Aplikasi Zoom Cloud Meetings

Aplikasi ZOOM Cloud Meetings, Memudahkan WFH

Rabu, 25 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 145 | dibagikan :

Ditengah pandemi infeksi covid-19 atau virus corona, membuat pemerintah indonesia menghimbau perusahaan dan pekerja untuk menerapkan WFH (Work From Home). Guna menekan penyebaran covid-19 atau yang akrab dengan sebutan virus corona. Keputusan tersebut mengharuskan para pegawai tetap terhubung dengan industri agar pekerjaan tetap terlaksana dengan baik, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Bagi yang sedang menerapkan WFH, menjaga komunikasi dengan rekan kerja adalah hal yang tak boleh terlewatkan. Meski tak dapat berhadapan secara langsung dengan rekan kerja. Koordinasi dan komunikasi dalam pekerjaan masih bisa dilakukan lewat aplikasi video conference untuk virtual meeting. Salah satunya yang sedang tranding belakangan ini, yaitu aplikasi terbaik untuk melakukan teleconference penunjang pekerjaan ialah ZOOM Cloud Meetings.

ZOOM Cloud Meetings merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para penggunanya menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Aplikasi yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini didirikan sejak 2011 lalu dan digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk mengakomodir para karyawan dari jarak jauh.

Aplikasi Zoom Cloud Meetings
Photo by zoom.us

Fitur Yang Terdapat Pada Aplikasi ZOOM Cloud Meetings

Selain memiliki fungsi untuk video conference, aplikasi ZOOM Cloud Meetings dibekali dengan fitur-fitur yang mumpuni, seperti :

 1. Video Dan Audio

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir pada gambar dan audio yang dihasilkan. Pasalnya, aplikasi Zoom telah disokong dengan kualitas high definition atau sering disebut HD. Dan dapat membagi layar yang memuat seluruh peserta hingga 100 orang di virtual meeting tersebut.

2. Alat Kolaborasi Bawaan

Aplikasi ZOOM Cloud Meetings juga mendukung Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen. Pengguna juga bisa mengundang partisipan untuk bergabung ke video conference lewat nomor HP dan email. Beberapa pengguna juga dapat berbagi layar secara bersamaan dan ikut menulis catatan untuk pertemuan yang lebih interaktif dengan alat kolaborasi dari aplikasi Zoom.

 3. Keamanan

Untuk keamanannya aplikasi ZOOM Cloud Meetings telah disokong dengan end-to-end encryotion untuk seluruh rapat yang telah diagendakan melalui aplikasi tersebut. Selain itu Zoom juga dilengkapi dengan perlindungan kata sandi hingga keamanan pengguna menjadi lebih aman.

Baca Juga:   Tanda Anak Kreatif yang Perlu Diketahui Orangtua

 4. Schedule a Meeting

Aplikasi ini juga memiliki fitur penjadwalan untuk memulai rapat. Selain itu, pengguna fitur ini juga dapat memulai rapat melalui akun Outlook, Gmail, atau iCal milik penggunanya.

5. Host a Meeting

Zoom mengizinkan salah satu penggunanya dalam peserta meeting untuk menjadi Host atau pimpinan meeting. Jika pengguna menjadi Host, pengguna bisa menyetel meeting ini dengan tiga model, yaitu with video off atau tanpa video, with video on atau dengan menggunakan video dan Screen Share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.

 6. Join a Meeting

Pengguna dapat bergabung bersama rekan lain yang sudah diundang lewat Copy Paste Meeting ID atau Personal Link dari Host.

Aplikasi Zoom Cloud Meetings
Photo by zoom.us

Cara Menggunakan ZOOM Cloud Meetings

Aplikasi ZOOM Cloud Meetings memang sangat memudahkan pagi para penggunanya. Karena aplikasi Zoom ini dapat digunakan pada laptop atau PC dan Android atau iPhone. Berikut adalah cara penggunaanya :

1. Untuk Pengguna Laptop atau PC

  • Masuk ke situs zoom.us. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  • Aktifkan akun dengan lakukan konfirmasi melalui email yang sudah dikonfirmasi.
  • Undang rekan kerja yang akan ikut serta dalam meeting dengan memasukkan alamat email para peserta.
  • Pilih “start meeting now” untuk melakukan meeting dan secara otomatis aplikasi Zoom akan meminta izin untuk mendownload aplikasi di komputer PC yang digunakan.

2. Untuk Pengguna Android atau iPhone

  • Download aplikasi ZOOM Cloud Meetings di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  • Sing-in dengan email yang sudah didaftarkan.
  • Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  • Copy meeting ID dan kirim kepada rekan yang diundang dalam meeting yang kan dilakukan.
  • Jika pengguna adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, pengguna tidak perlu memiliki akun. Cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam video conference yang telah dibuat Host.

Sumber referensi :


Marbel Belajar Profesi
Marbel Belajar Profesi
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.