Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak

Kamis, 8 Desember 2016 18:09 WIB | dibaca : 3679 | dibagikan :

Setiap anak dikaruniai bakat yang unik. Ada anak yang berbakat bermain musik, menari, bermain bola, melukis, mendongeng, dan masih banyak lagi bakat lainnya. Terkadang orang tua kurang peka akan bakat yang dimiliki oleh buah hatinya. Padahal kalau bakat terus dipupuk, akan berguna bagi masa depan anak. Bila bakat tidak terus dipupuk atau dilatih, tentu saja bakat hanya akan menjadi kemampuan yang biasa-biasa saja.

Bakat yang dimiliki anak, biasanya juga akan berhubungan dengan minatnya. Anak yang berbakat pada suatu bidang, biasanya akan merasa nyaman dengan apa yang dilakukannya, dan tentu saja yang sesuai dengan bakatnya. Dukungan dari teman dan motivasi dari orang tua bisa memacu anak untuk memiliki minat yang sesuai dengan bakatnya tersebut.

Anak bukanlah milik orang tua. Orang tua sejatinya tidak memiliki hak penuh untuk membentuk anak sesuai dengan keinginannya sendiri. Tugas orang tua hanyalah membimbing dan mensuport, sehingga titipan Tuhan ini nantinya benar-benar menjadi berguna bagi sesama di masa depan sesuai dengan apa yang dititipkan Tuhan pada tiap anak.

Namun pada kenyataannya, banyak orang tua merasa memiliki hak sepenuhnya kepada anak. Sehingga anak kehilangan haknya untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan apa yang menjadi bakatnya. Obsesi orang tua kadang membuat anak menjadi merasa tertekan dan kurang bisa mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minatnya. (Baca juga: ‘Tips Mengembangkan Talenta Anak Sejak Dini”)

Sejatinya, tugas orang tua adalah membimbing dan memberikan kesempatan bagi anaknya untuk mengembangkan semua bakatnya, hingga ia menemukan apa yang paling diminatinya. Dari bakat dan minat anak inilah anak akan menemukan jati dirinya. Ia akan merasa lebih percaya diri dengan melakukan apa yang nyaman bagi anak. Dengan kenyamanan inilah anak akan lebih cepat berkembang. Bila bakat dan minat terus diasah, akan menjadi kontribusi positif bagi anak dalam mencapai apa yang menjadi cita-cita mereka. Efek kenyamanan dalam berkarya, kepercayaan diri, semangat, hanya bisa diperoleh saat anak berkarya sesuai dengan bakat dan minatnya. Bagaimana dengan Anda? Masihkah Anda membentuk buah hati Anda sesuai dengan keinginannya sendiri, atau hanya sesuai dengan keinginan Anda? Sudahkah Anda memberikan bimbingan dan kesempatan agar anak bisa mengembangkan bakat yang sesuai dengan minat mereka? (Baca juga: “Biarkan Anak Berkembang Tanpa Tekanan” )

Agar anak-anak bisa berkembang sesuai dengan talenta mereka, anak-anak perlu mengenal aneka macam profesi yang ada. Agar anak-anak semakin memahami aneka profesi, jangan lupa download GRATIS game yang ramah anak, berjudul MARBEL BELAJAR PROFESI.banner-marbel-profesi-v3sumber gambar: www.epochtimes.com

Baca Juga:   Cara Mengatasi Trauma Anak Pasca Bencana Alam

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...