Mengenal Alat Bekerja dengan Media Plastisin

Jumat, 30 Maret 2018 06:55 WIB | dibaca : 7429 | dibagikan :

Plastisin adalah adonan lunak berwarna-warni yang dapat dibuat menjadi berbagai bentuk hiasan. Hiasan plastisin bisa digunakan untuk menghias benda-benda pakai di rumah seperti tempat tisu, botol sabun, bingkai foto, magnet kulkas dan lain-lain. Dalam suatu pembelajaran bertema pekerjaan di kelas PAUD, Kak Sri Mayyuni telah mengajarkan kepada anak-anak didiknya cara membuat aneka alat-alat pekerjaan dengan bahan plastisin. Ada banyak bentuk alat pekerjaan yang bisa dibuat oleh Kak Sri Mayyuni.
Bila dikelompokkan, berikut ini adalah alat-alat profesi yang berhasil dibuat oleh Kak Sri Mayyuni dengan media plastisin:
– Alat kedokteran: stetoskop, suntik, obat, gunting.
– Alat pertukangan: palu, kapak, paku.
– Alat perbengkelan: obeng, catut, mur, baut.
– Alat pertanian: sabit, pisau, kapak.

Agar anak-anak bisa mendapatkan inspirasi, sebelum kita memberikan pembelajaran ini kepada anak-anak, kita bisa memberikan penugasan kepada anak-anak didik. Tugas yang bisa kita berikan adalah meminta anak-anak membuat 1 bentuk alat profesi, dari 2 profesi yang berbeda. Misalnya: Listya, mendapatkan tugas membuat 1 buah alat profesi pertukangan dan profesi perbengkelan. Maka ia bisa berkonsultasi dengan orang tua di rumah, tentang cara membuat alat profesi sesuai instruksi yang diberikan.

Selain memperkenalkan aneka bentuk alat profesi dengan bahan plastisin, kita bisa memperkenalkan aneka alat profesi dalam bentuk yang nyata. Misalnya, kita bawa palu, kapak, stetoskop, pisau, dan lainnya. Bila kita kesulitan mencari alat-alat tersebut dalam wujud yang nyata, kita bisa mencari gambar-gambar di Google.

Setelah itu, kita ajak anak-anak untuk berkompetisi. Kompetisi dilakukan dengan cara membagi anak-anak menjadi 2 kelompok. Dalam waktu 5 menit, setiap kelompok harus bisa membuat aneka macam alat profesi sebanyak-banyaknya di papan tulis. Dengan permainan ini, anak-anak akan terpacu untuk melakukan pekerjaan dengan cepat namun dengan suasana hati yang senang dan tenang. Kerapian pekerjaan juga akan dinilai di sini. Sehingga anak-anak akan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan rapi dan cepat.

Selain dalam bentuk permainan aktivitas fisik, kita bisa memberikan anak-anak permainan dalam bentuk on-line. Permainan ini bisa dilakukan dengan media permainan yang berjudul “Marbel Profesi”.  “Marbel Profesi” bisa diunduh GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini:
banner-marbel-profesi-v3

Marbel Profesi adalah seri dari MARBEL (Mari Belajar Sambil Bermain). Lewat Marbel Profesi, anak-anak akan dikenalkan kepada berbagai macam profesi/pekerjaan seseorang. Jika rasa ingin tahu anak-anak sudah meningkat, belajar Bersama Marbel adalah pilihan yang cocok.

Bersama Marbel Profesi, belajar terasa sungguh menyenangkan. Setiap profesi diilustrasikan dengan gambar yang menarik dan disertai dengan animasi untuk memperjelas tiap-tiap profesi yang diperkenalkan. Tidak hanya itu, Marbel Profesi dilengkapi dengan audio yang interaktif untuk menarik minat anak-anak. Bagi anak-anak yang belum lancar membaca, mereka bisa mendengarkan narasi yang dibacakan.

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...