ios_default

Cara Kreatif Memperkenalkan Aneka Profesi Kepada Anak

Jumat, 1 September 2017, 13:38 WIB | dibaca 409 kali | dibagikan kali

Pengenalan profesi merupakan salah satu materi pembelajaran di PAUD. Pengenalan profesi juga sangat penting bagi anak-anak usia dini, karena dengan semakin banyak mengenal aneka profesi, maka anak-anak akan semakin memiliki banyak gambaran tentang mau jadi apa mereka kelak. Keinginan “mau jadi apa kelak” ini lebih dikenal dengan sebutan cita-cita. Ada aneka cara unik dan kreatif yang bisa dilakukan orang tua untuk mengenalkan cita-cita kepada anak.

Memperkenalkan profesi dengan sebuah aplikasi
Sebuah perusahaan pengembang aplikasi pendidikan terbesar di Indonesia, Educa Studio, baru-baru ini merilis sebuah aplikasi yang memungkinkan anak untuk mengenal aneka profesi. Salah satu aplikasi yang terbaru adalah “Marbel Polisi”. Kak Andi Taru, CEO dari Educa Studio berpendapat, “Melalui aneka macam permainan, anak-anak akan semakin mampu mengembangkan imajinasi mereka. Anak-anak tidak hanya akan mengenal siapa itu “polisi”. Namun anak-anak juga akan diajak untuk mengenal apa tugas mereka, alat-alat yang digunakan, tempat mereka bekerja, dan aneka pengetahuan lainnya tentang suatu profesi yang banyak digemari oleh anak-anak.” Aplikasi ini bisa di-download GRATIS. Dengan tampilan grafis dan iringan musik yang keren, aplikasi ini pasti akan menjadi favorit sang buah hati. Silakan download gratis dengan klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelpolicestation

android_featured_graphic

Selain Marbel Polisi, masih banyak aneka profesi yang bisa Anda perkenalkan kepada sang buah hati yang telah dirilis pada bulan-bulan sebelumnya, yaitu:
a. Marbel Pemadam Kebakaran
b. Marbel Belajar Profesi
c. Marbel Dokter Telinga
d. Marbel Dokter Mata
e. Marbel Kereta Api

Mengajak anak ke tempat kerja orang tua
Sesekali, Anda bisa mengajak anak ke tempat kerja Anda. Hal ini bisa membuat anak memahami betapa keras perjuangan orang tua untuk mendapatkan uang atau untuk bisa membiayai kehidupan sehari-hari di dalam sebuah keluarga. Anak-anak juga akan memahami apa yang Anda lakukan di tempat Anda bekerja, cara Anda bersosialisasi dengan rekan kerja, aneka peralatan bekerja, macam-macam ruangan di suatu kantor, dan lainnya.

Melatih anak mempraktekkan suatu pekerjaan
Sesekali kita bisa mengajak anak pergi ke salon. Biarkan sang buah hati memperhatikan apa yang dilakukan oleh seorang hairstayller atau barbershop pada rambut Anda. Misalnya saat mereka mengeramasi rambut Anda dan memijat kepala Anda. Sesampai di rumah, ajak anak untuk menerapkan apa yang mereka lihat di salon. Ada suatu kata mutiara yang mengatakan bahwa, “Dengan menerapkan, anak akan semakin mudah mengingat.” Itu hanyalah salah satu contoh pembelajaran bagi anak dengan cara menerapkan. Anda bisa mengajak anak mempraktekkan banyak hal dan dengan berbagai media. Saat ini ada banyak mainan yang memungkinkan anak untuk menerapkan  suatu profesi, misalnya mainan dokter-dokteran, mainan masak-masakan, dan lainnya. Ajaklah sang buah hati bermain bersama Anda dengan mainan tersebut, maka semakin banyak pengetahuan yang akan mereka dapatkan.

Menggunakan media dongeng atau film
Ada banyak dongeng yang bertemakan profesi. Begitu juga dengan film bertemakan profesi. Dengan mengajarkan anak melalui media dongeng maupun film yang bertema profesi, anak-anak akan semakin memahami berbagai macam profesi. Media dongeng dan film sangat perlu, karena media ini sangat menarik bagi anak-anak di zaman digital ini, apalagi media dongeng yang disajikan dalam bentuk film.

Mengajak Anak Berbelanja
Ajaklah anak berbelanja, baik di supermarket maupun di pasar tradisional. Selain agar anak-anak memahami perbedaan pasar modern dan pasar tradisional, anak-anak juga akan semakin banyak mengenal aneka pekerjaan yang unik dan berbeda. Di supermarket, anak-anak hanya akan menemukan pekerjaan, seperti pramuniaga, kasir, satpam, atau tukang parkir. Namun di pasar tradisional, anak-anak bisa menemukan penjual ayam, penjual sayur, penjual barang kelontong, penjual baju, dan aneka “penjual” atau “tukang” lainnya. Jangan lupa, mintalah anak membawa buku catatan (bila bisa menulis) untuk mencatat aneka profesi yang mereka temukan. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi canggih, yaitu mobile phone, untuk mengambil gambar aneka profesi yang ada di pasar modern dan pasar tradisional.


Baca juga: “Aneka Kreasi Bertema Aku dan Cita-citaku”


Dengan semakin mengenal banyak profesi, anak-anak akan diajak untuk memilih diantara ratusan bahkan ribuan profesi yang ada di dunia ini. Biarkan mereka memilih lebih dari satu profesi. Karena memilih beberapa profesi atau lebih dari satu profesi sangatlah penting. Anak-anak akan semakin memiliki banyak pilihan, sehingga kelak bila satu cita-cita tidak bisa tercapai, mereka bisa mengajar cita-cita yang lain.

Agar anak-anak semakin memahami aneka profesi, jangan lupa download GRATIS game yang ramah anak, berjudul MARBEL BELAJAR PROFESI.marbel-profesi

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...