Bunga Dengan Bahan Kulit Bawang

Selasa, 10 April 2018 15:32 WIB | dibaca : 2534 | dibagikan :

Penggunaan bahan-bahan alam dan sisa sebagai media dalam membuat suatu kreasi atau karya seni sangat disarankan dalam pembelajaran PAUD. Aneka bahan sisa yang sering dimanfaatkan untuk membuat kreasi lain yang lebih bermanfaat antara lain:
a. Kertas bekas (Koran, majalah, kantong beras dll.)
b. Karton atau kardus
c. Kain perca
d. Plastik dan kaleng.
e. Styrofoam dan busa
f. Tali
g. Tutup botol dan karet.


Baca juga:
9 Tehnik Seni Rupa Favorit Anak-anak PAUD


Selain bahan-bahan sisa, bahan-bahan alam juga bisa menjadi alternatif untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kerajinan tangan. Bahan-bahan ini merupakan bahan-bahan yang langsung diambil dari alam atau tercipta secara alami (tidak melalui campur tangan manusia). Beberapa bahan alam tersebut antara lain:
a. Batu-batuan
b. Kayu dan ranting
c. Biji-bijian
d. Daun-daun kering
e. Pelepah
f. Bambu.

Seorang pendidik PAUD, yang benama Kak Dewi Giza Saraswati telah berhasil membuat sebuah karya berbahan alam yang telah dibagikan di FORUM TK DAN PAUD. Karya ini telah banyak memukau ratusan pendidik PAUD lainnya. Karya Kak Dewi Giza ini terbuat dari bahan dasar daun bawang. Kak Dewi Giza membuat sebuah karya berbentuk bunga yang indah dengan bahan kulit bawang.

Untuk membuat karya ini, Kak Dewi Giza mula-mula mengumpulkan kulit bawang sisa saat ia memasak. Ia lalu mencucinya hingga bersih untuk mengurangi bau atau aroma bawang yang kadang sangat menyengat dan bisa membuat kita menangis.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah:
– Kulit bawang: Cuci kulit bawang hingga bersih dan tidak berbau.
– Pastel warna: Sediakan warna pastel hijau dan cokelat / merah.
– Lem: Digunakan untuk menempel daun bawang.
– Kertas: Media menggambar dan membuat kreasi ini.

Setelah itu kulit bawang dicuci bersih, Kak Dewi Giza membuat gambar tangkai atau ranting bunga dengan pastel berwarna merah atau cokelat. Ia lalu menggambar daun-daun mungil agar bagian tubuh tumbuhan tersebut terlihat lebih lengkap dan indah. Tahap selanjutnya, ia menempelkan helai demi helai bentuk kelopak bunga dengan bahan kulit bawang. Agar lebih semarak, jangan Kak Dewi membuat 3 kuntum bunga dalam satu tangkai.

Sebagai kegiatan penutup, kita bisa mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu “Bunga Mawar Yang Indah”.

Bunga mawar yang Indah cantik berseri
Banyak kupu-kupu mengelilingi
Seperti hati yang tulus dan suci
Banyak teman akan dimiliki

Dengarkan lagu ini dengan klik BUNGA MAWAR YANG INDAH.

Anak-anak usia dini sangat gemar berekspresi. Tidak hanya melalui karya seni, namun juga dengan cara unjuk diri. Agar anak-anak semakin tampil berunjuk diri secara positif, kita bisa mengajak anak belajar melalui aplikasi MARBEL “PERTUNJUKAN FASHION”. Silakan download aplikasi ini dengan klik gambar di bawah ini:

banner-marbel-pertunjukan-busana

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...