Akses internet untuk pembelajaran

Akses Internet Untuk Pembelajaran di Kelas, Penting!

Jumat, 13 Maret 2020 12:00 WIB | dibaca : 25 | dibagikan :

Perubahan teknologi jaman sekarang, telah berkembang sangat pesat. Sebagai manusia, kita harus selalu update dengan perkembangan teknologi. Jika tak mengikuti jaman, kita akan ketinggalan berita. Kita harus mengubah pemikiran kita dalam menggunakan internet, di tempat kerja maupun dirumah. Akses internet untuk pembelajaran di kelas juga merupakan hal yang penting.

Penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, sangat mempermudah untuk berbagi informasi dari tempat yang jauh. Terlebih jika digunakan dalam dunia pendidikan. Di sekolah, kini para guru juga diharapkan melek tentang layanan internet. Sebagai untuk mendapatkan informasi soal dunia pendidikan, guru juga membutuhkan internet untuk bertukar informasi dengan orangtua murid, tentang perkembangan anaknya ketika di sekolah.

Akses Internet Untuk Pembelajaran di Kelas Semakin Mudah

Semua orang kini telah menggunakan internet, entah itu anak kecil, orang dewasa, hingga lansia pun sekarang telah memanfaatkan internet. pemanfaatannya juga berbeda-beda, ada yang digunakan untuk ber-eksis ria, untuk berbisnis, mencari beberapa tips kecantikan, dan mencari berita. Tapi tanpa kita sadari, internet juga telah memisahkan kita dari orang-orang terdekat, karena penyalahgunaan. Lalu apa sih internet itu?

Internet adalah Suatu kesatuan jaringan yang menghubungkan suatu alat elektronik dengan alat yang lainnya. Internet berguna untuk saling bertukar informasi, dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control atau Internet Protocol Suite (TCP/IP). Biasanya, TCP/IP berfungsi sebagai protokol pertukaran sehingga digunakan untuk para pengguna internet di seluruh dunia.

Dengan kemajuan internet, maka setiap orang dapat mengembangkan bakat atau ide-ide yang dia miliki. Banyak sekali pelajar yang telah meraih prestasi dengan memanfaatkan jaringan internet. Pendidikan jaman sekarang pun dapat di tempuh dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan pemanfaatan internet jarak jauh, para pelajar pun diharapkan paham akan perkembangan teknologi, karena kualitas pendidikan jaman sekarang dapat ditunjang dengan pembelajaran internet.

Akses internet untuk pembelajaran
School photo created by freepik – www.freepik.com

Kegiatan belajar mengajar sekarang, lebih banyak menggunakan jaringan internet. Ada sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Pendidikan terkemuka Cambridge International-bagian dari Universitas Cambridge di Inggris, membuktikan bahwa penggunaan internet oleh pelajar Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan pelajar di negara lain. Mereka menggunakan teknologi di ruang kelas lebih banyak dari negara yang lebih maju. Bahkan lebih dari dua pertiga siswa Indonesia (67 %) menggunakan smartphone di kelas, dan mereka menggunakan lebih banyak internet untuk mengerjakan pekerjaan rumah (81%).

Baca Juga:   Inilah Sejarah Puzzle dan Manfaat Edukatif Bermain Puzzle Bagi Anak Usia PAUD

Di beberapa Universitas dan Akademi kejuruan, mereka telah menggunakan internet sebagai bagian penting dalam proses belajar mengajar. Tugas dan ujian lebih banyak dikumpulkan menggunakan email, untuk mencari beberapa referensi pun, lebih banyak menggunakan jurnal online. Bahkan untuk mengambil jadwal perkuliahan pun menggunakan internet.

Kegunaan Internet untuk Belajar Mengajar

  • Mempermudah dan mempercepat administrasi promosi. Guru akan dimudahkan dengan kepraktisan dokumen-dokumen pada satu folder. Mereka tidak akan merasa kesulitan mengurus dokumen-dokumen dalam bentuk kertas.
  • Kegiatan belajar mengajar lebih menarik. Dengan menggunakan internet pada saat belajar mengajar, guru akan mendapatkan video menarik di Youtube tentang bagaimana terjadinya hujan atau terjadinya siang dan malam.
  • Meningkatkan Profesionalisme guru. Guru di tuntut untuk lebih melek dengan teknologi, karena dengan kemudahan internet, guru dapat mengakses beberapa informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran atau terkait pihak dinas pendidikan.
  • Menjalin komunikasi antara guru dan orangtua. Ketika orangtua menyekolahkan anaknya di suatu tempat pendidikan, maka orangtua akan memasrahkan segalanya pada sang guru. Dengan kepraktisan dalam penggunaan internet, guru dapat memberikan laporan perkembangan anak didiknya di sekolah pada orangtua murid, menggunakan chat Whatsapp.
  • Menemukan Sumber bahan ajar baru. Dalam memberikan pembelajaran yang mudah diterima dan sesuai untuk anak didik, guru memerlukan bahan ajar yang inovasi. Guru akan dengan sangat cepat dan mudah, mendapatkan bahan ajar, supaya pembelajarannya lebih menarik.

Sumber referensi :


Marbel Tata Surya
Marbel Tata Surya
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.