Anak gemar membaca

Anak Gemar Membaca Sejak Usia Dini, Ini Tipsnya!

Jumat, 13 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 202 | dibagikan :

Moms, belajar membaca bukanlah proses yang alami maupun instan yang terjadi dengan sendirinya pada setiap anak. Belum lagi banyaknya  pertanyaan mengenai pada usia berapa sebaiknya anak belajar untuk membaca dan kapan anak harus bisa membaca. Sedangkan kurikulum pendidikan usia dini di Indonesia pada prinsipnya melarang untuk mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung di sekolah preschool. Maka dari itu sebagian sekolah TK maupun Playgroup menerapkan anak gemar membaca dan menjadikannya sebagai salah satu program unggulan.

Akan tetapi sebagai orang tua alangkah baiknya untuk menyiapkan kemampuan membaca pada anak sejak usia dini. Dengan begitu anak akan lebih siap saat memasuki dunia pendidikan di sekolah. Proses mengajarkan anak cara membaca harus dilakukan secara bertahap dengan baik dan benar. Agar anak lebih memahami dengan jelas apa yang diajarkan.

Tips Anak Gemar Membaca Yang Bisa Diterapkan Sejak Usia Dini

Untuk mempermudah moms dan juga orang tua lainnya, berikut adalah tips untuk membantu anak belajar membaca yang dapat diterapkan dari usia dini.

 1. Hias Ruang Bermain Anak Dengan Huruf atau Abjad

Dengan moms menghias ruang bermain maupun kamar anak dengan berbagai macam huru, abjad, angka maupun kata-kata semenarik mungkin. Secara tidak langsung anak akan sering melihatnya dan mulai tertarik dengan apa yang dilihatnya. Dengan begini moms akan lebih mudah mengajarkan kepada anak.

 2.Kenalkan Anak Pada Huruf atau Abjad

Setelah moms menghiasi ruang bermain maupun ruang tidur anak dengan berbagai ragam hiasan huruf, abjad, angka maupun kata-kata yang menarik. Moms bisa mulai memperkenalkan huruf tersebut mulai dari satu persatu secara berulang setiap harinya. Maka lama kelamaan anak akan hafal dengan sendirinya.

 3. Bacakan Cerita Secara Rutin

Moms, membacakan cerita maupun dongeng bukan hanya memudahkan anak untuk mulai belajar membaca saja, ya moms. Selain anak terbiasa dengan melihat buku, anak juga akan menambah kosakatanya secara bertahap. Moms bisa jadikan membacakan buku cerita atau dongeng rutinitas saat anak hendak tidur siang maupun tidur malam bahkan ketika anak sudah mulai bosan dengan mainannya.

Anak gemar membaca
School photo created by pressfoto – www.freepik.com

4. Mulai Dengan Ejaan Pendek

Setelah anak mulai hafal dengan huruf, moms bisa mulai meningkatkan dengan cara mengajari anak kata-kata yang pendek yang ada disekitar anak. Contohnya seperti nama buah, sayur, hewan maupun mainan kesukaan anak.

Baca Juga:   Melatih Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

 5. Buatkan Kartu Sederhana

Moms bisa membuatkan kartu kecil yang di tulisi oleh huruf dan kata-kata yang berawalan dari huruf tersebut. Atau moms bisa gunakan flash card huruf dari produk Marbel Junior sebagai media belajar dan bermain anak agar makin menyenangkan.

 6. Gunakan Lagu Anak-Anak

Lagu anak-anak tak hanya menyenangkan untuk dinyanyikan anak-anak. Dengan menyanyinya sajak dan ritme di dalamnnya dapat  membantu anak-anak untuk mendengar suara dan suku kata dalam kata-kata, yang membantu mereka belajar membaca.

 7. Pahami Keterampilan Membaca Anak

Dalam belajar membaca selalu melibatkan berbagai keterampilan yang berbeda-beda untuk setiap anak. Dalam hal ini ada beberapa komponen penting yang dibutuhkan anak dalam tahap belajar membaca, yaitu :

  • Kesadaran Fonemik : Kemampuan mendengar dan memanipulasi suara yang berbeda dalam setiap kata.
  • Fonetik : Mengenali hubungan antara huruf dan suara yang dihasilkan
  • Kosakata : Memahami makna kata-kata, definisi, dan konteks
  • Pemahaman Membaca : Memahami teks, baik dalam buku cerita dan buku informasi
  • Kefasihan : Kemampuan membaca dengan keras dengan kecepatan, pengertian dan akurasi dalam membaca

Tipe Anak Belar membaca dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Visual Learner : Anak lebih cepat dan kuat hafalannya bila diajarkan dengan simbol yang menarik dan tegas.

2. Auditory Learner : Anak lebih cepat dan tertarik bila penyampaian dengan kalimat atau kata yang jelas, keras, dan berulang. Hal ini adalah mayoritas yang dilakukan di dunia yaitu sistem fonetik.

 8. Jadikan Kegiatan Membaca Jadi Menyenangkan

Nah, disini moms harus sangat kreatif ya saat hendak mengajarkan anak untuk membaca. Moms bisa menyediakan buku yang menarik seperti buku dongeng yang memiliki banyak gambar dan warna yang menarik untuk anak. Sehingga anak tidak merasa bosan saat belajar.

Bagaimana moms tipsnya, bermanfaat bukan ? Pastikan untuk memberi contoh yang baik ya moms untuk anak. Selamat mencoba, moms.

 

Sumber referensi :


Riri - Cerita Anak Interaktif
Riri - Cerita Anak Interaktif
Developer:
Price: To be announced

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.