Anak-anak belajar menggunakan obyek yang nyata di sekolah alam

Asyiknya Belajar di Sekolah Alam

Senin, 27 Juni 2016, 08:07 WIB | dibaca 696 kali | dibagikan kali

Sekolah alam identik dengan sekolah yang berada di antara alam terbuka, di mana di sekeliling sekolah tersebut ada taman hijau yang ditumbuhi oleh berbagai macam tanaman dan pepohonan. Anak-anak bisa belajar di alam terbuka dengan suasana santai dan mengajak anak-anak dekat dengan alam.

Apa kelebihan dari sekolah alam?

  1. Ruang belajar yang luas dan nyaman

Bagaimana tidak luas, bila anak-anak sering belajar di taman dengan beralaskan tikar atau berada di ruangan yang tidak berdinding. Anak-anak bisa merasakan udara segar meski pun tidak menggunakan. Anak-anak pun akan terlihat lebih sehat, karena kesegaran ruangan langsung didapatkan dari udara segar yang berasal dari oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman di sekitarnya.

  1. Alam sebagai media dan bahan mengajar

Sekolah lain belajar lebih banyak menggunakan obyek-obyek yang tidak nyata, misalnya media gambar atau slide Ms Power Point. Di sekolah alam, anak-anak akan lebih banyak menggunakan media belajar yang alami. Mereka mendapatkan kesempatan untuk melihat dan menyentuh benda-benda secara langsung, terutama benda-benda yang berhubungan dengan alam. Para pendidik pun berusaha untuk menciptakan media pengajaran atau Alat Peraga (alat peraga) yang dibuat secara alami.

  1. Alam sebagai objek pembelajaran.

Anak-anak akan semakin banyak belajar bila mereka mendapatkan pengalaman langsung belajar dari alam yang nyata. Mereka bisa melihat berbagai macam hewan, serangga, dan tanaman yang nyata. Mereka juga akan semakin sering diajak melakukan penelitian di alam terbuka, sehingga keaktifan mereka pun akan semakin baik. Semakin aktif siswa dalam suatu proses pembelajaran, maka mereka pun akan semakin banyak belajar.

  1. Meningkatkan kreatifitas anak

Di alam terbuka, anak-anak akan lebih merasa bebas. Mereka tidak terkungkung di dalam aturan yang kaku, karena sekolah alam biasanya sangat mengutamakan kreatifitas anak. Anak-anak akan lebih banyak belajar dengan metode “learning by doing”. Dengan melakukan apa yang mereka pelajari, anak-anak akan lebih mampu menyerap dan mengingat ilmu.

  1. Tempat belajar anak-anak kinestetik

Belajar di dalam kelas sangat membutuhkan ketenangan. Bila ada satu anak yang memiliki kemampuan kinestetik sangat dominan, biasanya akan mengganggu teman-teman yang lain. Karena biasanya ia akan suka berlari-lari di kelas atau bergerak-gerak  mengeluarkan suara yang berisik. Di sekolah alam, anak-anak kinestetik akan menemukan sekolah yang pas bagi mereka untuk belajar.Hobi mereka berjalan-jalan di kelas tidak akan mengganggu siswa lainnya.

  1. Meningkatkan kecerdasan natural

Media belajar berbahan alam, intensitas mengamati dan melihat mahluk hidup dan alam secara nyata, dan tempat belajar di alam membuat anak-anak yang belajar di sekolah alam akan memiliki kecerdasan natural yang baik. Mereka akan semakin paham cara menjaga kelestarian alam. Mereka akan semakin sadar akan pentingnya menjaga alam semesta. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan natural anak adalah dengan mengenalkan aneka “fenomena alam”.

  1. Tidak mengejar nilai bagus

Sekolah alam bukanlah sekolah yang mengutamakan nilai angka. Namun nilai yang dikejar adalah kemandirian, kemampuan bersosialisasi, dan pendidikan karakter. Kepandaian bisa dikejar bila usia anak-anak sudah mumpuni. Namun kemandirian, kemampuan bersosialisasi, dan pendidikan karakter adalah nilai-nilai yang perlu dimiliki oleh anak-anak agar mereka bisa survive di era yang berkembang pesat ini. Guru-guru juga tidak hanya diajak untuk menentukan materi pelajaran dari buku saja, namun juga memadukannya dengan metode belajar di alam terbuka.

Agar anak semakin mencintai alam, tentu saja mereka juga perlu aneka permainan pengenalan alam. Anda bisa mendownloadnya secara gratis dengan klik judul permainan di bawah ini:

1. Marbel Flora
marbel-flora2. Marbel Hewan dan Suaranyabanner-marbel-dunia-hewan-v33. Marbel “Monster Garden”banner-marbel-magic-monster-garden

Sumber gambar: Sekolahalamindramayu.wordpress.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...