini anak-anak sudah terbiasa dengan konten-konten yang berbau kekerasan, pornografi, dan konten tidak pantas lainnya, maka anak bisa mengalami gangguan dalam hal kepribadian maupun pola pikir mereka.

Baca Juga:   Pemanfaatan Lagu Anak Berjudul "Main Musik", Sebagai Sarana Gerak dan Lagu Interaktif

9. Manfaat musik bagi kecerdasan

Ajaklah anak untuk mendengarkan musik yang lembut, misalnya musik klasik. Musik klasik dipercaya dapat memacu perkembangan otak anak. Selain mendengarkan musik, ajaklah anak untuk bisa memainkan alat musik, misalnya piano atau gitar. Dengan memainkan alat musik, otak kanan dan otak kiri anak bisa berkembang secara seimbang, sehingga kecerdasan anak pun akan berkembang secara inteligensi maupun emosi.

Agar musik benar-benar bisa memberikan manfaat yang maksimal kepada anak, tentu saja kita perlu memilah lagu-lagu anak yang ramah anak. Dapatkan lagu-lagu anak edukatif dan ramah anak secara gratis di dalam “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD – LENGKAP”banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua, agar Anda memiliki anak yang cerdas secara emosi maupun inteligensi. Bagaimana pun perhatian dan kasih sayang orang tua adalah hal yang utama. Karena dengan adanya perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya, maka anak pun akan semakin bersemangat dalam mengembangkan diri tanpa ada rasa takut, khawatir, dan kegelisahan. Karena perhatian dan kasih sayang akan memberikan efek kebahagiaan, dan kebahagiaan akan membuat otak anak mudah menerima pengetahuan yang baru.

Jangan lewatkan pula artikel berjudul “Agar Kecerdasan Kognitif dan Emosi Anak PAUD Tumbuh Secara Seimbang – Bagian 1″

Ada banyak cara untuk belajar. Salah satunya adalah dengan media lagu anak. Kak Andi Taru (CEO Educa Studio) dan Kak Zepe (Pencipta Lagu Anak) Telah berkolaburasi menciptakan suatu aplikasi yang memuat lagu anak edukatif yang disusun secara tematik. Aplikasi ini berjudul “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD” Silakan download gratis dengan klik “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD – LENGKAP”

Sumber gambar: muctim.com.vn

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...