Apa itu Diorama? Miniatur yang Dikoleksi

Selasa, 17 September 2019 06:47 WIB | dibaca : 1638 | dibagikan :

Pernah mendengar diorama kemudian bingung? Apa itu diorama? Tenang, tim Dunia Belajar Anak akan segera menjelaskannya untukmu. Diorama adalah miniatur tiga (3) Dimensi untuk menggambarkan suatu adegan atau peristiwa. Diorama ini sering kita temui di museum atau tempat bersejarah.

Apa Itu Diorama?

Pada masa sekarang, diorama biasanya ukurannya lebih kecil untuk menggambarkan kejadian bencana alam, sejarah atau untuk kebutuhan pendidikan.

apa itu diorama?
Sumber Gambar : Wikimedia.org

Awal mula diorama berasal dari Perancis pada tahun 1823. Diorama memiliki arti yakni ‘melalui pandangan’. Orang pertama yang menciptakan diorama adalah Daguerre dan Charles Marie Bouton. Diorama pertama dipamerkan di London pada 29 September 1823.

Bahan-bahan Pembuatan Diorama

Bahan utama yang digunakan biasanya adalah karton tebal, lem fox, kawat, serbuk daun/gergaji, gips dan juga serabut cuci piring. Bisa juga kalau kita kreatif menggunakan barang-barang bekas akan lebih oke sekaligus membantu proses daur ulang bahan-bahan tidak terpakai. Diorama dari barang bekas tetap bisa menguntungkan untuk bisnis misalnya. Karena bisa dijual di kisaran Rp 200-300 ribu untuk ukuran diorama yang kecil.

Apa itu diorama menjadi booming di berbagai kalangan dari berbagai bidang. Tilik saja misalnya diorama untuk kejadian-kejadian unik di motoGP. Misalnya saat aksi-aksi sengit antar pembalap di lintasan, kalau dibuat diorama menjadi unik dan layak dikoleksi.


Sumber Gambar :

https://shop.r10s.jp/sakatsu/cabinet/img11/9996005.jpg

Sumber Referensi :

Baca Juga:   Membangun Pondasi Kecerdasan dan Karakter Anak PAUD

Tagged:

Penulis: Andi Taru

Edupreneur, Pegiat Teknologi Pendidikan, Founder dan CEO Educa Studio, Pembicara Publik, Penulis Buku-buku Teknologi, Lebih lengkap bisa mengunjungi websitenya di http://www.anditaru.com