Alat Kebersihan Lingkungan Dari Bahan Bekas

Minggu, 16 Oktober 2016 12:22 WIB | dibaca : 25727 | dibagikan :

Lingkungan bersih dan sehat tentu menjadi idaman setiap orang. Tidak terkecuali anak-anak. Anak-anak masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Anak-anak tentu membutuhkan lingkungan yang bersih dan sehat agar kesehatan tubuh mereka pun akan terjaga.


Baca juga:
1. Ragam Kreativitas PAUD Tema Lingkungan

2. Membuat Maket 3D Bertema “Lingkungan Laut”


Kita  perlu mengajarkan kepada anak-anak didiknya tentang pentingnya menjaga kebersihan. Salah satu cara mengajarkan tentang kebersihan lingkungan adalah dengan cara memperkenalkan berbagai macam alat yang biasa digunakan untuk membersihkan lingkungan. Alat-alat yang biasa dipakai untuk membersihkan lingkungan diantaranya adalah sapu, sapu lidi, kemoceng, pengki, dan lainnya.
.
Seorang pendidik PAUD asal Sumedang, Kak Nida Y.A, mengajarkan kepada anak-anak didiknya tentang 2 alat kebersihan, yaitu sapu dan pengki (serok). Kedua alat tersebut dibuat dengan bahan bekas atau limbah. Sebelum meminta anak membuat karya ini, kita bisa menunjukkan wujud asli dari alat kebersihan ini. Kita juga bisa mengajarkan cara memakainya dan di mana kita bisa memakai alat kebersihan ini.
.
Cara pembuatannya pun sangat sederhana. Bahan-bahan dan alat-alat untuk membuat alat kebersihan ini adalah kotak susu bekas, tali rafia, double tape, dan stik es krim. Mari kita perhatikan alat dan bahan dasar pembuatan sapu dan pengki di bawah ini:

bahan
Sebagai tahap persiapan, pendidik perlu menggunting kemasan susu kotak bekas menjadi 2. Kemudian untuk membuat sapu, pendidik perlu membantu anak-anak dalam membuat rumbai-rumbai dari bahan tali rafia dan penahan rumbai berbahan kertas kardus. Tugas anak-anak didik hanyalah menempel dan menyusun bahan-bahan yang telah disediakan menjadi 2 alat kebersihan.


.tema-lingkungan-alat-kebersihan-2


tema-lingkungan-alat-kebersihan


Manfaat dari aktivitas ini adalah:
–    Melatih kekuatan motorik halus anak
–    Melatih ketelitian dan kesabaran anak
–    Menambah semangat anak dalam menjaga kebersihan lingkungan
–    Memahami cara penggunaan alat-alat kebersihan
.
Setelah Anda mengajarkan kreasi ini, Anda bisa memberikan dongeng edukatif kepada sang buah hati. Salah satu dongeng menarik yang bisa Anda berikan adalah “CERITA ANAK: BEBAS SAMPAH”. Dongeng ini hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa di-download GRATIS. Dongeng ini bertema peduli lingkungan yang dibuat khusus untuk membangun karakter cinta lingkungan pada anak-anak. Dalam cerita ini, anak-anak akan diajak untuk peduli pada pengelolaan sampah dan limbah. Selama ini, anak-anak tidak tau tentang bahaya sampah bagi bumi jika dibuang sembarangan. Sebagai contoh, sampah platina jika dibuang sembarangan tidak akan bisa hancur hingga 20 tahun. Contoh lainnya adalah sampah sepatu bekas. Sepatu itu terbuat dari karet. Dan ternyata, karet jika tertimbun di dalam tanah tidak akan bisa hancur hingga 43 tahun. Dan selama bertahun-tahun itu, sampah sampah tersebut membuat bumi tercemar dan merusak kesuburan tanah. Untuk men-download dongeng ini, Anda bisa klik gambar di bawah ini:banner-riri-bumiku-bebas-sampahSumber: FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...