Menjaga kesehatan paru-paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Jumat, 3 April 2020 14:00 WIB | dibaca : 43 | dibagikan :

Paru-paru merupakan organ tubuh yang kegunaannya sangat penting bagi tubuh dan tak dapat tergantikan. Karena paru-paru pada tubuh manusia berperan sebagai organ pernafasan yang utama. Selain itu fungsi dari paru-paru itu sendiri adalah sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Paru-paru akan mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan di distribusikan ke seluruh bagian sel. Ketika sel tersebut bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbon dioksida yang dilepaskan oleh aliran darah. Fungsi paru-paru yang penting, mengharuskan kita untuk senantiasa menjaga kesehatan paru-paru.

Jadi, apabila terjadi gangguan dalam sistem kerja paru-paru, maka akan mempengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka sangat dianjurkan untuk kita selalu menjaga kesehatan paru-paru. Berikut adalah beberapa cara yang mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

 1. Rutin Berolahraga untuk menjaga kesehatan paru-paru

Dengan rutin dan rajin melakukan aktivitas fisik maupun berolahraga, sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan fisik dan juga paru-paru. Karena dengan rutin berolahraga dapat pula membantu meningkatkan kualitas sistem pernafasan bagi tubuh. Nah, untuk jenis olahraga yang dapat meningkatkan kualitas pernafasan di antaranya yaitu seperti berenang, jalan kaki, yoga, dan juga latihan pernafasan.

 2. Tidak Merokok Dan Hindari Asap Rokok

Di dalam rokok, terdapat 250 jenis zat beracun dan 70 jenis zat yang diketahui bersifat karisinogenik ( zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker ). Kandungan tersebut berasal dari bahan baku utama rokok, yaitu tembakau. Selain itu, bahan pewarna yang biasa dipakai untuk membuat tampilan rokok lebih menarik, dapat memperbesar potensi racun dari rokok.

Kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh, termasuk pada paru-paru. Merokok dapat sebabkan kerusakan pada kantung udara kecil dan saluran udara pada paru-paru. Tidak hanya itu, penyebab kanker paru-paru yang paling banyak adalah kebiasaan merokok. Perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan pada paru-paru dibandingkan perokok pasif. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk hentikan kebiasaan merokok dan juga hindari asap rokok.

Menjaga kesehatan paru-paru
Background photo created by freepik – www.freepik.com

 3. Rutin Mencuci Tangan

Dengan rutin mencuci tangan dengan menggunakan air yang mengalir dan juga sabun. Adalah cara yang efektif dan mudah untuk dilakukan, karena dengan mencuci tangan ampuh untuk mencegah setidaknya 80% dari penyakit pernafasan yang menular. Seperti flu, batuk maupun pilek, resiko terinfeksi virus dan bakteri dapat dihindari dengan mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan air yang mengalir dan juga sabun.

Baca Juga:   Tanda Anak Siap Belajar Membaca

 4. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan paru-paru juga bisa dibarengi dengan menjaga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyaak gizi dan kaya akan kandungan vitamin. Namun bila khusus untuk melindungi dan menjaga kesehatan paru-paru, berikut ada beberapa makanan yang disarikan dari berbagai sumber, yaitu :

  • Apel menurut Medical Today, apel kaya akan phytochemical yang mampu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Dengan begitu, fungsi paru-paru pun akan meningkat.
  • Sayuran Hijau,  sayuran hijau seperti bayam maupun kangkung semuanya penuh dengan nutrisi seperti serat, mineral, antioksidan, dan vitamin yang semuanya mendukung kesehatan paru-paru.
  • Buah Orange, makanan maupun buah yang berwarna range juga mengandung antioksidan yang ramah bagi paru-paru. Misalnya seperti labu, jeruk dan juga pepaya.
  • Teh Hijau, yang dipenuhi dengan polifenol dan antioksidan yang dikenal membantu menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru dalam berbagai penelitian. Selain itu, konsumsi teh hijau secara teratur juga diketahui mengurangi risiko mengembangkan penyakit paru obstruktif kronis.
  • Bawang Putih, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang juga dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Hal itu juga dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru di masa mendatang.
  • Ikan Salmon, kandungan omega-3, anti-inflamasi, dan asam lemak yang baik bagi tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, salmon merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh.

 5. Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin tiap tahunnya. Maka anda akan mengetahui kesehatan diri anda yang sesungguhnya. Dengan begitu, gangguan yang ada pada tubuh dapat segera diatasi sejak dini. Kondisi ini dapat menghindari diri dari komplikasi yang mungkin akan terjadi.


Sumber referensi :

Marbel Krankenhaus - Mein Arzt
Marbel Krankenhaus - Mein Arzt

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.