Biarkan Anak Berkembang Tanpa Tekanan

Sabtu, 1 April 2017 12:49 WIB | dibaca : 420 | dibagikan :

Banyak orangtua memiliki cita-cita yang tinggi bagi sang buah hati. Banyak orangtua merasa sudah berhasil mempersiapkan masa depan anak mereka, karena telah menyiapkan segala sesuatu buat anak. Secara tidak sadar, apa yang mereka cari adalah kebahagiaan diri sendiri, bukan kebahagiaan anak. Mereka tidak sadar bahwa mereka telah “menyiksa” buah hati mereka dengan mengabaikan bakat dan minat anak.

Saya pernah memiliki seorang teman yang merasa tertekan dengan pilihan hidup yang harus ia jalani. Ia tidak bisa memilih jalan hidupnya, karena sang ayah telah mempersiapkan jabatan penting di perusahaan milik ayahnya. Padahal pekerjaan yang disiapkan ayahnya tidak sesuai dengan bakat dan minat anak. Sang  ayah menuntut teman saya itu melakukan pekerjaan yang tidak ia suka.

Kasus yang terjadi pada teman saya ini, sebenarnya masih sering terjadi di zaman sekarang. Sebagai orang tua, Anda harus bersikap bijak dalam menentukan masa depan anak. Anak bukanlah miniatur orang tua. Anak tercipta dengan segala karunia unik yang diberikan Tuhan. Tuhan pasti memiliki rencana yang indah bagi mereka, orang tua hanya bertugas memfasilitasi atau memberikan kemudahan, bukan memaksakan kehendak mereka. Bila pemaksaan kehendak ini terjadi, anak bisa menjadi sangat tertekan. (baca juga: Pentingnya Pendampingan Orang Tua Agar Anak Berkembang Sesuai Bakat dan Minatnya)

Setiap anak memiliki bakat dan minat masing-masing. Bila ia berkembang sesuai dengan bakat dan minat mereka, pasti mereka tidak akan kehilangan kebahagiaan dalam hidup mereka. Apa yang mereka lakukan akan disertai dengan perasaan bahagaia. Kebahagiaan dalam bekerja ini akan memberikan pengaruh produktifitas yang baik. Anak akan lebih cepat menguasai sesuatu yang mereka suka. Misalnya, bila anak menyukai musik, maka ketika diajari, maka ia akan lebih cepat menguasainya. Begitu juga dengan anak yang memiliki bakat dan minat di bidang lainnya, misalnya menari, berdagang, melukis, dan lainnya.

Baca Juga:   Karakter Anak Usia Dini Dalam Belajar Yang Wajib Diketahui Pendidik

Saya, Kak Zepe, menyarankan kepada orang tua di seluruh  tanah air, agar memahami bakat dan minat anak. Yang pertama perlu dilakukan untuk memahami bakat dan minat anak adalah dengan menanggalkan ego Anda. Yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu adalah kebahagiaan Anak, bukan kebahagiaan Anda sendiri. Kebahagiaan anak bisa terlihat dari raut wajah mereka saat melakukan sesuatu. Saat anak merasa nyaman bermain musik, dukunglah ia untuk terus belajar musik. Bila Anda melihat anak terlihat ceria saat menggambar, dukunglah minatnya dalam menggambar dengan mengajarinya menggambar, mengikutkannya pada sebuah sanggar menggambar, dan lainnya. Bagaimana mereka hanya “titipan”, bukan “milik” Anda, orang tua. Jadi biarkanlah mereka berkembang sesuai dengan rencana Tuhan dengan lebih mencermati bakat dan minat mereka.

Anak-anak akan lebih cepat berkembang bila mereka dalam keadaan nyaman dan bahagia. Inilah tugas orang tua, agar anak selalu merasakan kebahagiaan, terutama saat berada bersama dengan orang tuanya. Agar anak merasakan kebahagiaan, Anda bisa mengajaknya bermain game bersama. Dengan bermain bersama, Anda pasti akan semakin dekat dengan sang buah hati. Ayo mainkan permainan ini bersama sang buah hati! Anda juga bisa memainkan ular tangga secara online. Bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Silakan klik “ULAR TANGGA INDONESIA atau klik gambar di bawah ini:

ULAR TANGGA INDONESIA
banner-ular-tanggaSumber gambar: http://media.ldscdn.org

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...