Asah Logika Anak dengan Game-based Learning

Selasa, 21 Januari 2020 05:01 WIB | dibaca : 167 | dibagikan :

Menghadapai era industri 4.0 anak-anak perlu disiapkan sejak dini untuk berpikir kritis dan kreatif. Salah satunya adalah dengan mengasah logika berpikir melalui permainan-permainan edukatif

Andi Taru

Saat ini kita memasuki era industri 4.0 di mana lingkungan, cara orang hidup dan cara belajar telah berubah secara drastis. Kebutuhan industri juga berubah termasuk bagaimana anak-anak kita mengkonsumsi dan menerjemahkan sesuatu.

Kembali ke era industri 1.0, era ditemukannya mesin uap sehingga proses produksi menjadi lebih cepat. Era industri 2.0, era ditemukannya listrik sehingga proses produksi dan industri menjadi lebih cepat lagi. Era industri 3.0, era ditemukannya komputer dan internet sehingga proses produksi, proses perhitungan yang lebih cepat dan akurat. Era industri 4.0, era ditemukannya teknologi Machine Learning, Robotics, Blockchain, Internet of Things (IoT) dan lain-lain.

Apa pola dari revolusi industri? Pola yang sudah pasti adalah berkurangnya peran manusia di dalam segala proses. Coba diperhatikan dengan baik, setiap revolusi industri memangkas peran manusia dalam berbagai hal. Jangan dikira revolusi industri tidak mengancam banyak hal. Saat ini kita kalau berdiri sebagai orang tua, tentu perlu memikirkan dan mempersiapkan dengan baik anak-anak kita agar siap menghadapi era yang serba otomatis.

Salah satu yang bisa kita siapkan kepada anak-anak kita adalah kekuatan logika berpikir. Logical thinking, menjadi dasar yang sangat penting untuk menghadapi era serba otomatis. Mengapa? Karena dengan logical thinking akan memperkuat critical thinking dan creational thinking. Itulah mengapa, kekuatan berpikir logis sangat penting untuk kita tanamkan kepada anak-anak kita sejak dini.

Beberapa waktu yang lalu, perusahaan pengembang game edukasi Educa Studio merilis produk baru yang sangat penting. Judulnya Marbel Petualangan Logika. Game tersebut bertujuan untuk mengasah logika anak mulai dari yang paling dasar sampai yang rumit. Tersedia puluhan level, disertai dengan animasi dan grafis yang menarik serta audio panduan sehingga diharapkan game tersebut dapat menarik minat anak-anak.

Game Marbel Petualangan Logika tersebut menjadi salah satu game-based learning tools (alat untuk belajar melalui game) yang pas untuk anak-anak dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan logika berpikir mereka. Tidak perlu khawatir karena game tersebut dapat diunduh secara GRATIS melalui Google Play Store.

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Andi Taru

Edupreneur, Pegiat Teknologi Pendidikan, Founder dan CEO Educa Studio, Pembicara Publik, Penulis Buku-buku Teknologi, Lebih lengkap bisa mengunjungi websitenya di http://www.anditaru.com