Kreasi Berbentuk Ulat Bulat-bulat

Sabtu, 21 April 2018 09:58 WIB | dibaca : 3433 | dibagikan :

Siapa yang takut dengan ulat? Apakah Anda takut? Kalau Anda biasa takut dengan ulat beneran, Anda pasti tidak takut dengan ulat yang satu ini. Ulat ini terbuat dari kertas origami, dan merupakan hasil karya anak-anak APUD.

Sebelum belajar tentang cara membuat kreasi berbentuk ulat, mari kita mengenal hewan ini lebih dekat lagi. Ulat adalah tahap larva dari spesies dalam ordo Lepidoptera, yang mencakup kupu-kupu dan ngengat. Kebanyakan ulat adalah pemakan tumbuhan walaupun beberapa spesies merupakan pemakan serangga. Kebanyakan ulat dianggap sebagai hama dalam pertanian. Banyak spesies ngengat dikenal karena tahap ulatnya menyebabkan kerusakan pada buah dan produk pertanian lainnya. Bagian-bagian tubuh ulat antara lain: kepala, dada, perut, Spirakulum, kait anal, tungkai perut, segmen, tungkai dada, dan antena.

Setelah telur kupu-kupu menetas, telur akan tumbuh menjadi ulat. Ulat akan tumbuh menjadi kepompong. Tahap selanjutnya, kepompong akan tumbuh menjadi kupu-kupu.

Seorang pendidik PAUD telah membagikan hasil karyanya di FORUM TK DAN PAUD. Pendidik ini bernama Kak Rima, seorang pendidik PAUD asal Makassar. Kak Rima membuat kreasi berbentuk ulat yang terdiri dari kepala, badan, mata bulat, dan dengan lidah yang menjulur ke luar. Alat dan bahan untuk membuat kreasi ini antara lain:
– Kertas origami: Kertas origami merupakan bahan utama pembuatan kreasi ini. Bagian kepala dan badan dibuat dengan bahan kertas origami.
– Lem
– Gunting

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat kreasi ini adalah membuat bulatan-bulatan dengan kertas origami. Bulatan dibuat dari kertas origami yang dipotong memanjang, lalu dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain sehingga membentuk semacam rantai. Setelah itu, kita bisa membuat bagian kepalanya. Kepala ulat dibuat dari kertas origami yang dipotong membentuk bentuk lonjong atau elips. Bentuk lonjong tersebut lalu dilipat pada bagian tengahnya, sehingga bentuknya menyerupai mulut ulat yang sedang terbuka (menganga).

Kita bisa meminta anak membuat ulat sepanjang-panjangnya. Panjang pendidiknya tubuh ulat tergantung dari jumlah bulatan yang kita hubungkan.  Untuk menguji kekompakan antara anak satu dengan anak lainnya, kita bisa meminta anak mengerjakan tugas membuat ulat secara berkelompok. Dengan bekerja secara berkelompok, anak-anak akan lebih tertantang untuk bisa membuat ulat sepanjang-panjangnya.


ulat origami 1

Membuat anak-anak merasa senang bisa dilakukan dengan memberikan aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Selain dengan mengajak anak membuat suatu kerajinan tangan, kita bisa membuat anak-anak senang dengan mengajak mereka bermain game. Salah satu game yang menarik adalah game yang berjudul “EMAK-EMAK MATIC”. Silakan download GRATIS permainan ini dengan klik gambar di bawah ini:
banner-emak-emak-matic

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...