kreasi-gerhana-matahari

Kreasi Gerhana Matahari dengan Tehnik Usap Abur

Senin, 24 April 2017 16:23 WIB | dibaca : 6301 | dibagikan :

kreasi-gerhana-matahari-dengan-tehnik-usap-abur

Melalui permainan ini, anak-anak akan semakin mengenal aneka macam benda-benda angkasa, seperti matahari, bulan, bintang, meteor, dan lainnya.  Game ini khusus untuk anak usia 6-10 tahun. Jika buah hati anda sudah mulai aktif, seri terbaru dari marbel cocok untuk buah hati anda. Marbel Magic Space (Marbel Petualangan di Luar Angkasa) mengusung tema ketangkasan. Kali ini, Marbel bersama kawan-kawan sedang melakukan penelitian di Luar Angkasa. Namun, karena hantaman meteor, pesawat yang di kendalikan Marbel terpisah dari Pesawat Induk. Tugas anak-anak adalah mengontrol arah dan gerakan pesawat marbel sekaligus mencari jalan untuk menyelamatkan diri menuju ke pesawat Induk.

Ada banyak benda angkasa di  galaxi. Salah satu yang paling banyak dikenal anak adalah matahari. Matahari dalam kurun waktu tertentu akan mengalami gerhana matahari. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (wikipedia.org)

Seorang pendidik PAUD, bernama Bunda Enung telah membuat sebuah kreasi yang menggambarkan terjadinya “Gerhana Matahari”. Selain telah diajarkan kepada anak-anak didiknya, kreasi ini juga telah diajarkan kepada para pendidik di seluruh Indonesia, yaitu di grup facebook FORUM TK DAN PAUD.

Kreasi ini telah mendapatkan lebih dari 500 likes. Hal ini membuktikan bahwa kreasi ini sangat digemari oleh pendidik di seluruh Indonesia. Saat mengajarkan kreasi ini, Bunda Enung juga mengajarkan kepada anak-anak didiknya sebuah lagu yang menggambarkan keindahan alam semesta. Berikut ini adalah lirik lagunya:

Lagu tema Alam Semesta
Judul : Bulan dan Bintang

Di malam hari ada bulan
Bersinar terang menerangi bumi
Dan juga ada bintang – bintang
Berkelap kelip sepanjang malam

Oh bulan amat terang
Oh bintang bertaburan
Oh bulan amat terang
Oh bintang bertaburan

Bulan dan bintang benda langit
Di malam hari Ciptaan Allah
Siangpun datang bulanpun hilang
Berganti dengan matahari

Oh bulan amat terang
Oh bintang bertaburan
Oh bulan amat terang
Oh bintang bertaburan

Lagu di atas bisa dinyanyikan dengan nada lagu “Anak Gembala”. Lalu bagaimana cara membuat kreasi berbentuk gerhana matahari? Inilah bahan-bahan dan  tutorial pembuatannya:
.
kreasi-paud-gerhana-kak-zepe
.

A. Bahan- bahannya
1.Kertas HVS
2.Kertas origami 2 yang dibuat lingkaran ( 1 berwarna hitam 1 lagi boleh warna apa saja )
3. Cat air warna merah, kuning dan biru
4. Double tip
5. Lem Fox
.

gerhana-kreasi-paud
.

B. Cara pembuatannya :
1. Tempelkan kertas origami pola lingkaran di atas HVS dengan 1cm double tip .
2. Beri cat air di pinggir atas pola tersebut dengan warna berselang seling kemudian usap-usap keluar cat air tersebut dengan jari sehingga membentuk cahaya .
3. Cabut pola lingkaran pertama kemudian diganti dengan pola lingkaran berwarna hitam yang diberi lem fox.

Bagaimana? Mudah bukan?  Bila Anda ingin bertanya langsung kepada bunda Enung tentang cara pembuatannya, silakan langsung kontak beliau dengan cara berkomentar pada postingan, dengan klik KARYA BUNDA ENUNG. (Akun Facebook mohon dalam keadaan aktif)

Kreasi ini merupakan salah satu pembelajaran PAUD dengan tema alam, dan subtema luar angkasa. Dapatkan kreasi tema alam lainnya dengan klik KREASI PAUD TEMA ALAM.

Selain matahari, masih ada aneka benda angkasa lainnya di tata surya. Anak-anak perlu mengenal aneka benda angkasa tersebut. Agar anak-anak bisa bermain sambil belajar, kita bisa memberikan kepada mereka  “MARBEL PETUALANGAN LUAR ANGKASA”. Anak-anak pasti suka memainkannya. Untuk mendownload kreasi ini, silakan klik gambar di bawah ini:banner-marbel-magic-space

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...