Cara Membatik Metode “Tisu Celup” Karya Bunda Laily Lely

Selasa, 20 Desember 2016 08:45 WIB | dibaca : 28900 | dibagikan :

Siapa tidak suka baju batik? Banyak orang suka batik. Batik disukai oleh semua kalangan, semua suku, dan bahkan semua usia. Batik juga disukai oleh orang-orang dari luar negeri. Itulah mengapa kegiatan membatik adalah aktivitas yang disukai anak-anak. Mereka begitu asyik berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Bisa kita perhatikan hasilnya dari foto-foto di bawah ini.

kreasi-tisu-celup-keren-bagus-1

Kreasi ini diposting oleh Bunda Laily Lely. Bunda Laily Lely adalah seorang pendidik yang berdomisili di kota Surabaya. Bunda Laily telah memposting karya ini di FORUM TK DAN PAUD. FORUM TK DAN PAUD adalah sebuah forum pendidikan yang kini telah beranggotakan 93.000 anggota dari seluruh penjuru tanah air. Banyak sekali karya pendidik PAUD yang telah diposting di forum pendidikan ini. Manfaat utama dari pembuatan kreasi ini adalah sebagai sarana pengembangan motorik halus anak. Selain itu, kreativitas dan imajinasi anak pun akan semakin berkembang dengan membuat kreasi ini.

Bahan utama dari pembuatan kreasi ini adalah tisu dan pewarna makanan. Selain itu, Anda juga akan memerlukan wadah plastik, sendok, dan pipet.
kreasi-tisu-celup-keren-bagus-3

Bagaimana proses pembuatannya?


Dapatkan pula :Aneka Kreasi Anak Usia Dini Tema Cinta Tanah Airku” di portal ini.


1. Membuat pewarna
Campur pewarna dengan air. Aduk rata. Usahakan tidak terlalu encer. Beri masing-masing pewarna dengan pipet. Satu pipet untuk satu warna supaya warna tidak tercampur.

2. Proses membatik
– Ambil kertas tisu.
– Lipat dua sama besar. Akan membentuk empat persegi panjang. Lipat dua lagi akan diperoleh bentuk bujur sangkar. Lipat lagi akan diperoleh bentuk segitiga. Lipat dua lagi. Akan diperoleh segitiga yang lebih kecil.
– Ambil salah satu warna dengan pipet. Teteskan pewarna mulai dari ujung lipatan.
– Ambil pewarna lainnya, teteskan pada bagian yang masing putih.
– Jumlah pewarna sesuai dengan keinginan. Jika tidak ada pipet bisa diganti dengan sendok.
– Biarkan mengering.
– Setelah tisu kering buka dengan perlahan sesuai arah lipatan. Usahakan jangan sampai sobek.
– Batiknya sudah siap dipamerkan atau dipajang.

kreasi-tisu-celup-keren-bagus-2


Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Kak Andi Taru, sebagai CEO dari Educa Studio telah meluncurkan sebuah aplikasi yang menarik, yang bisa dipakai sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, khususnya agar anak-anak semakin mengenal aneka budaya yang ada di Indonesia. Dengan aneka permainan yang menarik dan ramah anak, Educa Studio telah merilis “MARBEL MENGENAL BUDAYA NUSANTARA”. Silakan download gratis aplikasi ini dengan klik “MARBEL MENGENAL BUDAYA NUSANTARA.

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...