1-kak-zepe-melukis-rumah-gambar-garis-pastel

Aneka Karya Seni Rupa (Tehnik Menggambar) “Rumahku”

Sabtu, 12 November 2016 15:47 WIB | dibaca : 7071 | dibagikan :

Aktivitas menggambar sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak, terutama di bidang seni. Anak bisa semakin paham bagaimana melukis banyak bentuk, sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya. Saat menggambar, anak-anak pasti akan tertarik untuk mewarnai gambarnya juga. Saat mewarnai anak belajar memadukan warna dan menguatkan motorik halusnya. Saat menggambar, secara emosional, anak akan merasakan kepuasan tersendiri. Apalagi bila sang anak memang memiliki bakat seni yang tinggi. Anak-anak yang gemar menggambar untuk mengekspresikan diri, cenderung akan lebih mampu mengontrol emosinya.

Baca juga: Kreasi Menggambar Dengan Bahan Limbah (kapur, batu barta, kapus)

Kak Almel sendiri adalah seorang pendidik PAUD yang tinggal di kota medan. Melalui karyanya, Kak Almel memperkenalkan berbagai tehnik menggambar yang bisa membuat anak-anak mendapatkan pengalaman yang baru, terutama di bidang seni rupa. Berikut ini adalah karya-karya seni rupa yang pernah diajarkan Kak Almel kepada anak-anak didiknya.


1. Menggambar Garis Di Atas Blok Warna

2-kak-zepe-melukis-rumah-gambar-garis-pastel

Teknik dari gambar ini cukup sederhana. Kita hanya mewarnai kertas dengan menggunakan pensil hingga penuh (diblok). Setelah kertas penuh dengan warna yang kita sukai, kita bisa menggambar dengan menggunakan lidi atau pulpen yang isinya sudah habis. Untuk membuat efek blur, kita bisa menggunakan jari atau tisu dengan metode mengusap.

  1. Mewarnai dengan tehnik stempel
    4-kak-zepe-melukis-rumah-gambar-garis-pastel

.

Sediakan gambar grafis (gambar garis tanpa warna). Lalu warnai gambar dengan teknik stempel. Media yang digunakan untuk mengecap bisa memakai jari, batang pisang, dan lainnya. Motorik halus anak akan terlatih dengan melakukan teknik ini, terutama saat anak melakukan gerakan menekan.

  1. Paduan Mewarnai dan kolase

5-kak-zepe-melukis-rumah-gambar-garis-pastel
.

Gambarlah sebuah rumah sederhana (yang banyak space kosong agar mudah diwarnai atau ditempeli kertas). Lalu sediakanlah potongan-potongan kertas berwarna (berbentuk persegi). Tempelkan potongan-potongan kertas tersebut pada bagian berbentuk atap di gambar agar seperti bentuk atap yang bermotif kotak-kotak. Lalu warnailah bagian dinding dengan menggunakan pastel atau pensil warna.
.

Educa Studio telah merilis aplikasi yang bertemakan  mewarnai dan mengenal aneka warna. Sebagai pengembang aplikasi ini, Kak Andi Taru, selaku CEO dari Educa Studio berharap agar aplikasi ini bermanfaat dalam dunia pendidikan, khususnya sebagai sarana pendidik dalam mengajarkan seni rupa kepada anak-anak didiknya. Selain itu, Kak Andi Taru berharap agar sambil mewarnai, anak-anak juga bisa belajar aneka ilmu pengetahuan, misalnya, dalam MARBEL MEWARNAI HEWAN DARAT, anak-anak juga belajar mengenal aneka macam hewan laut. Aplikasi ini berjudul:
MARBEL DUNIA HEWAN
banner-marbel-dunia-hewan-v3
MARBEL MEWARNAI HEWAN DARAT
banner-marbel-mewarnai-hewan-darat



Sumber: https://www.facebook.com/groups/ForumTKPADU/permalink/1136166596432148/

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...