Kreasi Berbentuk Petani Berbahan Geometri Kertas Origami

Kamis, 16 Februari 2017 21:53 WIB | dibaca : 26082 | dibagikan :

Petani adalah salah satu profesi yang banyak diminati di daerah pedesaan. Profesi ini sangat berjasa bagi penduduk di Indonesia. Karena tanpa adanya petani, maka tidak akan ada nasi yang kita makan. Petani bekerja di bidang pangan. Mereka bekerja di persawahan. Produk yang dihasilkan oleh seorang petani adalah beras dan aneka sayur serta buah-buahan.

Sebagai penduduk Indonesia, sudah selayaknya anak-anak memahami tentang jasa seorang petani. Setelah kita menjelaskan beraneka macam hal tentang petani, maka kita bisa meminta anak membuat suatu kreasi yang berhubungan dengan pekerjaan atau profesi ini, sehingga anak-anak tidak hanya akan memahami seorang petani berdasarkan penjelasan seorang pendidik, namun juga berdasarkan kegiatan kerajinan tangan berbentuk petani.


Temukan juga: Aneka Kreasi Tema Diriku dan Pekerjaanku  Ada di Portal Ini


Kreasi ini diperkanal oleh Bunda Enung kepada anak-anak didiknya. Bunda Enung mengajarkan dengan sabar cara membuat kreasi ini kepada anak-anak didiknya, hingga Kak Zepe menemukan karya beliau yang sangat banyak diminati oleh para pendidik di Indonesia. Hanya dengan bahan dasar kertas origami, dan alat-alat seperti gunting dan lem, kreasi ini telah banyak mendapatkan respon yang baik dari para pendidik dari seluruh Indonesia.

Sebelum mengajarkan kreasi ini kepada anak-anak didiknya, Bunda Enung meminta anak-anak didiknya menyanyikan lagu di bawah ini:

Geometri- geometri
macam – macam bentuknya
Ada segi tiga ada segi empat lingkaran – lingkaran
Segi tiga, lingkaran disusun- disusun
Jadi bapak tani jadi bapak tani
Tersenyum – tersenyum

Dengan mengajak anak-anak bernyanyi tentang kreasi yang akan mereka buat, anak-anak akan semakin paham dengan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Anak-anak juga akan semakin mengenal berbagai nama bangun datar. Setelah selesai mengerjakan kreasi ini, kita bisa meminta anak menyanyikan lagu ini sambil menunjukkan kreasi ini kepada penonton atau teman mereka, dengan kata lain, kreasi ini bisa dimasukkan dalam kategori Alat Peraga.

Belajar tentang petani adalah salah satu pembelajaran tentang profesi atau pekerjaan. Agar anak-anak semakin mengenal aneka macam profesi, kita bisa memperkenalkannya dengan sebuah permainan game yang menarik dan ramah anak.

Marbel Profesi adalah seri dari MARBEL (Mari Belajar Sambil Bermain). Lewat Marbel Profesi, anak-anak akan dikenalkan kepada berbagai macam profesi/pekerjaan seseorang. Jika rasa ingin tahu anak-anak sudah meningkat, belajar Bersama Marbel adalah pilihan yang cocok.

Bersama Marbel Profesi, belajar terasa sungguh menyenangkan. Setiap profesi diilustrasikan dengan gambar yang menarik dan disertai dengan animasi untuk memperjelas tiap-tiap profesi yang diperkenalkan. Tidak hanya itu, Marbel Profesi dilengkapi dengan audio yang interaktif untuk menarik minat anak-anak. Bagi anak-anak yang belum lancar membaca, mereka bisa mendengarkan narasi yang dibacakan.banner-marbel-profesi-v3Silakan download aplikasi ini dengan klik MARBEL BELAJAR PROFESI

Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...