Membuat APE Berbentuk Buah Manggis dan Tomat

Kamis, 26 April 2018 11:25 WIB | dibaca : 6388 | dibagikan :

Buah adalah salah satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan manusia. Tidak terkecuali anak-anak. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan bahan makanan ini. Karena aneka buah yang ada di dunia ini mengandung zat-zat bergizi yang sangat berguna bagi anak-anak usia dini. Namun tidak jarang kita temukan anak-anak tidak menyukai buah-buahan. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan bagi orang tua. Karena bila kebiasaan buruk ini masih dimiliki anak-anak, tentu saja akan sangat membahayakan kesehatannya kelak saat ia dewasa.

Menanamkan rasa cinta anak-anak kepada buah ada banyak cara. Agar anak-anak cinta pada buah-buahan, tentu saja kita perlu mengenalkan mereka dengan aneka buah-buahan sejak dini. Kita juga perlu memberikan pengertian kepada mereka betapa bermanfaatnya buah bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat buah yang lain adalah sebagai berikut:
– Mengurangi resiko kegemukan
Anak-anak biasanya sangat gemar nyemil. Makanan-makanan cemilan biasanya mengandung banyak koleterol atau gula. Makanan-makanan jenis ini bisa menyebabkan anak mengalami kegemukan. Biasakan anak tidak hanya nyemil makanan-makanan “junk food” saja, tapi biasakan anak makan buah sebagai cemilan. Hal ini sangat baik untuk menjaga kestabilan berat tubuh anak, agar tidak mengalami kegemukan.
– Menunjang kecerdasan anak
Anak-anak yang gemar buah, biasanya akan terlihat lebih segar. Tidak hanya kondisi kulit atau wajahnya saja. Otak anak pun akan lebih segar bila ia suka mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak. Anak akan lebih mampu untuk menerima pelajaran-pelajaran baru.


Baca juga: “Kreasi Lengkap Tema Buah, Sayur, dan Tanaman”


Tak kenal maka tak sayang. Salah satu cara mengenalkan buah adalah dengan memberikan anak aktivitas bertema buah kepada anak. Tentu saja akativitas itu harus menarik untuk dilakukan anak. Salah satu aktivitas menarik itu adalah dengan melakukan kegiatan kerajinan tangan bertema buah. Kak Nunu, seorang pendidik PAUD di Solo, telah mengenalkan suatu kreasi unik dan menarik bertema buah kepada anak-anak didiknya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah:
– Kertas minyak (warna merah): digunakan sebagai pembungkus kertas koran yang diremas (berbentuk bulat)
– Kertas koran: digunakan sebagai isi buah. Kertas koran diremas-remas hingga membentuk bulatan.
– Kertas asturo (warna hijau): digunakan sebagai tangkai buah yang berwarna hijau.
– Lem
– Gunting

Cara membuat kreasi ini adalah:
– Remas-remas kertas koran hingga membentuk bulatan.
– Bungkus bulatan-bulatan kertas dengan kertas minyak berwarna merah.
– Buatlah tangkai buah dengan kertas asturo berwarna hijau.
– Tempelkan bentuk tangkai buah pada bulatan warna merah.

pertunjukan buasana mengenal buah kreasi kerajinan tangan craft paud
Selain buah apel dan manggis, kita juga bisa membuah buah jeruk, anggur, dan aneka buah lain yang berbentuk bulat. Tentu saja warna kertas minyak yang digunakan sebagai pembungkus menyesuaikan dengan jenis buah yang akan dibuat.

Kreatifitas anak bisa dikembangkan dengan berbagai macam cara. Selain dengan melakukan aktivitas kerajinan tangan, anak-anak juga bisa bermain game yang edukatif. Salah satu judul game yang sangat menarik dan bisa mengembangkan kreatifitas anak adalah “MARBEL PERTUNJUKAN BUSANA”.

banner-marbel-pertunjukan-busanaMarbel Pertunjukan Busana adalah game edukasi untuk anak umur 2 – 6 tahun. Mengenal berbagai macam kebutuhan busana seperti sepatu, topi, baju, celana dan lain-lain. Dengan desain yang simpel namun menarik, aplikasi ini cocok untuk buah hati.

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...