APE Untuk Mengenal Aneka Macam Planet

Sabtu, 24 Maret 2018 05:22 WIB | dibaca : 6634 | dibagikan :

Ada seorang anak didik saya yang sangat tergila-gila dengan segala hal tentang antariksa. Ia sangat bersemangat saat di sekolah, terutama saat seorang guru memberikan materi pelajaran tentang antariksa atau tata surya. Ia hafal aneka benda yang ada di tata surya atau keluarga besar tata surya, misalnya bintang, bulan, komet, planet, matahari, dan lainnya.

Salah satu benda di tata surya yang bisa dihafalkan anak didik saya tersebut adalah nama-nama planet. Bahkan ia bisa menghafalkan nama-nama planet secara berurutan, mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh dari matahari. Salah satu hal yang bisa membuat anak mudah menghafalkan sesuatu adalah penggunaan alat peraga. Kehadiran alat peraga saat guru mengajar akan sangat membantu anak dalam menguasai materi pelajaran. Bunda Purnama Wati telah membuat alat peraga berbentuk planet. Bahkan alat peraga tersebut dipajang pada dinding kelas, sehingga setiap hari anak bisa melihatnya. Hal inilah yang bisa membuat anak semakin hafal nama-nama dan bentuk planet yang ada di tata surya.

Bahan pembuatan alat peraga ini adalah:
– Kertas manila putih atau warna-warni: Kertas manila yang warna-warni dibutuhkan untuk membuat bentuk planet sesuai dengan warna aslinya.  Kertas manila putih bisa menjadi pilihan kedua (bila kita tidak punya warna yang sesuai untuk membuat gambar planet dengan warna tertentu). Kita bisa menggunakan kertas manila putih yang diwarnai.
– Kertas manila putih: Kertas manila putih bisa digunakan sebagai media untuk menempelkan bentuk-bentuk planet. Kita bisa menempelkan 2 buah manila putih menjadi 1 bila ruang untuk menempelkan bentuk planet tidak mencukupi.
– Lem
– Gunting
– Pensil warna: Pensil warna digunakan untuk mewarnai bentuk-bentuk planet, khususnya yang memiliki tekstur tertentu, misalnya Bumi yang tampak memiliki bentuk daratan dan lautan akan diwarnai biru muda dan hijau.

Cara membuat kreasi ini adalah:
1. Temukan gambar urutan bentuk dan nama planet di tata surya. Berikut ini adalah contohnya:
planit

2. Lalu buatlah bentuk planet satu per satu mulai dari Merkurius hingga Neptunus. Ups… Pluto sudah tidak masuk dalam nama planet di tata surya ya… . Menurut para ahli antariksa, saat ini hanya ada 8 planet yang ada di tata surya, walaupun hingga saat ini masih menjadi bahan perdebatan.


Baca juga: Kompilasi Lagu Anak Mengenal Benda Langit


3. Tempelkan satu per satu bentuk planet secara berurutan, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Ada satu cara menarik untuk menghafalkan nama-nama planet, yaitu  dengan metode menghafal kalimat. Salah satu contohnya adalah”Membawa Vas Bunga Mawar Yang Sudah Usang Nanti”. Dari kalimat “Membawa Vas Bunga Mawar Yang Sudah Usang Nanti”, anak-anak akan menemukan huruf awal dari setiap kata dalam kalimat tersebut adalah M-V-B-M-Y-S-U-N, yang mana urutan huruf tersebut sama dengan nama-nama planet.

4. Setelah jadi, kita bisa menjadikan alat peraga ini sebagai bahan mengajar dengan tema benda-benda langit dan sebagai media dekorasi kelas yang edukatif.

Agar anak-anak semakin mengenal aneka macam benda-benda langit di tata surya kita, kita bisa mengajak anak belajar dengan media permainan berbasis Google Playstore. Permainan ini berjudul “Marbel Tata Surya”. Permainan ini bisa diunduh GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini:

banner-marbel-magic-space
Sumber gambar planet: solarviews.com

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...