Hiasan Bunga dari Kulit Bawang

Sabtu, 17 Maret 2018 22:28 WIB | dibaca : 5903 | dibagikan :

Penggunaan media alam dalam pembelajaran seni di PAUD sangat disarankan, karena anak-anak perlu mengenal betapa alam telah menyediakan banyak bahan yang kita perlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Penggunaan media yang alami dalam pembelajaran di PAUD juga bisa membuat anak-anak semakin memahami akan pentingnya penghematan. Tidak semua bahan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat perlu kita beli, melainkan kita bisa memanfaatkan bahan-bahan limbah atau kurang bermanfaat.

Salah satu media berbahan limbah yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembuatan kerajinan tangan adalah kulit bawang. Kak Dewi Giza Saraswati telah mengajarkan cara membuat suatu kreasi kerajinan tangan bersama anak-anak didiknya. Kreasi ini berbentuk bunga berserta tangkai dan daunnya. Bagian bunga dari kreasi ini terbuat dari kulit bawang. Bentuk bunga terlihat mekar dan tampak indah dipandang. Kreasi ini sangat cocok pula dimanfaatkan sebagai dekorasi kelas.


Baca juga:
Aneka Kreasi Bertema Buah-buahan Yang Keren dan Kreatif


Alat dan bahan pembuatan kreasi ini adalah:
Kulit bawang: sebagai bahan pembuat bunga.
Kertas origami: dibentuk seperti daun mungil (bentuk daun juga bisa digambar dengan pensil warna)
Gunting: dipakai untuk menggunting kulit bawang saat memotong kulit bawang menjadi bentuk kecil. Potongan kulit bawang ini nantinya disusun secara memanjang membentuk tangkai-tangkai bunga.
Kertas HVS: sebagai alas atau tempat kerajinan tangan ditempelkan.

Cara membuatnya adalah:
– Guntinglah kulit bawang menjadi potongan kecil-kecil (bentuknya seperti bangun persegi panjang mungil).
– Tempelkan kulit bawang tersebut secara memanjang dan membentuk tangkai-tangkai bunga yang bercabang pada kertas HVS.
– Tempelkan bentuk daun mungil pada bagian tangkai.
– Tempelkan kulit bawang yang belum dipotong yang sudah dalam bentuk helaian pada ujung-ujung tangkai bunga.
– Kreasi berbentuk bunga dengan bahan kulit bawang pun sudah jadi.

kulit bawang craft bunga

Setelah membuat kreasi ini kita bisa mengajak anak-anak menyanyikan sebuah lagu bertema bunga. Salah satu lagu yang menarik dan bisa menjadi media pembelajaran karakter adalah lagu anak yang berjudul “Bunga Mawar”. Berikut ini adalah lirik dari lagu “Bunga Mawar”:

Bunga mawar yang indah
Cantik berseri
banyak kupu-kupu yang
mengelilingi
Seperti hati yang tulus dan suci
banyak teman akan dimiliki

Lagu di atas berkisah tentang pentingnya memiliki hati yang mulia. Orang-orang berhati mulia atau baik hati akan memiliki banyak teman. Dengar dan tonton lagu di atas dengan klik di SINI.

Kreasi bunga yang telah anak-anak buat, bisa kita gunakan sebagai media penghias atau dekorasi kelas. Kita bisa memajang kreasi bunga, baik di papan mading kelas maupun di sekitar kelas, agar kelas menjadi terlihat indah. Kelas yang indah akan membuat anak-anak senang dan nyaman saat berada di kelas.

Agar anak-anak semakin mengenal aneka tanaman lainnya, kita bisa mengajak anak bermain sambil belajar dengan permainan “MARBEL TANAMAN”. Dengan permainan ini anak-anak bisa belajar aneka macam tanaman yang tumbuh di atas bumi kita. Silakan download GRATIS aplikasi ini dengan klik “MARBEL TANAMAN” atau “MARBEL FLORA”, atau gambar di bawah ini!

marbel-flora

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...