Kreasi Kolase Kelinci Berbulu Kapas

Minggu, 16 Oktober 2016 09:49 WIB | dibaca : 26843 | dibagikan :

Kelinci adalah binatang yang sangat lucu. Telinganya yang panjang, dua giginya tampak menonjol, bulunya yang halus dan sifatnya yang jinak, membuat anak-anak gemas saat melihatnya. Apalagi saat melihat cara berjalan hewan ini. Anak-anak pasti akan menyukainya. Kelinci termasuk hewan darat yang gemar memakan tumbuhan atau buah-buahan. Kali ini, Kak Zepe menuliskan sebuah artikel tentang “kreasi kelinci berbulu kapas”. Kreasi ini diciptakan oleh Kak Rosma Rosita Singara. Kak Rosma mengajarkan kreasi ini sebagai materi pembelajaran bertema hewan.


iklan-galang


Manfaat dari kreasi ini adalah:
1.    Melatih motorik halus anak
Ketrampilan ini dilatih saat anak menempel dan mewarnai gambar latar belakang dari kreasi ini.
2.    Melatih kesabaran anak
Anak-anak harus menempel dengan penuh kesabaran dan kehati-hatian. Kalau kurang sabar, hasilnya akan terlihat kurang rapi.
3.    Mengenal lebih dalam tentang hewan bernama kelinci (habitat, makanan, dan cara berkembang biak)


Baca juga:
1. Kreasi Menarik Karya Bunda PAUD Tema Hewan
2. Membuat Aneka Hewan Dengan Tehbik Mencetak (Bahan Koran Bekas)


Alat dan bahan yang digunakan dalam membuat kreasi ini adalah:
1.    Kertas bergambar kelinci
2.    Lem fox
3.    Pensil warna
4.    Kapas
.
Untuk mendapatkan gambar kelinci yang terbaik, kita bisa menggambar sendiri lalu mem-fotocopy gambar tersebut, atau kita bisa mencari gambarnya melalui mesin penelusuran “Google” dengan kata kunci “Rabbit line picture” atau kelinci bergambar garis. Gambar garis yang dimaksud adalah gambar yang secara khusus diciptakan dalam bentuk garis-garis, sehingga pada bagian yang polos (tidak berwarna) bisa diwarnai. Namun karena kita akan membuat kolase dengan kapas, maka bagian polos pada gambar kelinci tidak akan diwarnai, namun akan ditempeli kapas.
.
Setelah anak-anak selesai menempel kapas pada gambar kelinci (gambar kelinci terisi penuh dengan kapas), maka langkah selanjutnya adalah mewarnai gambar. Kita bisa meminta anak-anak mewarnai gambar latar belakang gambar kelinci dengan pensil warna, krayon, atau spidol.
Setelah anak-anak selesai menempel dan mewarnai hasil karya, kita bisa menanyakan berbagai hal tentang kreasi ini. Misalnya, cara berjalan kelinci, makanan kelinci, tempat hidup kelinci, ciri-ciri kelinci, dan pertanyaan-pertanyaan lain tentang hewan ini. Setelah itu, kita bisa meminta anak-anak membawa pulang kreasi ini atau memajangnya di kelas. Anak-anak pasti akan bangga bila karyanya bisa dipajang dan dinikmati oleh banyak orang.
.
Anak-anak perlu mengenal aneka hewan lainnya dan dengan metode lainnya. Salah satu metode yang keren adalah dengan metode mewarnai gambar. Dapatkan “Marbel Mewarnai” dengan tema hewan di bawah ini.
1. Marbel – “Mewarnai Hewan Laut”banner-marbel-mewarnai-hewan-laut2. Marbel – “Mewarnai Hewan Darat”banner-marbel-mewarnai-hewan-darat
Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...