anak menulis bercerita

Aktivitas Menyenangkan Untuk Belajar Bahasa Inggris

Kamis, 16 November 2017, 10:29 WIB | dibaca 496 kali | dibagikan kali

Banyak orang tua menginginkan anaknya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Hal ini disebabkan persaingan di dunia kerja pada zaman sekarang sangatlah ketat. Penguasaan bahasa Inggris adalah hal yang penting bagi setiap orang.

Agar  bisa fasih berbahasa Inggris kelak ketika dewasa, anak-anak perlu belajar bahasa Inggris. Namun tentu saja penguasaan bahasa Inggris bagi  anak usia dini adalah sesuatu yang tidak bisa dipaksakan. Anak-anak usia dini perlu belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, agar mereka tetap mampu menguasai bahasa Inggris tanpa harus mengalami rasa tertekan untuk menguasainya.

1.    Bercakap-cakap dengan bahasa Inggris dalam hidup sehari-hari

Orang tua dan guru perlu mengajak anak untuk berbahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari. Pembiasaan berbicara bahasa Inggris dalam hidup sehari-hari akan membuat anak berani bicara dalam bahasa Inggris, tanpa harus merasa takut dan malu. Kita tidak perlu terlalu sering menyalahkan anak saat mereka melakukan kesalahan dalam mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris, maupun saat  mereka melakukan kesalahan dalam hal tata bahasa. Terlalu sering menyalahkan anak akan membuat mereka menjadi takut atau malu berbicara bahasa Inggris.

Pembiasaan berkomunikasi berbahasa Inggris dalam hidup sehari-hari sering dilakukan di lingkungan sekolah bertaraf Internasional. Untuk sekolah-sekolah umum sebenarnya bisa dilakukan juga, minimal mengadakan “English Day” atau memberikan fasilitas ruang “English Area”. “English Day” adalah satu hari di mana anak-anak wajib bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, sedangkan “English Area” adalah suatu ruang di mana anak-anak harus bercakap-cakap dalam bahasa Inggris bila berada di ruang tersebut.

2.    Menggunakan media permainan

Ada banyak permainan yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu permainan yang cukup terkenal adalah:

a.    Simon Says
Dalam permainan ini, anak-anak memperagakan apa yang diucapkan oleh guru. Misalnya saat guru berkata “Simon says… Run!”, maka anak-anak harus melakukan gerakan layaknya orang berlari.

b.    Hangman
Hangman adalah permainan tebak kata. Dalam permainan ini guru memberikan sebuah kata rahasia yang harus ditebak oleh anak-anak didik. Anak-anak harus menyebutkan huruf-huruf yang terdapat di dalam kata yang diberikan guru. Bila huruf yang disebutkan tidak termasuk huruf yang ada di dalam kata, maka guru menggambar tiang, tali, kepala manusia, badan manusia, dan bagian lainnya (dalam bentuk “stick man”). Anak-anak yang berperan sebagai penebak akan kalah bila guru telah menggambar lengkap seorang tergantung pada tiang.

3.    Dongeng
Ada banyak buku cerita berbahasa Inggris yang bisa kita beli di toko buku. Biasanya buku-buku cerita yang dijual di toko buku adalah buku cerita yang memiliki alur cerita sederhana, namun dengan gambar menarik dan memiliki muatan edukatif.

Agar sebuah buku cerita benar-benar bisa bermanfaat bagi anak, maka orang tua perlu sesekali mengajak anak untuk melakukan aktivitas mendengarkan cerita. Dengan mendongengkan buku cerita pada anak, anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dalam berbahasa.  Kecerdasan anak dalam berbahasa akan menunjang kecerdasan anak yang lain, karena anak akan semakin mudah dalam memahami pelajaran yang diberikan guru.

4.    Membuat craft

Kita bisa mengajak anak untuk membuat craft sederhana. Craft yang dibuat tidak perlu terlalu rumit. Dengan mengajak anak membuat craft sederhana, kita bisa mengajarkan cara membuat craft. Saat mengajarkan cara pembuatan sebuah craft, kita bisa menggunakan bahasa Inggris. Craft yang sederhana akan lebih mudah diajarkan kepada anak dengan bahasa Inggris, karena bahasa atau kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang sederhana pula, sehingga kata-katanya akan mudah dipahami anak.


baca juga: Aneka Hasta Karya Untuk Pembelajaran PAUD


5.    Bermain peran

Bermain peran sering juga disebut dengan peragaan drama. Untuk level anak-anak, tentu saja peragaan drama yang dilakukan bukanlah peragaan drama yang menggunakan bahasa atau kata-kata yang rumit. Kita bisa memberikan tema sederhana dan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari, misalnya tema perkenalan, mengucapkan salam, kegemaran, dan lainnya.  Bermain peran sangat bermanfaat agar anak-anak biasa bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Inggris.

6.    Lagu

Tidak ada anak-anak yang tidak suka lagu. Anak-anak bisa belajar banyak saat mendengarkan apalagi menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Namun peran orang tua dan guru agar anak-anak menggemari lagu anak adalah suatu hal yang sangat penting, mengingat anak-anak zaman sekarang banyak yang lebih menyukai lagu dewasa. Saat ini ada banyak sekali lagu-lagu anak berbahasa Inggris yang edukatif. Lagu anak bahasa Inggris bisa memuat materi pembelajaran pengenalan alam, hewan, tumbuhan, dan bahkan pengajaran tentang tata bahasa Inggris.

7.    Nonton film

Selain lagu anak, anak-anak juga menggemari film. Orang tua perlu mendampingi anak saat anak menonton film. Hal ini sangat penting agar orang tua bisa membimbing anak saat menonton film. Misalnya saat sang anak bertanya banyak hal yang berhubungan dengan film yang ditonton. Agar anak-anak bisa belajar bahasa Inggris lebih banyak, aktivitas  tanya jawab bisa dilakukan dengan bahasa Inggris.

Pembelajaran bahasa Inggris bagi anak adalah suatu hal yang penting. Pembelajaran bahasa Inggris sejak dini bisa menunjang perkembangan kepercayaan diri anak. Karena dengan belajar bahasa Inggris anak akan lebih percaya diri menjawab pertanyaan guru, terutama saat pembelajaran bahasa Inggris. Anak yang bisa menjawab pertanyaan dengan baik, tentu akan merasa bangga dan senang. Bila anak tekun belajar bahasa Inggris, anak-anak bisa menemukan banyak ilmu dan pengetahuan yang baru, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, sehingga banyak digunakan oleh manusia dari berbagai penjuru dunia. Anak akan banyak mendapatkan pengalaman dari berbagai sumber di seluruh dunia.

Anak-anak juga akan belajar menerima aneka budaya budaya dari berbagai negara, mengingat bahasa Inggris banyak digunakan oleh manusia dari seluruh penjuru dunia. Ketrampilan dalam menerima perbedaan budaya ini juga akan menstimulasi perkembangan kecerdasan sosial anak. Anak akan lebih mudah menerima teman-temannya, terutama teman-teman yang berasal dari negara tetangga.

Educa Studio memiliki cara yang menarik agar anak-anak semakin tertarik belajar bahasa Inggris. Educa Studio memiliki aneka aplikasi game berbahasa Inggris yang memungkinkan anak untuk bisa belajar dua bahasa sekaligus bermain. Sebagai CEO dari Educa Studio, Kak Andi Taru berharap game-game yang dirilis oleh Educa Studio bisa digunakan oleh guru dan orang tua, selain sebagai media hiburan juga bisa dipakai sebagai media pendidikan. Mau buah hati Anda belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan? Silakan klik aplikasi di bawah ini:
banner-marbel-fun-vegetables-and-fuits


banner-push-the-sheep


banner-princess-kitchen

sumber gambar: http://galerifoto.ypj.sch.id

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...