Aktivitas Untuk Menstimulasi Otak Kanan Anak – Bagian 1

Selasa, 20 September 2016 22:15 WIB | dibaca : 2805 | dibagikan :

Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri berkaitan dengan kecerdasan numerik, kemampuan menganalisa, kemampuan berlogika,ketrampilan menulis dan untuk ingatan jangka pendek. Sedangkan otak kanan kita digunakan untuk mengenal bentuk, mengelola emosi, kemampuan imajinasi, ketrampilan bermusik, ketrampilan berkreasi, pengenalan warna,  dan untuk ingatan jangka panjang. Bila kita mengingat sesuatu menggunakan otak kanan, maka ingatan itu akan bertahan lebih lama dibandingkan bila kita mengingat menggunakan otak kiri. Sebagian besar manusia lebih banyak menggunakan otak kiri dalam mengingat sesuatu, sehingga lebih mudah terlupakan. Meski pun secara akademis, pelajaran yang diberikan di sekolah akan lebih mengacu pada penggunaan otak kiri, maka sebagai pendidik kita juga perlu memiliki kiat agar otak kanan pun bisa terstimulasi secara maksimal, sehingga penggunaan otak kanan dan kiri pun bisa seimbang. Lalu aktivitas apa yang bermanfaat untuk menstimulasi kinerja otak kanan pada  anak usia dini?

  • Menggambar dan mewarnai

Aktivitas ini adalah aktivitas yang paling sederhana namun banyak manfaatnya. Aturan-aturan dalam melakukan aktivitas ini pun tidak tidak rumit. Seorang guru hanya perlu memberikan instruksi sederhana, misalnya meminta siswa menggambar pemandangan alam. Setelah itu guru membiarkan mereka berkreasi seturut dengan kreativitas dan imajinasi mereka. Bila terlalu banyak aturan, dikhawatirkan kalau anak-anak menjadi kurang mampu berkreasi dan mengembangkan imajinasinya. Aktivitas ini juga bermanfaat sebagai sarana mengekspresikan segala perasaan atau emosi mereka. Dengan menggambar dan mewarnai, motorik anak juga akan semakin terlatih.

Agar anak bisa belajar mewarnai, orang tua tidak perlu repot membeli buku mewarnai. Anak bisa melakukan aktivitas mewarnai secara online dan dengan bantuan perangkat gadget. Beberapa aplikasi menarik tentang aktivitas mewarnai adalah:
MARBEL – Mewarnai Hewan Daratbanner-marbel-mewarnai-hewan-darat MABREL – Buku Mewarnai Anak-anakbanner-marbel-mewarnai-v3

  • Permainan kelompok yang interaktif

Masih ingatkah anda akan lagu anak berjudul “Sedang Apa?” Lagu ini adalah lagu wajib di kegiatan pramuka angkatan 90-an. Dengan lagu ini, anak bisa saling bertanya jawab dengan sebuah lagu. Kita bisa menggunakan lagu itu sebagai sarana mengembangkan otak kanan anak. Lagu ini juga bermanfaat dalam membangun kecerdasan sosial anak, khususnya dalam membangun rasa solidaritas atau kerja sama dalam kelompok.

Baca Juga:   Tips Menciptakan Pembelajaran yang Interaktif dan Komunikatif - Bagian 2

Selain lagu “Sedang Apa”, kita juga bisa mengajak anak untuk melakukan permainan interaktif yang lain, misalnya “Pantun Berbalas”.

  • Bermain peran

Dalam akltivitas ini, kita bisa mengajak siswa untuk menyelami sifat dari setiap karakter di dalam sebuah naskah drama. Anak-anak juga bisa berlatih sopan santun dalam berbicara, mengekspresikan diri, dan bahkan berimprovisasi sesuai dengan kreativitas mereka. Akan lebih baik lagi, bila isi naskah dalam permainan ini berhubungan dengan materi pelajaran sekolah. Anak-anak pasti akan lebih mudah dalam mengingat materi pelajaran tersebut.

  • Menari

Menari adalah sebuah aktivitas yang erat kaitannya dengan kecerdasan kinestetik. Namun ada satu catatan penting, yaitu bahwa kecerdasan kinstetik bukanlah hanya sekedar bergerak semaunya sendiri, namun bagaimana menyatukan pikiran dan fisik untuk membuat suatu gerakan yang indah dan teratur. Biasanya tarian akan diiringi musik atau lagu. Akan lebih baik lagi kalau yang iringan yang diputar adalah lagu-lagu yang bermuatan lirik materi pendidikan, sehingga anak akan semakin mudah mengingat materi pelajaran dengan iringan lagu dan gerakan.

  • Pembelajaran olahraga

Pelajaran ini bisa jadi merupakan pelajaran favorit setiap anak. Karena di dalam pelajaran ini anak-anak bisa mengekplorasi energi mereka dengan melakukan gerakan-gerakan bebas, meski pun tetap ada aturan yang harus dipatuhi. Aktivitas dalam pelajaran olahraga lebih banyak menggunakan otak kanan, sehingga bisa dikatakan bahwa aktivitas ini bisa menstimulasi kecerdasan otak kanan anak.

Artikel lengkapnya silakan baca di:
Aktivitas Untuk Menstimulasi Otak Kanan Anak – Bagian 2

Sumber gambar: eKAVACH

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...