batik-tulis

Batik: Kekayaan Budaya Indonesia yang Bersifat Adiluhung

Selasa, 26 September 2017, 10:02 WIB | dibaca 135 kali | dibagikan kali

Batik, salah satu warisan leluhur kita yang juga merupakan kekayaan budaya yang patut kita lestarikan bersama. Batik begitu istimewa, sampai ketika masyarakat Indonesia dengan bangga mengenakan pakaian Batik. Batik sendiri telah mengarungi berbagai peristiwa dari mulai jaman lampau, jaman penjajahan, jaman masuknya Islam dan berkembang seiring juga dengan perkembangan teknologi.

BATIK
Tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Di setiap wilayah, batik memiliki motif, ornamen, corak, filosifi dan teknik yang berbeda. Batik memiliki banyak pengertian, ekspresi dari sebuah filosofi yang kuat yang menggambarkan sebuah wilayah tertentu, sebuah mitos maupun kebiasaan dari budaya di tempat motif batik tersebut lahir.

Batik dahulu kala dituliskan menggunakan canting dan malam, pada kain khusus. Perkembangan jaman dan teknologi, membuat Batik tidak hanya sekedar untuk pakaian atau dituliskan di media kain. Namun, Batik telah menjelma menjadi berbagai hal yang memiliki keunikan sendiri. Seperti di Blankon, vas bunga, dan banyak lagi kreasi lainnya yang menggunakan motif Batik. Hal ini menegaskan, Batik adalah sebuah karya seni yang tidak terbatas pada media tertentu. Bahkan, saat ini Batik printing sudah tidak dipermasalahkan lagi dan tetap dihitung sebagai Batik. Karena filosofi motif Batik itu sendiri yang lebih penting.

kereta-batik
pesawat-batik-air

BERBAGAI MACAM MOTIF BATIK
Jika kita melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Motif Batik”, kita akan mendapatkan suguhan berbagai macam Batik baik yang tradisional maupun yang sudah modern. Baik yang dicetak di kain maupun di media lainnya termasuk di kereta maupun pesawat. Baik yang berwarna-warni dan memiliki makna yang beragam.
motif-batik

Tentu hal ini menjadi kebanggan tersendiri, bahwa Indonesia memiliki Batik sebagai warisan budaya yang adiluhung dan patut untuk kita lestarikan. Sebagai generasi yang sedang aktif belajar dan mengajar, layaknya kita bersama-sama mencintai Batik dengan sepenuh hati. Kita lestarikan melalui penghargaan yang tinggi dan kita sematkan dalam berbagai karya yang kita hasilkan.

Salam Batik!

Sumber Gambar:
http://wisbenbae.blogspot.com/2012/03/proses-lengkap-dan-cara-pembuatan-batik.html

Tagged:

Penulis: Andi Taru

Edupreneur, Pegiat Teknologi Pendidikan, Founder dan CEO Educa Studio, Pembicara Publik, Penulis Buku-buku Teknologi, Lebih lengkap bisa mengunjungi websitenya di http://www.anditaru.com