3

Kreasi Membatik Pola Titik Berbahan Tisu

Jumat, 14 Oktober 2016, 17:07 WIB | dibaca 13757 kali | dibagikan kali

Anak-anak memang suka bermain dengan warna. Karena warna yang beraneka akan mampu memberikan semangat kepada anak-anak untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan hal ini. Beberapa contoh kegiatan yang berhubungan dengan warna adalah menggambar, mewarnai, mengecat, dan aktivitas lainnya. Kali ini Kak Zepe akan mengulas seputar aktivitas yang menarik, dan memiliki banyak manfaat antara lain:
– Melatih motorik halus
– Melatih kesabaran anak
– Melatih anak untuk fokus
– Mengenal beraneka warna


Baca juga:
1. Kreasi Hasta Karya Bertema “Cinta Tanah Air dan Budaya Bangsa”
2. Kreasi Seni Rupa Dengan Metode “Tisu Celup”


Kreasi ini sudah pernah dilakukan di sekolah tempat Kak Wartini mengajar. Siapakah Kak Wartini itu? Kak Wartini adalah seorang pendidik PAUD di kota Bandung. Di dalam FORUM TK DAN PAUD, Kak Sugita memberikan tutorial atau tata cara membuat kreasi membatik dengan bahan dasar tisu dan spidol.

1

Tips-tips saat melakukan aktivitas ini adalah:
– Guru membantu melipat tisu sesuai dengan gambar tutorial yang telah diposkan di bawah ini.
– Guru menyarankan agar anak didik tidak menekan spidol terlalu keras dan tidak melakukan gerakan yang bisa menyebabkan tisu menjadi sobek.
– Sebelum melakukan ini, disarankan agar anak-anak tidak melakukan aktivitas yang terlalu keras dan bisa menyebabkan tubuh berkeringat. Karena bila tubuh berkeringat, tisu akan mudah menempel di tangan atau mengotori tisu yang berwarna putih.

Mari kita perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Langkah 1

s-2

Langkah 2

s-1

Langkah 3

s-3

Langkah 4

s-4

Langkah 5

s-5

Langkah 6

s-6

Langkah 7

s-7

Langkah 8

s-8

Langkah 9

s-10

Langkah 10

s-11

Semoga dengan aktivitas ini anak-anak pun akan semakin mencintai budaya asli Indonesia, yaitu membatik. Karena batik adalah ciri khas bangsa yang patut dibanggakan. Siapa tau setelah melakukan aktivitas ini, anak-anak akan semakin tekun dalam belajar membatik. Sukses juga buat Kak Wartini yang telah menyumbangkan waktunya dalam membuat foto tutorialnya.

Anak-anak Indonesia juga perlu mengenal aneka pakaian ada yang ada di seluruh nusantara. Dengan semakin mengenal pakaian adat, anak-anak akan semakin memiliki rasa cinta tanah air. Educa Studio telah merilis sebuah aplikasi yang memudahkan anak-anak Indonesia belajar tentang aneka pakaian ada dan kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia. Aplikasi ini berjudul “Marbel Belajar Budaya Nusantara”. Silakan download GRATIS aplikasi ini dengan klik “Marbel Belajar Budaya Nusantara” .

Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...