aneka-pilihan-karnaval-yang-bisa-diadakan-di-paud

Aneka Pilihan Karnaval Yang Biasa Diadakan Di PAUD

Minggu, 25 Februari 2018, 06:57 WIB | dibaca 869 kali | dibagikan kali

Karnaval adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Di dalam aktivitas ini anak-anak PAUD bisa mengekspresikan diri mereka. Anak-anak juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di depan banyak orang. Kepercayaan diri dan keberanian untuk berekspresi anak-anak akan terlatih. Itulah mengapa aktivitas ini perlu diadakan di setiap PAUD di seluruh Indonesia.

Ada banyak tema karnaval yang bisa diadakan di PAUD. Biasanya, acara karnaval diadakan sesuai dengan hari besar yang dirayakan secara nasional. Berikut ini adalah beberapa tema karnaval yang bisa dipilih oleh para pendidik, agar diadakan di sekolah-sekolah PAUD.

1. Karnaval Sepeda Hias

Karnaval ini biasa diadakan oleh PAUD-PAUD yang anak-anak didiknya berdomisili di sekitar PAUD, misalnya dalam 1 desa, 1 dusun, atau 1 wilayah teritorial tertentu yang tidak terlalu luas. Karena dalam karnaval ini, setiap siswa diwajibkan membawa sepeda, serta alat dan bahan untuk menghias sepeda. Menghias sepeda bukanlah aktivitas yang mudah bagi anak-anak PAUD, maka karnaval ini biasanya melibatkan orang tua. Orang tua dan anak bekerjasama untuk menghias sepeda secantik mungkin. Melalui aktivitas ini, daya kreatifitas anak akan semakin berkembang. Kedekatan orang tua dan anak pun akan semakin baik, karena mereka harus menghias sepeda bersama-sama. Di akhir acara, anak-anak bisa diajak untuk bersepeda bersama berkeliling desa.

2. Karnaval Membuat Dan Memeragakan Busana Berbahan Koran Bekas

Aktivitas ini bisa dilakukan secara berkelompok. Anak-anak dalam satu kelompok akan bersama-sama menghias seorang temannya dengan bahan koran bekas. Pendampingan guru juga perlu dilakukan mengingat anak-anak usia dini masih membutuhkan banyak bantuan untuk bisa membuat sebuah set busana.  Di akhir acara, kita bisa mengajak anak-anak yang mengenakan busana  berbahan kertas bekas untuk tampil di depan banyak orang layaknya seorang peragawan dan peragawati.

3. Karnaval Berbusana Tradisional

Saat saya masih duduk di bangku PAUD, guru-guru saya sering mengadakan acara ini pada perayaan hari Kemerdekaan RI. Dalam acara ini, anak-anak diminta untuk mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah. Di dalam karnaval ini, anak-anak akan semakin paham betapa kayanya kebudayaan di Indonesia. Indonesia yang memiliki aneka macam kebudayaan tercermin dari kekayaan pakaian ada yang bisa disaksikan oleh anak-anak dalam acara ini.

4. Karnaval Berbusana Kartini

Di dalam acara ini, anak-anak akan diminta mengenakan busana Jawa. Tidak hanya anak perempuan, anak laki-laki pun diminta untuk mengenakan busana Jawa. Biasanya anak laki-laki akan disebut sebagai “Kartono”. Anak-anak diajak untuk semakin mengenal jasa Ibu Kartini, sebagai sosok pahlawan yang memperjuangkan nasib kaum wanita di masanya. Tanpa adanya jasa dari Ibu Kartini, anak-anak perempuan mungkin tidak akan bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

5. Karnaval “Marching Band”

Setiap PAUD biasanya memiliki suatu grup “Marching Band” atau musik perkusi. Alat musik jenis perkusi yang paling umum digunakan antara lain : Timpani, Xylophone, Cymbals, Triangle, Snare Drum, Bass Drum, Tambourine, Maracas, Gong, Chimes, Celesta dan Piano. Memang tidak semua alat musik perkusi akan dimainkan oleh anak-anak TK dan PAUD. Karena sangat jarang ada sekolah yang anak-anak didiknya bisa menguasai semua alat musik perkusi. Namun tentu saja hal ini tidak mengurangi kualitas keindahan suara musik perkusi yang mereka mainkan. Karena anak-anak tidak hanya terlihat gagah dan cantik, namun anak-anak juga akan terlihat lucu saat mereka  memainkan alat-alat musik perkusi dalam sebuah grup “Marching Band”.


Baca juga: Kumpulan Aktivitas Penyemarak Suasana Kelas (Agar Kelas Menjadi Lebih Hidup)


6. Karnaval Pakaian Profesi

Karnaval ini biasanya diadakan seusai anak-anak mempelajari materi bertema pekerjaan atau profesi. Sebagai kegiatan penutup anak-anak perlu me-review pembelajaran yang telah mereka ikuti. Anak-anak diajak untuk semakin mengenal pakaian yang dikenakan oleh aneka profesi. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk mengikuti peragaan busana dalam karnaval ini.

Karnaval memang suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak PAUD. Selain karena kemeriahan acaranya, anak-anak juga diajak untuk semakin mengenal aneka macam pengetahuan, khususnya pengetahuan yang sesuai dengan tema yang diadakan. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka, sehingga kreasi mereka bisa dilihat oleh banyak orang. Hal ini tentu saja akan menambah kepercayaan diri mereka.

Karnaval memang suatu acara yang mampu mengembangkan kreatfitas dan daya imajinasi anak. Agar anak-anak bisa mengikuti kegiatan karnaval di kapan pun dan di mana pun, Educa Studio telah merilis sebuah permainan yang sangat menarik. Permainan ini berjudul “Marbel Karnaval Pasar Malam”. Di dalam permainan ini, anak akan belajar cara memilih kostum dan merias peserta karnaval agar terlihat lucu dan menarik. Anak-anak akan semakin mengenal aneka pakaian dan aksesori yang keren serta bisa dikenakan saat mengikuti karnaval. Di dalam aplikasi berbasis Play Store ini, anak-anak juga bisa memainkan aneka mini game. Silakan unduh gratis aplikasi ini dengan klik gambar di bawah ini:


marbel-pasarmalam-karnaval-banner

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...