1

Kreasi Laba-laba Mungil dan Sarangnya

Sabtu, 3 Desember 2016 08:19 WIB | dibaca : 6516 | dibagikan :

Portal ini pernah mengulas tutorial bertema pengenalan hewan. Anda bisa menemukannya dengan klik di SINI. Salah satu hewan yang perlu anak-anak tahu adalah laba-laba. Laba-laba adalah hewan yang gemar membuat sarang. Sarang laba-laba bentuknya seperti jaring-jaring. Ia tergolong hewan pemakan daging, karena laba-laba gemar memakan hewan lainnya, khususnya serangga. Laba-laba mendapatkan serangga sebagai makanannya dengan cara menjebaknya. Cara menjebaknya adalah dengan cara memasang perangkap yang berbentuk jaring-jaring. Jaring laba-laba sangat tipis, namun punya daya rekat yang kuat. Bila ada serangga terbang yang menempel pada jaring laba-laba, ia tidak akan bisa berkutik lagi. Serangga yang telah terjebak akan dihampiri oleh sang laba-laba untuk diikat hingga seluruh tubuhnya, hingga ia tidak bisa melarikan diri. Bila sang laba-laba mulai lapar, maka laba-laba akan memakannya. Nyam..nyam…nyam…. .


Baca juga:
Ayo Membuat Kreasi Ulat di Atas Daun

Manfaatkan Bungkus Teh Gelas Untuk Membuat Ayam


Selain informasi menarik di atas, Kak Zepe akan memberikan beberapa informasi menarik lainnya seputar hewan ini, yaitu:

1.    Laba-laba tidak suka menyerang
Laba-laba termasuk hewan yang baik. Ia tidak suka menyerang manusia atau hewan yang tidak ia mangsa. Ia akan menyerang bila merasa terancam, atau diserang hewan lainnya.

2.    Laba-laba bisa menerkam
Dalam mencari mangsa, laba-laba tidak hanya mengandalkan jaringnya lho.. Laba-laba juga bisa menerkam dan menyengat. Sengatan laba-laba mengandung racun yang mematikan bagi hewan lainnya.

3.    Laba-laba paling takut dengan tawon atau lebah
Lebah adalah salah satu hewan pemangsa laba-laba. Bagi lebah, laba-laba termasuk santapan yang lezat.

web-spider-kak-zepe
Contoh Gambar Jaring Laba-Laba

Informasi seputar laba-laba di atas bisa kita bagikan kepada anak-anak didik agar mereka semakin tertarik untuk membuat kreasi tentang laba-laba dan sarangnya ini. Kreasi ini berjudul “Kreasi Laba-laba dan Sarangnya” ini dibagikan oleh Kak Nida Yans Apriliani , seorang pendidik yang berdomisili di kota Sumedang . Kreasi ini dibagikan di sebuah forum yang sebagian besar anggotanya adalah para pendidik PAUD dan insan-insan yang peduli pada dunia pendidikan anak usia dini. Nama FORUM ini adalah FORUM TK DAN PAUD. Forum ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar tentang dunia pendidikan anak. Ada banyak kreasi lain yang bisa kita pelajari di dalam forum ini. Bila Anda ingin menanyakan sesuatu seputar masalah anak dan pendidikan anak, Anda bisa menanyakannya di forum ini.

Bagaimana cara membuat kreasi ini?
Alat dan bahan pembuat kreasi ini adalah:
1.    Gambar garis berbentuk jaring laba-laba.
2.    Gambar bentuk laba-laba (bisa dicari diinternet maupun menggambar sendiri)
3.    Benang wool
4.    Lem Fokx
5.    Tusuk gigi

sarang-laba2-wol-kak-zepe-lagu-anak-kreasi-guru2

Berikut ini adalah tutorial pembuatannya:
1.    Buatlah gambar berbentuk jaring laba-laba dengan rapi. Setelah itu Anda bisa menduplikasinya dengan cara foto copy.
2.    Setelah itu Anda beri lem gambar jaring laba-laba mulai dari bagian yang paling dalam dengan menggunakan tusuk gigi.
3.    Tempelkan benang wool mulai dari bagian dalam seperti pada gambar. Setiap selesai satu garis jaring laba-laba, kita bisa menggunting wool-nya. Lakukan hal yang sama hingga jarang pada bagian yang terluar.
4.    Tempelkan bentuk laba-laba di atas jaring laba-laba.

sarang-laba2-wol-kak-zepe-lagu-anak-kreasi-guru

Bila karya “Kreasi Laba-laba dan Sarangnya” sudah selesai, kita bisa mengatakan kepada anak-anak, “Sarang laba-laba telah selesai dibuat. Kini Sang laba-laba siap menjebak mangsanya.” Kreasi ini bisa kita panjang di dalam kelas sebagai dekorasi, agar kelas tampak lebih indah. Bila kelas tampak indah, maka anak-anak pasti akan lebih kerasan berada di dalam kelas. Selamat belajar dan mengajar!

2


Media permainan dalam bentuk aplikasi sangat digemari oleh anak-anak jaman sekarang. Educa Studio telah merilis sebuah aplikasi dengan tema pengenalan hewan. Aplikasi ini berjduul “MARBEL MENGENAL DUNIA HEWAN”Aplikasi ini bisa diunduh gratis dengan klik “MARBEL MENGENAL DUNIA HEWAN DAN SUARANYA. Anak-anak akan diajak untuk mengenal aneka hewan dengan suaranya melalui game yang seru plus edukatif.

banner-marbel-dunia-hewan-v3
Download juga MARBEL PERAWAT HEWAN LUCU

banner-marbel-perawat-hewan-lucu
Anda juga bisa mendapatkan lagu-lagu anak tentang hewan di dalam aplikasi LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD – LENGKAP (SEMUA TEMA PAUD ADA)

banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud

Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...