Bacaan Doa Qunut Dan Keutamaannya

Bacaan Doa Qunut Dan Keutamaannya

Jumat, 24 April 2020 12:00 WIB | dibaca : 23 | dibagikan :

Kali ini duniabelajaranak.id akan membahas tentang bacaan doa qunut dan keutamaanya. Dimana doa qunut yang bisanya ada dalam akhir sholat witir dan juga shalat subuh. Berikut adalah pembasannya tentang bacaan doa qunut dan keutamaannya.

Bacaan Doa Qunut Dan Keutamaannya

Sebelum menuju pada bacaan doa qunut dan keutamaannya, mari kita ulik lagi lebih dalam lagi mengenai doa qunut tersebut, yang meliputi :

Pengertian Qunut

Doa qunut adalah doa khusus yang dibaca saat sholat dalam posisi berdiri. Ada tiga doa qunut yang terkenal yakni qunut Subuh, qunut witir, dan qunut nazilah. Secara etimologi kata Qunut (الْقُنُوْتُ) berasal dari bahasa arab yaitu “qonata (قَنَتَ)” yang artinya “tunduk patuh atau taat”. Qunut juga berarti berdiri lamadiamdoa dan khusyu’.

Qunut yang artinya tunduk patuh bisa kita dapati pada firman Allah Surat Ar Rum ayat 26:

وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ كُلٌّ لَهُ قَانِتُونَ

Artinya : “Dan kepunyaan-Nya lah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk.” (QS. Ar Rum: 26)

Bacaan Doa Qunut Dan Keutamaannya
Gambar oleh Konevi dari Pixabay

Bacaan Doa Qunut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa doa qunut ada 3 macam, yaitu doa qunut Subuh, qunut witir, dan qunut nazilah.

 1. Qunut Subuh

Qunut Subuh dilakukan pada saat setiap shalat Subuh, tepatnya yang dibaca setelah bacaan i’tidal atau sebelum melakukan sujud pada rakaat terakhir.

 2. Qunut Witir

Qunut Witir hanya terdapat di bulan Ramadhan, yaitu sama pelaksanaanya dengan qunut subuh. Namun, untuk qunut witirini dilakukan pada pertengahan akhir bulan ramadhan atau umumnya mayoritas umat muslim indonesia melakukannya sejak malam ke 15 ramadhan hingga akhir ramadhan.

Bacaan Doa Qunut Subuh dan Witir

Adapun bacaan doa qunut subuh dan juga witir, yaitu :

اللَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ

وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ. إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Artinya : “Ya Allah berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah kami sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepada kami”. “Jauhkanlah kami dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi”.

 3. Qunut Nazilah

Baca Juga:   Melatih Anak Berwirausaha Sejak Dini

Qunut yang dilakukan selain pada shalat subuh dan juga witir saat ramadhan. Melainkan qunut dapat dilakukan di setipa shalat 5 waktu. Namun, doa qunut ini dikerjakan apabila adanya musibah misalnya seperti adanya peperangangan dan juga adanya wabah. Adapun doanya, yaitu :

اَللهم اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ

Artinya : “Ya Allah, tetapkanlah diriku dalam hidayah bersama orang-orang yang Engkau beri hidayah, berilah diriku afiyat (terhindar dari keburukan) bersama orang-orang yang Engkau beri afiyat, jagalah diriku bersama orang-orang yang Engkau jaga, berkahilah bagiku pada anugerahyang telah Engkau berikan, jagalah diriku dari keburukan yang telah Engkau tentukan. Sungguh Engkau yang memberi keputusan dan tidak ada yang dapat merusak keputusanmu. Sungguh tidak akan hina orang yang Engkau bela. Maha banyak kebaikan-Mu dan maha luhur Engkau dari segala keserupaan.” (An-Nawawi, Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim: V/176).

Keutamaan Doa Qunut Yang Didapatkan

Allah mengabulkan doa hamba yang berdoa kepada-Nya. Sebagaimana yang diminta dalam doa qunut, demikianlah Allah akan memberiNya. Adapun keutamaan yang di dapatkan saat kita mengamalkan doa Qunut, yaitu :

    • Mendapatkan petunjuk dari Allah dan dihindarkan dari kesesatan
    • Mendapatkan perlindungan dari Allah
    • Mendapatkan pembelaan dari Allah
    • Diberkahi hidupnya oleh Allah
    • Dihindarkan Allah dari kejelekan dan keburukan

Sumber referensi :

Marbel Doa Anak Muslim + Suara
Marbel Doa Anak Muslim + Suara

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.