Amalan bulan Ramadhan

Amalan Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan

Kamis, 30 April 2020 06:00 WIB | dibaca : 23 | dibagikan :

Ramadhan adalah bulan yang penuh akan ampunan dan keberkahan, dimana setiap umat muslim pasti menantikananya. Semua amalan bulan Ramadhan yang dianjurkan, apabila dikerjakan dengan baik akan mendapat balasan yang berlipat ganda. Sehingga setiap umat muslim berlomba-lomba dalam mengamalkannya, karena keberkahan yang terdapat. Apa sajakah amalan tersebut ? Berikut adalah amalan yang dianjurkan selama bulan ramadhan.

Apa Saja Amalan Bulan Ramadhan yang Dianjurkan?

 1. Berpuasa

Kegiatan puasa di bulan Ramadhan bukan hanya sebagian dari kewajiban umat Muslim, seperti halnya shalat. Namun, di bulan Ramadhan Allah SWT berfirman:

…يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ

Artinya :“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu...” [QS. Al-Baqoroh: 183-184]

2. Makan Sahur Dan Mengakhirkannya

Waktu makan sahur seringkali disepelekan, namun ternyata, melaksanakan makan sahur akan mendapatkan keberkahan dari Allah. Sebagaimana hadistnya :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Artinya : “Dari Anas bin Maalik ra beliau berkata: Rasulullah Saw telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.” [ Imam al-Bukhari no. 1789 dan Imam Muslim no. 1835 ]

Dan dianjurkannya pula untuk mengakhirkan sahur, sebagaimana Anas bin Malik ra, dari Zaid bin Tsabit ra berkata :

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاةِ ، قَالَ : قُلْتُ : كَمْ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُورِ ؟ قَالَ : قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةٍ

Artinya : “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan shalat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa jarak antara adzan dan sahur ?”. Dia menjawab : seperti lama membaca 50 ayat’” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Segerakan Berbuka Puasa

Walaupun hanya sekedar makan Kurma atau hidangan sederhana lainnya, tapi menyegerakan waktu berbuka pada dasarnya sangat dianjurkan.

Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah Saw  bersabda.

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya : “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” [Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093]

4. Shalat 5 Waktu

Sebagai umat muslim tentu harus mengerjakan rukun Islam yang kedua. Yaitu mengerjakan Shalat wajib disebut juga sebagai shalat 5 waktu. Bukan hanya pahalanya saja yang berlipat ganda, tapi satu rakaat shalat di bulan Ramadhan ini juga pasalnya lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

Baca Juga:   Bacaan Doa Qunut Dan Keutamaannya

5. Shalat Tarawih

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda :

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barangsiapa melakukan qiyam ( tarawih ) Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

Amalan bulan Ramadhan
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

6. Perbanyak Membaca Al Quran

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditingkatkan adalah memperbanyak membaca Al Quran. Membaca satu huruf dalam Al Quran akan diberikan sepuluh kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala. berdasarkan dua hadis berikut:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

“Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al-Quran dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” [Hadits Muttafaq ‘Alaih]

7. Bersedekah

Bersedekah merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk membersihkan hartanya. Bersedekah di bulan Ramadhan merupakan amalan Ramadhan yang dilipat gandakan, dan bisa terbebas dari api neraka dan mempermudah jalan menuju surga.

8. Memberi Makan Untuk Orang Yang Berpuasa

Memberikan makan berbuka untuk yang berpuasa ini adalah mendapatkan pahala yang sama dengan yang berpuasa. Terlebih lagi saat kamu mendapatkan doa dari orang yang kamu berikan makanan berbuka, maka doa orang tersebut adalah doa yang mustajab.

9. I’tikaf Dan Perbanyak Dzikir

Memperbanyak i’tikaf di masjid menjadi amalan sunnah saat Ramadan. I’tikaf sebaiknya dilakukan sebulan penuh atau minimal 10 hari terakhir di bukan Ramadan.

Sesungguhnya malam dan siang merupakan waktu-waktu utama dan mulia sepanjang bulan Ramadhan, maka pergunakanlah waktu tersebut untuk memperbanyak doa, dzikir dan meminta ampunan.

10. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban sebagai seorang muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, Allah SWT telah memerintahkan kita untuk selalu menunaikan zakat fitrah sesuai dengan waktunya.


Sumber referensi :

 

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.