buku-digital-meringkas-puluhan-buku-dalam-1-aplikasi-di-perangkat-komunikasi

Buku Digital: Meringkas Puluhan Buku dalam 1 Aplikasi di Perangkat Komunikasi

Sabtu, 10 Februari 2018, 09:20 WIB | dibaca 492 kali | dibagikan kali

Keberadaan perpustakaan adalah sesuatu yang penting bagi anak. Anak-anak bisa mendapatkan aneka ilmu dan pengetahuan dengan membaca. Semakin akrab anak-anak dengan buku, anak-anak akan semakin mencintai buku dan aktivitas membaca buku.

Orang tua yang peduli dengan pendidikan anak, biasanya akan sering membelikan anak buku-buku edukatif yang sesuai dengan tingkat usia mereka. Semakin banyak buku yang diberikan kepada anak, maka area penyimpanan buku pun relatif akan lebih luas. Jumlah rak atau lemari buku akan semakin banyak seiring dengan jumlah buku yang ada di rumah.

Tidak jarang pula anak-anak membaca buku dalam jumlah banyak dalam sehari. Hal ini terkadang membuat anak-anak kesulitan menata buku agar tetap terlihat rapi. Orang tua kadang dibuat kerepotan dalam mempertahankan kerapian penataan buku.


Baca juga: Yuk Mengenal Serunya Teknologi “Augmented Reality” Dalam Bidang Edukasi


Di zaman modern seperti sekarang ini, keberadaan buku digital sangat penting. Buku digital dianggap lebih praktis dan ekonomis. Mengapa?

1. Hemat tempat

Dengan adanya buku digital, tumpukan buku di rak dan lemari buku akan berkurang. Puluhan atau bahkan ratusan buku bisa disimpan dalam memori perangkat komunikasi.

2. Membawa dan membaca ratusan buku di mana pun

Dengan aplikasi buku digital, kita bisa membawa dan membaca ratusan buku di mana pun. Bila kita membutuhkan puluhan judul buku untuk di bawa dengan sebuah tas, maka kita tidak perlu keberatan dalam membawanya.

3. Tidak takut rusak

Buku-buku yang disimpan selama bertahun-tahun akan cenderung lebih mudah rusak. Apalagi bila kita tidak merawatnya dengan baik. Kemungkinan dimakan oleh rayap, terkena air, atau kotor karena terkotori oleh tangan yang tidak bersih bisa terjadi pada buku-buku kesayangan kita. Dengan adanya buku digital, buku bisa disimpan dengan aman dan tidak mungkin rusak.

4. Lebih menarik

Buku-buku yang dicetak di kertas biasanya akan dihiasi dengan gambar cetak. Namun di buku digital kita melihat gambar yang bergerak, mendengarkan instrumen musik / back-sound, dan animasi yang menarik. Membaca buku, menonton film, dan mendengarkan musik bisa kita lakukan dengan satu perangkat.

5. Lebih ramah lingkungan

Dengan buku digital penggunaan kertas dalam memproduksi buku bisa dikurangi. Maka bisa disimpulkan bahwa buku digital lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kertas dalam proses produksinya. Satu buku digital bisa memuat puluhan, ratusan, bahkan ribuan buku.

6.Bisa mengatur ukuran huruf dan mudah menandai huruf

Bila kita membutuhkan huruf yang lebih besar saat membaca buku, kita bisa mengatur ukuran huruf mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Bila kita menemukan bagian penting pada buku yang perlu kita hafalkan atau ingin kita baca kembali, kita tidak perlu menandai dengan coretan pensil atau spidol. Buku digital biasanya menyediakan  fasilitas agar kita bisa menandai huruf  dengan memberi warna.

7. Tidak akan kehabisan buku

Membeli buku di toko buku kita bisa menghadapi kemungkinan kehabisan buku. Namun dengan buku digital kita tinggal mendownloadnya dengan media internet. Kita juga tidak perlu jauh-jauh pergi ke toko buku. Kita tinggal mengunduhnya di rumah.

Anak-anak sangat membutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan media dongeng. Ada banyak buku dongeng tersedia di toko-toko buku. Dengan aplikasi “Riri Story Books” kita bisa mengunduh ratusan dongeng yang diproduksi oleh Educa Studio. Dapatkan aplikasi ini dengan meng-klik gambar di bawah ini!

riri-storybooks-banner

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...