Ragam Kreasi Berbahan Daun Kering (Bentuk Serangga, Hewan, Kapal, dan Lainnya)

Kamis, 27 April 2017 15:52 WIB | dibaca : 60476 | dibagikan :

Pendidik PAUD sering memanfaatkan bahan-bahan alam dalam pembuatan suatu kreasi. Apakah arti bahan alam? Bahan alam adalah bahan-bahan yang berasal dari alam yang dapat diolah menjadi barang-barang yang bermanfaat bagi penggunanya. Begitu juga dalam hal pembuatan kreasi di lingkungan PAUD. Bahan-bahan alam bisa ditemukan dimana pun dan kapan pun. Bahan-bahan alam contohnya adalah batu-batuan, kayu, ranting, biji-bijian, daun-daun kering, pelepah, bambu, bunga, batang padi, dan bahan-bahan lainnya. Ada 3 tujuan utama, mengapa pendidik PAUD sering menggunakan bahan alam sebagai bahan pembuat kreasi bagi anak-anak didiknya.


Baca juga: Aneka Kreasi Tema Hewan


Tujuan dari penggunaan bahan alam adalah:

a.       Memperkaya dan menambah alat bermain dan alat peraga dalam pembelajaran..
b.      Memotivasi guru untuk lebih peka dalam mengoptimalkan lingkungan sekitar untuk dijadikan sebagai media bermain.
c.       Murah, mudah dan tersedia.

Sebuah aplikasi permainan menarik berjudul “MARBEL TAMAN BERMAIN” menyediakan konten-konten permainan dengan tema pengenalan serangga. Di dalam aplikasi ini, anak-anak akan diajak melakukan permainan yang bisa membuat mereka semakin memahami aneka macam serangga (misalnya bagian tubuhnya, bentuknya, dan ciri lainnya. Silakan download GRATIS aplikasi ini dengan klik MARBEL TAMAN BERMAIN atau klik gambar di bawah ini!banner-marbel-taman-bermainBerikut ini adalah sebuah karya yang dibuat oleh seorang pendidik PAUD yang bernama Bunda Uuk Kurniawati. Bunda Uuk adalah seorang pendidik PAUD yang berdomisili dan mengajar di Kabupaten Cirebon. Beliau memang sering membagikan karya yang pernah diajarkan di sekolahnya di FORUM TK DAN PAUD. Kreasi Bunda Uuk memang sangat menarik dan kreatif, sehingga untuk kreasi kali ini, beliau mendapatkan 400-an likes dari pendidik seluruh nusantara.

Kreasi yang beliau bagikan kali ini berbahan daun kering. Dengan bahan daun kering, Bunda Uuk mengajarkan kepada anak-anak didiknya tentang cara membuat berbagai bentuk, misalnya bentuk serangga, hewan, burung, kapal, hewan lainnya. Total semuanya ada 10 bentuk. Berikut ini adalah tampilan puluhan bentuk berbahan daun kering yang pernah diajarkan oleh Bunda Uuk.


ragam-kreasi-dengan-bahan-daun-kering-3


ragam-kreasi-dengan-bahan-daun-kering-2


Dalam membuat karyanya ini, Bunda Uuk juga memanfaatkan kertas origami sebagai alas. Untuk merekatkan daun kering tersebut, Bunda Uuk menggunakan lem fox.  Selain itu, Bunda Uuk juga memadukan kreasi ini dengan menggambar. Setelah anak-anak didiknya selesai membuat suatu bentuk, Bunda Uuk meminta anak-anak didiknya untuk mendekorasi karya tersebut, sehingga menjadi lebih indah dan lebih hidup.

Selain mengajak anak-anak untuk lebih mampu berpikir kreatif dalam hal pemanfaatan alam sekitar untuk membuat produk yang menarik, kreasi ini juga bermanfaat dalam melatih motorik halus anak dan mengembangkan imajinasi anak. Bagaimana? Apakah Anda ingin mengajarkan juga kepada anak-anak didik Anda atau kepada buah hati Anda?

Hewan merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang perlu dipelihara dan disayangi. Dengan memelihara dan menyayangi hewan anak-anak juga telah belajar bersyukur atas segala anugerah dan ciptaan Tuhan. Secara tidak langsung, anak-anak juga akan dibawa lebih dekat kepada Sang Pencipta. Untuk menumbuhkan rasa sayang anak pada hewan, kita bisa memberikan anak-anak suatu permainan tentang cara menyelamatkan hewan. Permainan ini berjudul “Marbel – Penyelamat Hewan” Permainan ini mengajak anak-anak menyelamatkan aneka hewan lucu. Berikut ini misi-misi yang perlu diselesaikan saat memainkan game ini:
> Selamatkan hewan yang tersangkut di pohon yang tinggi.
> Sungai mengalir deras setelah hujan, selamatkan hewan yang di sungai.
> Karena tidak hati-hati, kucing bisa terjebak di selokan.
> Kucing dan Gukguk yang kelaparan, boleh kita kasih makan lho… .
> Tangkap ular dengan alat dan cara yang tepat.
> Selamatkan hewan yang tertimpa pohon.
> Mencari peliharaan yang hilang.
> Mengadopsi kucing dan anjing yang malang.

Menarik sekali bukan? Ayo download game ini dengan klik gambar di bawah ini.

banner-marbel-penyelamat-hewan

Bila Anda ingin bertanya seputar cara pembuatan kreasi ini silakan klik FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...