Ajarkan anak mencuci tangan

Ajarkan Anak Mencuci Tangan Sejak Dini

Rabu, 18 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 53 | dibagikan :

Mencuci tangan sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mencuci tangan juga salah satu cara yang paling mudah dan murah untuk mencegah penyebaran kuman, bakteri, maupun virus. Yang mengakibatkan timbulnya penyakit maupun infeksi pada tubuh kita. Untuk itu perlu ajarkan anak mencuci tangan sejak dini agar mereka terbiasa.

Sama halnya dengan dengan adanya wabah covid-19 atau virus corona yang sudah melanda indonesia. Cara termudah untuk penangkalan dan meminimalisir tertularnya covid-19 adalah dengan rutin mencuci tangan.  Akan tetapi kesadaran akan pentingnya mencuci tangan dengan rutin dan benar adalah hal yang masih kerap untuk dilewatkan. Maka dari itu membiasakan mencuci tangan secara rutin memang harus diterapkan sedini mungkin. Agar anak terbiasa untuk melakukannya tanpa harus disuruh.

Mengutip laman Center for Disease Control and Prevention, mencuci tangan dapat mencegah satu dari tiga penyakit yang berhubungan dengan diare dan satu dari lima infeksi pernapasan, untuk itu mencuci tangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan dan sebaiknya dibiasakan mulai dari keluarga. Nah, sebelum moms mengajarkannya kepada anak. Yuk pelajari terlebih dahulu cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

Cara Mencuci Tangan Dengan Benar

  • Basahi tangan dengaan air, usahakan dengan air yang mengalir.
  • Tuang sabun cuci tangan (yang mengandung anti bakterial lebih efektif) secukupnya untuk menutupi permukaan tangan.
  • Gosok telapak tangan yang satu ketelapak tangan lainnya.
  • Gosok punggung tangan dan sela -sela jari.
  • Gosok punggung jari ketelapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
  • Genggam dan basuh ibu jari dengan cara memutar
  • Gosok bagian ujung pada jari ketelapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
  • Basuh dan gosok tangan yang  bersabun dengan air yang mengalir
  • Keringkan tangan dengan lap sekali pakai atau juga bisa dengan menggunakan tisu.
Baca Juga:   6 Tips Mendidik Anak Yang Sukar Mengalah, Maunya Menang Sendiri

Setelah mengetahui cara mencuci tangan dengan benar, lalu bagaimana caranya mengajarkan anak agar terbiasa untuk rutin mencuci tangan ? Berikut adalah cara yang efektif agar anak terbiasa rutin mencuci tangan.

Ajarkan anak mencuci tangan
Water photo created by jcomp – www.freepik.com

Cara Efektif Mengajarkan Anak Agar Rutin Mencuci Tangan

 1. Gunakan Cara Yang Menyenangkan

Moms bisa ajarkan anak mencuci tangan dengan cara yang menyenangkan agar anak selalu merasa antusias saat mencuci tangannya. Ajari juga anak dengan lima langkah mudah untuk mencuci tangan. Yaitu mulai dari basah, busa, gosok, bilas, dan kering. Moms bisa ajak anak mencuci tangan sambil menyanyikan lagu tentang cuci tangan, atau moms bisa membuatnya sendiri.

 2. Sering Beri Anak Peringatan

Jangan bosan-bosan ya moms untuk mengingatkan anggota keluarga di rumah, terutama anak-anak, untuk selalu mencuci tangan sebelum makan atau sebelum memegang makanan, setelah buang air kecil / besar, seusai bermain, setelah menyentuh binatang dan lainnya. Dengan moms sering memberikan peringatan atau mengingatkan anak terus menerus disetiap waktunya cuci tang. Maka lama kelamaan akan mulai terbiasa dan mencuci tangannya tanpa perlu disuruh.

 3. Berikan Contoh

Disini peran orang sangatlah penting untuk mengajarkan anak mau ruting untuk mencuci tangannya. Orang tua harus memberikan contoh dengan rutin mencuci tangan juga agar anak melihat apa yang dilakukan orang tuanya dan meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

 4. Bicarakan Tentang Kuman Dan Penyakit

Kenalkan kepada anak tentang kuman dan penyakit apa saja yang disebabkan karena tak mau mencuci tangan dengan benar. Hanya saja jangan melibih-lebihkan ya moms. Agar anak nantinya tidak trauma atau ketakutan, ya moms.

 

Sumber referensi :


Marbel Kebiasaan Baik
Marbel Kebiasaan Baik
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.