Peraga Mengajar Tema Metamorfosa Kupu-kupu

Rabu, 11 April 2018 07:10 WIB | dibaca : 10533 | dibagikan :

Pembelajaran bertema hewan adalah salah satu materi yang sangat digemari anak-anak usia dini. Anak-anak usia dini yang masih gemar bereksplorasi, sangat senang bila mereka diajak untuk menjelajah alam sekitar, misalnya di kebun, di kebun binatang, di pegunungan, di pedesaan, dan tempat yang masih alami lainnya. Materi pengenalan hewan dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu pengenalan hewan darat, hewan air, dan hewan udara.

Kupu-kupu adalah salah satu jenis hewan udara, karena kupu-kupu bisa terbang dan biasanya hewan yang masuk dalam kategori ini berciri memiliki sayap. Selain tergolong atas hewan udara, kupu-kupu termasuk dalam hewan yang mengalami metamorfosa sempurna. Hewan lain yang mengalami metamorfosa sempurna adalah katak, lalat, dan capung.

Apa itu metamorfosa? Metamorfosa adalah suatu perubahan atau pertumbuhan fisik yang terjadi pada diri makhluk hidup berawal dari telur hingga menjadi dewasa secara sempurna. Maksud dari sempurna adalah hewan tersebut mengalami perubahan dari telur hingga dewasa melalui proses yang bertahap dan perubahan fisik yang terjadi adalah saat hewan tersebut berada di luar tubuh hewan tersebut, sehingga perubahan-perubahan tersebut bisa diamati dan dilihat secara langsung. Perubahan yang terjadi pada fisik disebabkan oleh pertumbuhan dan diferensiasi sel baik secara radikal maupun dinamik. Secara singkat metamorfosis adalah “Proses perkembangan biologi yang melibatkan perubahan bentuk struktur maupun perubahan fungsi organ-organ tubuh makhluk hidup.”


Baca juga: Kreasi Berbentuk Burung Berbahan Cupcakes


Kak Nida Yans Apriliani memiliki cara yang unik dan menarik untuk mengajarkan metamorfosa kupu. Ia membuat sebuah alat peraga dengan bahan dasar kertas origami. Kak  Nida mengajarkan kepada anak-anak didiknya saat mereka belajar materi bertema pengenalan binatang, dan subtema serangga.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah:
a. Kertas origami
b. Double tape
c. Kapas
d. Gunting
e. Stik sumpit
f. Kertas krep warna hijau: Sebagai pelapis bagian batang.
g. Tusuk gigi
h. Toples plastik
i. Selotip
j. Kacang kedelai

Caranya membuat kreasi ini adalah:
1. Buatlah kelopak bunga sebanyak 7 buah dan daun kecil. Tempelkan 2  helai daun dengan double tape pada bagian batang.
2. Balutlah stik sumpit dengan kertas krep berwarna hijau.
3. Balut bagian ujung atas stik dengan double tape.  Bagian ini nanti digunakan untuk menempel 7 buah kelopak bunga hingga membentuk sekuntum bunga.
4. Tempelkan 2 helai daun kecil di bawah bunga.
5. Tempelkan kupu-kupu kecil dengan menggunakan tusuk gigi di
sela-sela kelopak bunga hingga menempel pada bagian batang.
6. Buatlah bagian putik bunga menggunakan kapas yang dibulatkan.

Poin 1 sampai 6 guru yang mengerjakannya. Tempelkan kreasi tersebut di toples menggunakan solatip.

7. Ajak anak untuk memilin (memelintir) kapas hingga berbentuk kepongpong, lalu tempel di daun ukuran sedang di belakang daun yang telah ditempeli double tape.
8. Minta anak menempel biji kacang di daun ukuran agak besar, lalu mintalah anak menempel di bagian batang bawah daun di mana  kepongpong berada.
9. Mintalah anak membuat mata ulat yang telah kita buat dan tempelkan pada bagian daun yang berukuran besar.
10. Mintalah anak untuk memberikan kaki dan bulu-bulu pada bentuk ulat.
11. Lalu  mintalah anak menempelkan ulat pada bagian batangnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan gambar-gambar di bawah ini:


metamorfosa dari origami 7


metamorfosa dari origami 6


metamorfosa dari origami 5


metamorfosa dari origami 4


metamorfosa dari origami 3

Kreasi ini memang sangat unik dan menarik. Selain itu, kreasi ini bisa melatih anak untuk semakin terampil dalam memproduksi suatu kerajinan tangan. Banyak orang sukses karena ketrampilan tangannya dalam membuat suatu karya seni. Tidak ada salahnya sejak dini anak-anak juga berlatih untuk berwirausaha.

Agar anak-anak semakin terampil dalam berwirausaha, kita bisa mengajak anak bermain suatu game yang bisa melatih mereka dalam berwirausaha. Salah satu permainan menarik, ramah anak, dan edukatif ini berjudul “Emak-emak Jago Bisnis (Juragan Kos)”. Silakan download GRATIS aplikasi permainan ini dengan klik gambar di bawah ini:
banner-emak-emak-jago-bisnis

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...