bacaan doa malam nisfu sya'ban

Bacaan Doa Malam Nisfu Sya’ban, Wajib Tahu

Rabu, 8 April 2020 09:00 WIB | dibaca : 133 | dibagikan :

Nisfu Syaban artinya merupakan malam pertengahan bulan Sya’ban. Yakni peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan atau bulan Sya’ban dari kalender hijriah. Untuk malam nisfu sya’ban pada tahun ini akan jatuh pada rabu malam tanggal 8 April 2020 sampai kamis malam tanggal 9 april 2020. Untuk itu kita perlu mengetahui seperti apa bacaan doa malam nisfu sya’ban agar kita bisa mengamalkanya.

Di antara keistimewaannya, bulan Sya’ban adalah waktu dinaikkan amalan. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi kaum muslim untuk memperbanyak amalan pada malam Nisfu Sya’ban. Karena pada malam ini Allah akan mengampuni segala dosa hamba-Nya dan juga akan dinaikan segala amalan baiknya. Berikut adalah 3 Amalan paling utama yang dapat diamalkan pada malam Nisfu Sya’ban.

3 Amalan Utama dan Bacaan Doa Malam Nisfu Sya’ban

 1. Perbanyak Shalat Sunah

Untuk shalat sunah ini ada 3 macam yang bisa dikerjakan pada malam Nisfu Sya’ban, yaitu :

  • Shalat Sunah Qiyamul Lail. Dalam Muroqi Al-Falah disebutkan bahwa qiyamul lail yang terpenting adalah menyibukkan malam hari dengan ibadah. Untuk shalat sunah qiyamul lail dapat dilakukan pasca shalat isya’ tanpa harus terlebih dahulu.
  • Shalat Sunah Tahajud.
  • Shalat Sunah Witir. Sholat sunnah yang dikerjakan sebagai penutup sholat sunah yang dikerjakan pada hari itu dan memiliki jumlah rakaat yang ganjil.

2. Perbanyak Bacaan Alqur’an

Para ulama memberi petunjuk pada kita untuk memperbanyak membaca Alquran sejak dari bulan Sya’ban. Inilah salah satu amalan bulan Sya’ban yang dianjurkan.

قال سلمة بن كهيل : كان يقال شهر شعبان شهر القراء

Salamah bin Kahiil berkata : “Dahulu bulan Sya’ban disebut pula dengan bulan membaca Alquran.”

bacaan doa malam nisfu sya'ban
Book photo created by freepik – www.freepik.com

 3. Perbanyak Bacaan doa Malam Nisfu Sya’ban Dan Istigfar

Nabi Saw sangat memperhatikan malam Nisfu Sya’ban. Beliau banyak melakukan shalat malam dan banyak berdoa di malam Nisfu Sya’ban. Terdapat beberapa riwayat yang menghimpun doa-doa Nabi Saw. Di antaranya hadits dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى جَمِيعِ خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Adapun bacaan yang dapat diamalkan pada malam Nisfu Sya’ban, yaitu :

Baca Juga:   Bacaan Shalat Tarawih Dan Niatnya

اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ

اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ

اِلٰهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan.

Tiada Tuhan selain Engkau, Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan.

Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisi-Mu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.

Sungguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus : “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.

” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui.

Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau.


Sumber referensi :

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.