Belajar Berhitung Dengan Kreasi Berbentuk Es Krim

Minggu, 15 Oktober 2017 16:41 WIB | dibaca : 5951 | dibagikan :

Belajar berhitung sebenarnya bukanlah hal yang sulit bagi anak-anak PAUD, selama dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Salah satu cara yang menyenangkan adalah mengajak anak untuk membuat kreasi atau hasta karya, yang di dalamnya terdapat materi belajar berhitung. Salah satu kreasi yang banyak diminati oleh pendidik PAUD adalah karya dari Kak Erlina.

Kak Erlina membuat sebuah kreasi berbentuk es kirm. Pada setiap gagang es krim, Kak Erlina menuliskan aneka macam angka. Lalu pada es krimnya, anak-anak diminta untuk menempelkan bentuk lingkaran. Bentuk lingkaran yang ditempelkan adalah sesuai dengan angka yang tertera pada stik es krim.


Baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. Belajar Berhitung Dengan Game “ULAR TANGGA INDONESIA”

3. Ajak Anak Belajar Angka Dengan Aneka Dekorasi Kelas


Dengan membuat kreasi ini, secara langsung anak-anak akan belajar tentang aneka bentuk angka. Selain itu, anak-anak juga akan belajar tentang konsep berhitung. Dengan cara belajar berhitung seperti ini, anak-anak tidak akan merasa terbebani, bahkan mungkin mereka tidak akan merasa bahwa mereka sedang belajar berhitung. Namun mereka secara tidak langsung telah memahami beberapa konsep pembelajaran berhitung. Cara membuat kreasi ini cukup mudah.

Alat dan bahan yang perlu disediakan adalah:
1. kertas origami
2. stik es krim
3. lem
4. spidol
5. kertas tebal (kertas manila atau kertas kardus)
6. kertas HVS

Berikut ini tutorial pembuatannya:
1. Memberi angka pada stik es krim.
– Tuliskan pada gagang (bagian bawah) stik es krim aneka angka, mulai angka 1 hingga 10.

2. Membuat bulatan-bulatan
– Buatlah bulatan-bulatan dari kertas HVS dengan ukuran yang sama, dengan diameter 1,5 cm.

Baca Juga:   Alasan Lagu Anak Harus Segera "Dibangkitkan", Pendidikan Adalah Satu-satunya Jalan!

3. Membuat bentuk es krim
– Buatlah bentuk dasar dari es krim yang menyerupai bentuk oval dengan kertas yang tebal, bisa kertas manila atau kertas kardus, seperti gambar di bawah ini:

ice-cream

– Buatlah bentuk yang sama dengan pola dasar bentuk di atas dengan bahan kertas origami.
– Tempelkan dua buah bentuk es krim dengan warna yang sama, sambil menyelipkan sebuah stik es krim diantara dua kertas origami berbentuk es krim tersebut.
– Tempelkan bulatan-bulatan berbahan kertas HVS. Jumlah bulatan adalah sesuai dengan angka yang tertera pada stik es krim.
– Oke.. Done… Jadi sudah kreasi berbentuk es krim yang bisa kita gunakan sebagai alat peraga mengenal angka.

Setelah anak-anak selesai mengerjakan kreasi ini, kita bisa menggunakan kreasi ini sebagai alat peraga belajar berhitung. Selain dengan media alat peraga hasta karya, kita bisa mengajarkan kepada anak-anak didik kita tentang pengenalan angka dan berhitung dengan media permainan. Permainan ini sudah digunakan ratusan ribu anak Indonesia. Berikut ini adalah game-game yang telah dirilis oleh Educa Studio yang dimotori oleh Kak Andi Taru (sebagai CEO) dan bisa di-download GRATIS tersebut, MARBEL BERHITUNG DAN MARBEL ANGKA:

banner-marbel-berhitung-v3


banner-marbel-angka-v3


Ada juga lagu-lagu calistung yang bisa dipakai sebagai media pembelajaran. Lagu-lagu calistung ada di Album “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD – LENGKAP”


banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...