Cara tingkatkan daya tahan tubuh

Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga

Kamis, 19 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 22 | dibagikan :

Dengan adanya virus corona atau covid-19 yang juga sudah melanda di indonesia, membuat semua orang selalu waspada. Agar tak tertular dan terjangkit covid-19 sehingga kini pemerintah mulai menerapkan adanya lockdown dan juga social distance di berbagai wilayah Indonesia. Virus dapat di cegah jika kita mengetahui cara tingkatkan daya tahan tubuh terutama keluarga.

Nah, salah satu cara untuk yang perlu diperhatikan untuk diri sendiri maupun anggota keluarga. Adalah dengan menjaga daya tubuh dan juga imunitas tubuh agar tak mudah terkena penyakit maupun virus lainnya terutama yang kini menjadi kekhawatiran semua orang yaitu adanya virus corona atau covid-19. Untuk para moms yang masih bingung, bagaimana sih cara mudah untuk menjaga daya tubuh keluarga. Berikut adalah cara untuk meningkatkan daya tubuh keluarga agar tak mudah sakit.

Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga

 1. Jaga Asupan Keluarga

Cara termudah yang dapat diperhatikan moms dirumah untuk keluarga adalah dengan menjaga asupan keluarga dengan menyajikan makanan sehat dan juga bergizi. Lalu, apa aja sih asupan untuk meningkatkan daya tubuh keluarga ?  Nah, berikut adalah asupan sehat yang moms bisa sajikan untuk keluarga dirumah.

 1. Minuman

Moms bisa menyajikan aneka minuman yang memiliki banyak kandungan vitamin. Misalnya seperti jus jeruk yang mengandung vitamin C, atau moms bisa menyajikan aneka smoothies yang kekinian agar anak tak bosan. Untuk membuat smoothies sangatlah mudah, moms hanya perlu menyediakan blender, air mineral secukupnya, susu rendah lemak atau yogurt, buah-buahan sesuai selera, dan moms juga bisa menambahkah es. Moms juga bisa menyediakan minuman dari jahe dan lemon untuk mencegah adanya peradangan.

 2. Makanan

Menyediakan makanan setiap harinya untuk keluarga bukan hal yang mudah untuk dilakukan, ya moms. Dengan menu yang itu-itu saja pasti anak-anak akan merasa bosan, bukan. Untuk menjaga makanan yang sehat moms pastikan untuk memilih makanan dengan gizi seimbang ya. Seperti sayuran dan buah-buahan yang segar dan juga makanan yang mengandung protein seperti dada ayam, daging sapi, dan juga ikan-ikanan yang kaya akan omega3 yang baik bagi kesehatan. Moms bisa selang seling ya memasaknya agar anak tidak merasa bosan.

 3. Camilan

Untuk camilan adalah hal wajib, bukan moms. Yang harus selalu ada dirumah, agar anggota keluarga tidak bosan saat tidak ada kegiatan. Moms bisa menyediakan buah-buahan yang segar sebagai pengganti snack atau jajanan yang mengandung banyak MSG. Atau moms bisa sediakan buah kering untuk variasi ya moms agar anggota keluarga tidak bosan. Tetapi dalam mengkonsumsi buah kering jangan terlalu sering dan berlebihan ya moms. Karena buah kering lebih banyak kandungan gulanya yang juga  dapat merusak gigi. Dan pastikan setelah mengkonsumsi buah kering sebaiknya minum segelas air mineral, ya moms.

Baca Juga:   Mengenal Teknologi 5G, Jaringan Anti Lemot
Cara tingkatkan daya tahan tubuh
by timolina – www.freepik.com

2. Olahraga Teratur

Dengan olahraga teratur dipastikan badan akan selalu sehat. Namun dengan adanya lockdown dan social distance bukan berarti tidak bisa berolahraga secara bebas ya. Moms bisa ajak keluarga untuk olahraga bersama di rumah. Misalnya seperti yoga, senam ringan dengan diiringi musik, jumping bersama anak-anak, dan masih banyak lainnya yang bisa dilakukan dirumah untuk olahraga. Setidaknya sediakan waktu 30 menit disetiap harinya untuk olahraga atau 150 menit per minggu untuk jaga kesehatan tubuh.

 3. Atur Pola Tidur

Tidur malam yaang berkualitas adalah salah satu cara termudah untuk menjaga daya tubuh. Dengan tidur 7-9 jam setiap harinya, maka tubuh akan memproduksi sitokin dalam jumlah yang banyak. Sitokin ini berfungsi untuk melawan infeksi dan peradangan secara efektif dan menciptakan respons imun pada tubuh. Dan saat tidur inilah sitokin memulai diproduksi dan dilepaskan oleh tubuh.

 4. Perbanyak Aktifitas

Dengan adanya kebijakan lockdown dan sosial distance yang diterapkan oleh pemerintah. Bukan berarti hanya berdiam diri dirumah dan juga membatasi gerakan dirumah, ya moms. Moms bisa adakan kegiatan bersama keluarga didalam rumah. Seperti membuat kreativitas maupun bermain bersama yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga dalam rumah. Dengan beraktifitas tubuh tidak akan cenderung terasa lemas, letih, dan jadikan momentum ini untuk membuat quality time yang mengesankan untuk anggota keluarga.

5. Konsumsi Asupan Suplemen

Selain dengan menjaga makanan tetap sehat dan gizi seimbang. Moms juga bisa menambahkan konsumsi ragam macam vitamin dan suplemen agar keluarga tetap terjaga kesehatannya.

 

Sumber referensi :


Marbel Toilet Training
Marbel Toilet Training
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.