Cara Belajar dan Bermain Menggunakan FlashCard

Jumat, 12 Januari 2018 20:07 WIB | dibaca : 11217 | dibagikan :

Anak-anak usia dini adalah anak-anak yang sedang mengalami masa usia emas. Anak-anak di usia ini sangat gemar melakukan dan belajar hal-hal yang baru. Namun tentu saja, semua harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Salah satu cara menyenangkan anak dalam belajar sesuatu adalah dengan media FlashCard. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa FlashCard sangat efektif digunakan sebagai media belajar bagi anak-anak usia dini:

– Belajar di mana saja dan kapan saja

Fungsi FlashCard sebenarnya hampir sama dengan buku saku. Hanya saja FlashCard dibuat dalam bentuk kartu. Karena berbentuk kartu, FlashCard sangat mudah dibawa bahkan dimasukkan ke dalam tas atau saku.

– Tidak mudah rusak atau awet

Berbeda dengan buku atau pun buku saku, FlashCard biasanya dibuat dari  bahan kertas yang tidak mudah sobek dan tidak mudah terlipat. Bahkan beberapa FlashCard terbuat dari kertas yang dilapisi plastik, sehingga anti air.

– Mengembangkan daya ingat otak kanan

Daya ingat anak-anak perlu dilatih sejak dini. FlashCard yang bisa dibawa kapan pun dan di mana pun sangat cocok untuk digunakan sebagai media belajar untuk mengingat sesuatu. Mungkin anak-anak hanya melihat gambar dan tulisan saja saat mereka melihat-lihat indahnya gambar. Namun sebenarnya mereka telah belajar mengingat sesuatu dengan otak kanan mereka.

– Melatih konsentrasi anak

Beberapa FlashCard diciptakan khusus agar bisa dimainkan oleh anak-anak. Dan beberapa permainan bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak.

– Memperkaya perbendaharaan kata

FlashCard diciptakan untuk memperkaya perbendaharaan kata anak dengan lebih mudah dan menyenangkan. Zaman sekarang, FlashCard tidak hanya untuk memperkaya perbendaharaan kata saja. FlashCard menyajikan aneka manfaat sesuai dengan usia anak, misalnya memperkaya perbendaharaan angka atau huruf, atau mengenalkan anak dengan aneka hewan, tumbuhan, negara, dan lainnya.

– Media mengajar bagi guru

Guru tidak perlu lagi mencari gambar-gambar dari internet dan mencetaknya satu per satu. Bila di sekolah sudah tersedia FlashCard dengan tema yang lengkap, guru tinggal menggunakannya sebagai alat peraga mengajar yang bisa digunakan berkali-kali, karena tidak mudah rusak.

– Media bermain sambil belajar anak

Salah satu bentuk permainan menyenangkan dengan menggunakan FlashCard adalah menemukan kartu tersembunyi. Kita bisa menyembunyikan kartu dengan tema hewan darat dan hewan air di sebuah ruangan. Lalu kita minta anak-anak untuk menemukan kartu bergambar hewan darat. Itulah salah satu bentuk permainan dengan menggunakan FlashCard. Anak-anak bisa belajar aneka kosakata dengan tema yang beragam.

– Media belajar membaca dan berhitung menyenangkan

Ada sebuah FlashCard yang baik digunakan sebagai media belajar berhitung yang masih saya ingat. Dua sisi kartu itu tercetak/tertulis gambar yang berbeda namun berhubungan. Sisi depannya tertulis bilangan 1+1, dan sisi sebaliknya tertulis angka 2. Kartu jenis ini bisa digunakan sebagai media belajar berhitung yang menyenangkan. Beberapa kartu juga diciptakan sebagai media belajar membaca. Misalnya bagian depan kartu tertulis nama binatang, lalu bagian belakang terdapat gambar binatang sesuai dengan tulisan di depannya.

– Mempererat kedekatan orang tua dan anak

Anak-anak usia balita masih membutuhkan banyak bimbingan orang tua saat belajar. Dengan menggunakan FlashCard, orang tua dan anak bisa belajar bersama. Hal ini bisa mempererat kedekatan orang tua dan anak.

– Sarana belajar bahasa asing yang efektif

Semakin banyak kosakata yang kita hafal dalam suatu bahasa, misal bahasa Inggris, maka kita akan semakin mudah menguasai bahasa itu. Anak bisa menghafalkan beberapa kosakata dengan mudah dalam sehari dengan menggunakan FlashCard.

Walaupun belajar menggunakan FlashCard sangat bermanfaat bagi anak-anak usia dini, namun tentu saja tidak boleh ada unsur pemaksaan saat anak belajar dengan FlashCard. Beberapa anak mungkin kurang nyaman saat mereka belajar dengan. Hal yang terpenting dan perlu digarisbawahi adalah perlu adanya bimbingan dari orang tua atau guru saat anak belajar dengan menggunakan media FlashCard. Nyaman atau tidaknya anak saat belajar dengan FlashCard kadang bukan karena salah FlashCard-nya, namun semua tergantung dari cara kita membimbing dan mengarahkan anak saat mereka belajar dengan media ini.

Educa Studio telah merilis aneka FlashCard dengan tema yang beragam. Koleksi FlashCard produksi Educa Studio bisa Anda lihat dan dapatkan dengan klik gambar di bawah ini:

marbel-junior-store-tokopedia

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...