Channel Youtube viral

Channel Youtube Viral? Begini Cara Membuatnya

Senin, 9 Maret 2020 12:00 WIB | dibaca : 43 | dibagikan :

Semakin hari, perkembangan Youtube semakin berkembang. Banyak bermunculan artis-artis Youtube baru, serta beragam genre yang di suguhkan. Youtube yang telah berdiri sejak 14 Februari 2005, adalah aplikasi yang memuat suatu informasi berupa video, yang dapat di akses di seluruh dunia. Banyak dari channel Youtube viral yang kemudian mendapatkan banyak keuntungan dengan standar tertentu dari pihak Youtube.

Tak hanya hiburan semata, yang di dapat oleh pengguna Youtube. Para pengguna Youtube juga mendapatkan info baru, dan mempelajari hal baru dari tayangan yang di upload. Ada beberapa konten yang dapat dinikmati oleh pengguna, diantaranya cuplikan film, musik, klip TV, atau vlog.

Para pendiri Youtube, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim merupakan karyawan pertama dari paypal. Pada saat itu Hurley dan Chen tengah kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Youtube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang di danai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Video yang pertama kali di unggah oleh Jawed karim adalah video Me At The Zoo. Pada awalnya para pengunggah video, hanya dapat mengunggah video dengan durasi 15 menit. Akan tetapi, apabila akunnya sudah terverifikasi, mereka pun diijinkan mengunggah video dengan durasi 12 jam.

Keuntungan memiliki Akun Youtube :

  • Mendapatkan bayaran dari viewers dan subscriber.
  • Dapat mengekspresikan diri.
  • Konten Original.
  • Mempunyai follower dan ketenaran.

 

Channel Youtube viral
Logo photo created by ijeab – www.freepik.com

Langkah-langkah Membuat Akun Youtube :

Untuk kalian yang belum mempunyai akun Youtube, ada beberapa langkah untuk membuatnya :

  • Kalian harus mempunyai akun Google Mail terlebih dahulu, karena untuk membuat akun Youtube, diperlukan email untuk Log In.
  • Setelah mempunyai Google Mail, lalu buat Akun Youtube di komputer atau bisa juga menggunakan situs seluler.
  • Setelah mengunjungi Youtube, kemudian masukkan email ke halaman Youtube tersebut. Gunakan email yang telah kalian buat, untuk membuat akun Youtube.
  • Klik ikon foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian Setting atau pengaturan, kemudian kalian bisa memilih ‘Create a New Channel’, kalian pun wajib mengisikan nama untuk channel yang akan kalian buat. Berikan Nama sesuai dengan isi video yang akan kamu buat. Sebaiknya gunakan nama yang unik, sehingga mudah untuk diingat oleh orang.
  • Kalian juga dapat membuat akun Youtube sebagai bisnis, dengan cara klik tulisan ‘Use a Bussines or OtherName’. Kalian juga dapat memasukkan nama brand yang di maksud pada halaman “Brand Account” dan “klik create”
Baca Juga:   Tips Pemanfaatan Teknologi Sebagai Penyemangat Belajar Anak PAUD - Bagian 2

Selamat! Akun Youtube kalian sudah dapat digunakan. Saat channel sudah jadi, kalian sudah dapat mengunggah video-video yang akan kalian upload. Jangan lupa beri foto profil, sampul, dan deskripsi tentang channel yang kalian buat, supaya orang-orang paham akan isi konten yang kalian buat.

Trik supaya Channel Youtube Kalian jadi Viral :

  • Judul Unik. Hal pertama yang akan dilihat oleh para pengguna Youtube, sudah tentu adalah Judul dari isi konten tersebut. Jadi, buatlah judul yang menarik, dan membuat penonton penasaran dengan video yang kalian unggah
  • Video Viral. Kalian sebagai seorang Youtubers, juga harus peka dengan lingkungan sekitar. Carilah topik unik, yang kira-kira sedang diminati oleh para penonton. Channel Youtube viral yang mengikuti tren saat ini memiliki kesempatan untuk menambah viewers yang lebih banyak.
  • Kualitas Audio dan Video. Perhatikan juga kualitas Audio dan Video dari isi konten yang kamu unggah. Karena jika tidak, tampilan jadi kurang bagus, penjelasan kalian tentang isi konten pun tidak terdengar baik dan jelas oleh penonton. Parahnya, kalian akan mendapatkan hujatan oleh penonton kalian.
  • Gunakan Tag. Supaya video yang kalian unggah mendapat viewers yang banyak, optimalkan hasil pencarian dengan menggunakan ‘Tag’. Penggunaan “Tag”, biasanya terdapat pada artikel,s upaya artikel tersebut dapat peringkat teratas.

Apapun isi konten yang sedang kalian buat, lebih baik bikin konten yang sesuai dengan hal yang kalian minati, supaya apa yang kalian sampaikan dapat maksimal. Dan selalu konsisten dalam mengupload video, supaya para penonton tahu jadwal tayang unggahan videomu. Sekarang kalian telah tahu beberapa langkah membuat akun Youtube. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat buat kalian ya.

 

Sumber referensi :


Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.