Aplikasi podcast

Aplikasi Podcast VS Radio, Pilih yang Mana?

Senin, 16 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 25 | dibagikan :

Perubahan zaman semakin tak terhentikan, teknologi pun berkembang pesat. Dahulu, orang-orang hanya mengandalkan radio dan televisi sebagai tempat mencari berita dan hiburan, selain koran. Orangtua akan lebih sering menghabiskan waktunya di depan televisi dan membaca koran untuk mencari berita, sedangkan para anak muda akan mencari hiburan lewat radio. Dengan radio,mereka dapat request dan mendengarkan lagu favorit mereka, karena dulu harga VCD player atau mp3 pun masih sangat mahal. Maka dari itu, mereka pun selalu menanti-nanti acara radio. Jika radio menjadi primadona saat itu, maka saat ini aplikasi podcast tengah menjadi primadona.

Dulu radio sangat diminati oleh masyarakat indonesia. Terkadang kita akan berkumpul dalam satu ruangan, hanya untuk mendengarkan acara dan lagu yang akan diputar. Seiring berjalannya waktu, peran radio sedikit berkurang, karena bermunculan media informasi yang baru, salah satunya podcast. Sekarang,  dimana-mana anak muda akan menggunakan earphone. Tanpa di sadari, mereka tertawa-tertawa sendiri. Ketika ditanya, ternyata sedang mendengarkan podcast. Lalu,apa sih sebenarnya podcast itu? Apakah kalian pernah mendengarkan podcast?

Aplikasi Podcast adalah…

Bagi anak muda yang sering mendengarkan radio, tidak akan merasa keberatan jika kita hanya akan mendengarkan suara si narasumber, ketika mereka mendengarkan podcast. Ya, podcast hampir sama dengan radio. keduanya hanya mengandalkan suara, untuk berbagi informasi dan hiburan. Jika konsep radio itu, kita harus mengikuti jadwal siaran para penyiarnya. Sedangkan podcast, kita dapat memutarnya kapan saja.

Podcast sebenarnya sudah ada sejak tahun 2005, tapi perkembangan podcast belum terlalu diminati. Baru pada 2007, podcast mulai banyak diunduh dan didengarkan orang. Kata podcast pun berasal dari suatu produk terkenal, Apple. Gabungan antara “ipod” dan “Broadcast”.

Pada saat itu, Apple tak begitu serius dengan media yang mereka rancang. Namun dengan banyaknya pengunduh podcast, maka pihak Apple pun mulai mengupdate media tersebut secara serius. Tapi kini podcast sudah bukan lagi milik Apple, jadi anda dapat mengunduh aplikasi podcast pada smartphone, android, ataupun tablet apapun. Anda juga dapat mendengarkan podcast lewat Spotify atau iTunes. Podcast yang tersedia pun sangat beragam, sehingga anda dapat mendengarkan dari berbagai negara, dengan topik yang bermacam-macam pilihannya.

Jika dulu ketika mendengarkan siaran radio, maka mau tidak mau kita harus menerima topik apapun yang dibahas oleh penyiar. Tapi dengan adanya podcast, kita dapat memutarnya kapan saja, dimana saja, dengan topic apa saja. Ada yang komedi, galau, tips, tentang game, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca Juga:   Tips Ajak Anak Berlibur dan Manfaatnya
Aplikasi podcast
Music photo created by freepik – www.freepik.com

Kelebihan Podcast

  • Menerima episode baru secara otomatis. Ketika sudah mendownload podcast yang kita ikuti, otomatis akan mendapat pemberitahuan.
  • Tersedia banyak pilihan topik. Tidak seperti mendengarkan radio, kita hanya mendengar topik yang diberikan oleh penyiar. di podcast, kita dapat memilih berbagai topik, seperti musik, komedi, buku, horor, dan lain sebagainya.
  • Dapat didengar kapanpun. Karena bersifat online dan bermodalkan kuota internet, maka kita dapat mendengarkan podcast kapan saja dan dimana saja, tanpa menunggu jadwal siaran.
  • Podcast yang didengar, otomatis akan terhapus. Podcast yang telah kita download dan dengar, maka secara otomatis akan terhapus, dan tidak memenuhi space memori smartphone kita.
  • Menstimulus otak. Karena podcast hanya mengandalkan suara dari podcaster, dengan mendengar podcast yang edukasi, maka kita akan dilatih untuk berimajinasi dan fokus dengan topik yang sedang dibicarakan. Dan membuat kita lebih imajinatif ketika mendengar podcast.

Lalu, bagaimana cara membuat Podcast?

  • Topik yang kita suka. Pilih Topik yang memang kita sukai, sehingga kita akan selalu mempunyai stok topik yang tidak akan habis untuk dibahas.
  • Gunakan perekam suara di smartphone. Jika kalian ingin memulai membuat podcast, cukup gunakan perekam suara dari smartphone kalian.
  • Upload di Soundcloud atau Annchor. Jika kita telah merekam suara yang akan kita upload, maka unggah rekaman suara tersebut ke platfrom online. Kita pun dapat langsung mengunggahnya, tapi rasnaya aka sangat kurang bila tidak diberi sedikit efek suara. Kalian dapat menggunakan software gratis Audacity untuk proses editing. Kita dapat mengunggahnya di Souncloud, tapi kita dibatasi dengan pemakaian tiga jam saja. Jika lebih dari itu, maka akan dikenai biaya 200 ribu/bulan. Unggah juga di Anchor, maka podcast kita otomatis akan tersedia di spotify.
  • Selalu konsisten mengupload podcast. Pastikan kita mengupload podcast secara konsisten, walau pun hanya mengupload podcast seminggu sekali.

 

Sumber referensi :


Marbel Belajar Profesi
Marbel Belajar Profesi
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.