Ajarkan anak membaca

Ajarkan Anak Membaca dengan Cara yang Asyik

Kamis, 26 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 54 | dibagikan :

Buku merupakan jendela dunia. Jika buah hati kita tidak membaca, maka anda sebagai orangtua, telah membunuh cita-citanya sejak kecil. Terkadang banyak permasalahan, entah buah hati kita yang tidak mau belajar membaca, atau kita sebagai orangtua yang malas mengajari anak. Oleh sebab itu mari ajarkan anak membaca sejak kecil dengan cara yang menyenangkan yuk moms.

Sebelum mempersiapkan anak untuk masuk ke suatu lembaga pendidikan, ada baiknya kita mempersiapkannya terlebih dahulu, supaya anak tidak kaget dengan kegiatan ketika di sekolah. Karakteristik  anak yang selalu ingin bermain, terkadang  membuat orangtua agak kewalahan ketika mengajarkan membaca.

Sebagai orangtua, tentunya kita mengharapkan bahwa anak kita mempunyai masa depan yang cerah. Tumbuh kembang anak, tentunya harus mendapat dukungan dari orangtua. Orangtua mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembentukan karakter anak. Kita sebagai orangtua harus memberikan role model yang positif bagi anak, contohnya dengan mengajarkan anak untuk suka membaca.

Ajarkan anak membaca
Background photo created by pressfoto – www.freepik.com

Cara sederhana ajarkan anak Membaca

  • Ajak anak jalan-jalan disekitar lingkungan. Anak akan mempelajari kata-kata baru yang belum pernah dia dengar, mungkin karena lebih banyak dirumah. Ketika dia di luar, dia akan belajar tentang tanaman, mengenal bermacam-macam tanaman, bagaimana cara mengeja nama tanaman tersebut.
  • Labeli setiap benda yang ada dirumah. Berikan label pada benda-benda di rumah, Seperti “Lemari”, “Kursi”, dan lainnya. Anak akan sedikit demi sedikit, mempelajari penulisan kata benda tersebut, dan penasaran untuk mengejanya.
  • Contohkan anak dengan rajin membaca. Jika kita suka membaca buku, maka ajak anak untuk membaca buku-buku bacaan yang sesuai dengan umurnya. ajaklah anak ke toko buku, biarkan dia memilih buku anak-anak, yang ingin dibacanya. Lalu dampingi dia ketika membuka buku tersebut.
  • Selalu bacakan anak buku. Jika anak belum bisa membaca, bacakan buku anak dan pengetahuan yang khusus bagi anak usia dini. Hal tersebut dapat merangsang minat baca buku anak.
  • Berikan buku sesuai umur anak. Berikan anak sebuah buku, yang sesuai dengan umurnya. Jika ingin memperkenalkan bagaimana terbentuknya hujan, alangkah baiknya, pilihkan buku dengan ilustrasi anak-anak dan warna yang terang, sehingga anak tertarik untuk membaca.
  • Buatkan perpustakaan Khusus untuknya. Ketika buku yang dibacakan atau dibaca oleh anak sudah banyak, baiknya buatkan mereka sebuah perpustakaan baca untuk mereka. Kalau perlu, ajak teman anak datang ke perpustakaan mini, supaya mereka juga suka membaca.
  • Ajak anak belajar membaca dengan bermain. Bermain merupakan dunia anak. Kita dapat mengajarkan cara membaca dengan bermain. Ajak anak untuk mencari tulisan yang tertulis di kertas, taruh tulisan-tulisan tersebut di dalam kotak. Atau tempel beberapa tulisan di sekitar dalam rumah, ajak anak untuk mengumpulkan kata-kata itu. Ajak dia untuk mengeja, setiap kata yang dia temukan.
Baca Juga:   Toxic Parents, Berdampak Tumbuh Kembang Anak
Ajarkan anak membaca
Education photo created by freepik – www.freepik.com

Manfaat Anak Membaca

  • Mengenal banyak kosakata. Anak akan mengenal beberapa kata baru, secara tidak langsung, ketika kita mengucapkan beberapa kata. Seperti saat kita ajak dia jalan-jalan, lalu kita akan mengenalkan “bunga”. Ketika kita sebutkan secara terus-menerus, anak akan mengingatnya.
  • Melatih anak berimajinasi. Ketika buah hati kita suka membaca, dan referensi buku bacaannya beragam, dapat melatih daya kreatifitasnya. mereka akan membayangkan hal yang terjadi, pada buku yang dibacanya.
  • Mengembangkan kognitif anak. Ketika anak dibacakan atau belajar membaca, maka kemampuan akan mengingatnya terasah, menggunakan banyak kata-kata ketika berkomunikasi, mampu memecahkan masalah, daya nalarnya pun akan terasah, anak akan belajar bersosialisasi.
  • Mengenal konsep baru. ayah dan bunda dapat mengenalkan beberapa konsep baru pada anak secara tidak langsung, ketika belajar membaca. mengenal konsep warna, huruf, angka, bentuk, benda, dan lain-lain.
  • Melatih konsentrasi. Pada saat anak mendengar atau membaca, maka dapat melatih konsentrasi anak. Ketika membaca atau mendengar bacaan, anak akan memproses informasi. Jika tidak, maka dia kurang berkonsentrasi.
  • Menambah pengetahuan. Melalui buku yang bermacam-macam, anak akan belajar ilmu pengetahuan dari buku yang dibacanya. Seperti ketika mereka membaca tentang perubahan ulat jadi kepompong, maka dia akan belajar tentang metarmorfosis.
  • Membuat Anak suka membaca. Ketika anak selalu dibacakan suatu buku yang menarik, dia akan selalu penasaran dengan buku-buku yang lainnya. Mereka pun akan meminta anda mengajarinya belajar membaca, supaya dia bisa membaca sendiri buku yang ingin dibacanya.

 

Sumber referensi :


Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.