Apa Yang Perlu Dipersiapkan di Hari Pertama Anak Sekolah?

Senin, 27 Juni 2016 09:25 WIB | dibaca : 4332 | dibagikan :

Hari-hari pertama anak masuk sekolah adalah hari yang sangat dinantikan oleh orang tua. Tentu saja di hari pertama, anak-anak perlu mendapatkan pengalaman yang baik saat mereka berada di sekolah. Terkadang hal ini pun akan membuat si orangtua, khususnya ibu akan sedikit cemas dengan kondisi si anak. Ini adalah hal yang wajar, karena hari-hari anak yang biasanya bersama orang tua di rumah, kini mereka harus berada di sekolah bersama guru-guru dan teman yang baru.

Orang tua tidak perlu cemas akan hal ini, Kak Zepe telah mempersiapkan beberapa tips agar orang tua bisa merasa lebih tenang, saat anak berada di sekolah yang baru di hari pertama belajar. Persiapan ini tidak cukup dalam waktu sehari, atau sebulan, namun bisa satu tahun sebelum anak siap belajar di sekolah. Persiapan apa saja itu?

1. Melatih kemandirian Anak
Sebelum anda melepas anak belajar di sekolah, alangkah lebih baik bila orang tua mempersiapkan buah hatinya untuk bisa hidup mandiri. Ia harus belajar tentang banyak hal, misalnya cara mengancingkan baju, memasukkan buku ke dalam tas, memakai topi, merapikan baju, dan hal-hal sederhana lainnya. Hal ini sangat penting, agar mereka tidak merasa malu saat mereka tidak mampu melakukan suatu aktivitas tertentu. Anak-anak yang sudah bisa melakukan segala sesuatu secara mandiri, biasanya akan terlihat lebih percaya diri. Diharapkan saat mereka sudah berada di sekolah, mereka tidak perlu meminta tolong kepada guru dan temannya. Sukur-sukur mereka malah bisa membantu teman lainnya yang sedang mengalami kesulitan dalam melakukan suatu hal sederhana, misalnya memasukkan kancing baju. Bila sang buah hati mudah mengeluh, ikuti TIPS INI.

2. Melatih Anak Tanggung Jawab
Di rumah, anak sering asyik bermain dengan mainanannya. Setelah mereka bosan bermain, anak-anak sering meninggalkan mainan begitu saja. Sebagai orang tua, anda tidak boleh membiarkan hal ini. Orang tua perlu sering-sering mengingatkan buah hatinya agar membereskan mainan setelah selesai memainkannya.

Anak-anak yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, akan lebih dikagumi teman-temannya, dan bahkan mereka bisa menjadi teladan bagi teman-temannya. Tentu saja ini akan menjadi hal yang membanggakan, tidak hanya bagi orang tua dan guru, namun juga bagi sang anak sendiri. Selain itu, Ketika anak-anak bermain dengan teman-temannya, anak akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Dan meskipun ia melakukan hal tersebut, maka si anak akan dapat bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. (baca juga: Mendidik Anak Menjadi Pribadi Yang Bertanggung Jawab)

3. Memperkenalkan Alasan Mengapa Semua Anak Harus Sekolah
Tunjukkan kepada buah hati anda tentang orang-orang hebat dan terkenal, terutama yang dikagumi oleh buah hati anda. Jelaskan kepada buah hati anda bahwa mereka bisa menjadi orang hebat karena mereka mau sekolah hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Tentu saja kita perlu menjelaskannya dengan gaya bahasa anak-anak. Bahkan kita bisa memberikan penjelasan kepada anak dengan cara mendongeng.

Baca Juga:   Aplikasi Media Sosial yang Bikin Makin Kekinian

4. Melakukan Trial Class
Sebelum anda memutuskan sekolah tempat buah hati anda bersekolah, sebaiknya anda memilih sekolah yang menyediakan fasilitas free trial class. Free trial class adalah kesempatan yang diberikan kepada calon siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di sebuah sekolah, sebagai uji coba. Biarkan anak-anak menikmati kelas gratis tersebut, sehingga mereka sudah merasakan betapa nikmatnya bersekolah dan punya banyak teman belajar. Bila buah hati anda tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas gratis, anda bisa mengajak anak untuk berjalan-jalan mengelilingi sekolah tersebut. Amati jadwal kegiatan, tempat duduk, ruangan kelas, keamanan, dan fasilitas lainnya. Biarkan anak-anak mengenal sekolah tempat dia akan belajar.

5. Berkenalan dengan calon guru dan staf
Bagi siswa yang baru, sosok guru bisa menjadi seorang sosok yang asing, dan bahkan menyeramkan. Maka anda perlu mengajak anak berkenalan dengan gurunya. Tidak hanya menyebutkan namanya saja, ajak anak untuk mengobrol singkat dengan guru. Atau anda bisa juga mengajak anak bermain bersama guru, dan tentu saja ditemani oleh anda sebagai orang tua.

6. Memperbanyak aktivitas yang menyenangkan

Aneka aktivitas menyenangkan tentu saja sangat diperlukan di hari pertama masuk sekolah. Aneka aktivitas yang menyenangkan tersebut antara lain: mendongeng, menyanyikan lagu anak, melakukan kreatifitas dan mengadakan permainan-permainan. Educa Studio telah menyediakan beberapa aplikasi yang bisa didownload GRATIS. Silakan download GRATIS sesuai dengan kebutuhan Anda dengan klik judulnya di bawah ini.


– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsaAnak-anak yang akan menghadapi hari pertama masuk sekolah seringkali membuat orangtua merasa cemas. Selain itu, kecemasan yang sama pun akan mungkin dihadapi oleh si anak. Untuk itu, atasi segala kecemasan ini dengan mempersiapkan mental dan fisik si anak dengan cara di atas. Semoga anak-anak akan semakin mudah menyesuaikan diri mereka di sekolah yang baru dengan membaca tips-tips dari Kak Zepe di atas.

sumber gambar: http://princekreikiby.blogspot.co.id/2012/09/hari-pertama-angly-sekolah-pauda.html

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...