kid play

Anak Anda Aktif Bergerak? Aktivitas Ini Cocok Bagi Mereka

Senin, 10 Oktober 2016 22:03 WIB | dibaca : 1008 | dibagikan :

Anak-anak adalah pribadi yang aktif. Keaktifan mereka bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena bagaimana pun hal itu adalah sesuatu yang wajar. Anak-anak usia dini masih memiliki tingkat rasa penasaran yang tinggi. Dengan rasa penasaran inilah mereka akan memiliki naluri belajar yang kuat. Aktivitas-aktivitas di bawah ini sangat cocok sebagai sarana belajar bagi mereka.

  1. Melakukan penelitian bertema alam sekitar

Bila di sekitar rumah anda, anda memiliki kebun atau taman, anda bisa mengajak anak untuk mengekplorasi taman. Di sana ada berbagai macam tanaman dan hewan-hewan terutama serangga. Anda bisa menjelaskan kepada buah hati anda tentang nama-nama tanaman dan serangga-serangga yang ditemui. Anda juga bisa mengajak anak untuk bertamasya ke desa wisata atau tempat wisata alam lainnya. Anda bisa mengajak anak untuk melakukan penelitian, misalnya membuat daftar nama-nama hewan yang ditemui dan mengelompokkannya berdasarkan jumlah kaki atau makanannya. Anda juga bisa mengajak anak untuk mengambil gambar hewan atau tumbuhan yang ditemui, baik dengan handphone maupun dengan perangkat lainnya.

  1. Learning by playing

Kegemaran anak-anak adalah bermain. Namun akan lebih baik lagi bila dari kegiatan ini mereka juga mampu belajar banyak hal. Ada banyak aktivitas bermain yang bisa dilakukan di dalam ruangan, maupun di luar ruangan. Aktivitas bermain di dalam ruangan bisa dilakukan dengan cara bermain puzzle, scramble, ular naga, dan lainnya. Aktivitas bermain video game juga bisa dilakukan, selama game yang dimainkan adalah game-game yang edukatif. Sedangkan untuk aktivitas di luar ruangan, anda bisa mengajak anak untuk bermain sepak bola, basket, lempar bola, dan lainnya.

Anda tentu membutuhkan aktivitas menarik untuk melakukan “Learning By Playing. Anda bisa menemukannya di sini.

  1. Berolahraga

Energi ekstra yang dimiliki anak-anak biasanya memerlukan sarana untuk mengekpresikannya. Salah satu aktivitas yang cocok adalah olahraga. Dengan berolahraga, anak-anak tidak hanya akan mengekplorasi energi mereka, namun aktivitas ini juga akan membantu anak dalam melatih kekuatan otot atau motorik mereka. Aktivitas olah raga ini juga bisa dilakukan dengan cara melakukan senam atau gerak dan lagu, serta aktivitas-aktivitas lain dengan menggunakan alat. Selain itu, anda juga bisa mengajak anak untuk melakukan jalan pagi keliling kampung. Aktivitas ini tidak hanya memberikan efek kesenangan, tapi juga kesehatan.

  1. Belajar memasak

Bagi ibu-ibu, dan beberapa bapak-bapak yang gemar memasak, anda bisa mengajak anak untuk membantu anda saat memasak. Anak bisa diminta untuk mengelap sendok, merapikan meja, menata buah, dan lainnya. Yang pasti perlu menghindarkan anak-anak dari alat-alat dapur yang tajam demi keamanan. Pastikan anak juga akan mendapatkan kesempatan belajar tentang perbendaharaan kata yang berhubungan dengan sayur-sayuran, buah-buahan, alat-alat dapur, dan lainnya. Ajarkan kepada anak-anak dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan benda-benda tersebut.  Kegiatan memasak juga bisa melatih anak untuk bersikap sabar dan tenang.

  1. Bermain role-play

Beberapa anak aktif memiliki bakat di bidang seni peran. Anda bisa mengajak anak untuk latihan bermain peran sederhana. Misalnya meminta mereka melakukan aktivitas yang anda sebutkan, misalnya mencuci baju, menyetir mobil, bermain bola dan lainnya. Di youtube, ada banyak koleksi ekspresi anak-anak yang lucu-lucu saat melakukan aktivitas tertentu. Tidak ada salahnya meminta sang buah  hati untuk berekspresi yang lucu dan memvideokannya. Hal ini juga akan melatih kepercayaan diri mereka. Siapa tau buah hati anda jago ber-acting, berbakat di dunia modelling, atau minimal menjadi artis youtube.

Kesabaran adalah kunci utama saat mengajar dan mendidik anak yang sedang aktif-aktifnya. Yang terpenting, kita tidak boleh mengindentikkan anak aktif sebagai anak bandel. Dan yang tidak kalah penting, kita tidak boleh memberikan label “bandel” kepada sang buah hati, bagaimana pun mereka masih belajar mengontrol diri. Dengan perhatian dan kasih sayang dari orang tua, maka anak-anak akan semakin memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan bimbingan, sehingga mereka pun semakin mampu untuk mengontrol diri mereka, dan bisa mengarahkan energi mereka untuk melakukan hal-hal yang positif.

Anak-anak yang aktif sebenarnya hanya membutuhkan sarana belajar yang menyenangkan. Coba deh mengajari mereka dengan media dongeng atau lagu anak. Anak-anak aktif pun akan menjadi lebih tenang.

Silakan download gratis lagu dan dongeng anak karya Educa Studio di bawah ini:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
–  Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsasumber gambar: paudkusumabangsa.blogspot.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...