Kreasi Topeng Kelinci yang Lucu Sekali

Minggu, 18 Maret 2018 08:57 WIB | dibaca : 4279 | dibagikan :

Kelinci adalah binatang yang lucu dan banyak digemari anak-anak. Ada beberapa tokoh kelinci yang dikenal anak-anak melalui film kartun, misalnya Bugs Bunny, Roger Rabbit, dan lainnya. Biasanya kelinci dipelajari dalam pembelajaran tema pengenalan hewan, dengan sub-tema pengenalan hewan darat.  Agar anak-anak lebih semangat untuk belajar tentang hewan ini, kita bisa mengajak anak-anak menyanyikan lagu “Kelinciku”. Berikut ini adalah lirik lagu “Kelinciku”:

Kelinciku, kelinciku kau manis sekali
melompat kian kemari sepanjang hari
Aku ingin menemani sepulang sekolah
bersamamu lagi, menari-nari.

Dengarkan lagu ini dengan klik di SINI.

Nyanyikan lagu ini dengan gerakan anak-anak pasti akan lebih semangat dan ceria dalam menyanyikannya. Setelah bernyanyi, kita ajak anak-anak membuat kreasi topeng kelinci yang telah dibagikan oleh Kak Rahma Mahendra di FORUM TK DAN PAUD.


Baca juga:
Kreasi Kolase Kelinci Berbulu Kapas


Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah:
– Kertas kardus snack: Kertas kardus yang dibutuhkan adalah yang berwarna putih dan berukuran besar. Fungsi dari kertas kardus ini adalah sebagai bahan dasar pembuat topeng. Kita bisa membuat 1 pola topeng berbentuk seperti gambar di bawah ini, lalu digunting. Satu buah topeng bisa menjadi media untuk menduplikat untuk menggambar pola topeng yang sama.
Kapas: Bahan penutup topeng kelinci yang berfungsi sebagai bulu kelinci.
– Karet: Karet dipakai untuk mengikatkan topeng.
– Gunting
– Lem
– Pensil warna: Pensil warna digunakan untuk mewarnai bagian lubang telinga kelinci.
Pincher (pelubang kertas): Digunakan untuk pelubang kertas kardus pada bagian dimana karet nantinya akan diikatkan.

Cara membuat kreasi ini adalah:
– Gunting pola topeng yang telah selesai dibuat.
– Lubangi bagian pengikat karet dengan pincher. Lalu masukkan karet ke dalam lubang. Pada bagian tersebut, kita bisa melapisi dengan selotip agar kertas kardus tidak mudah sobek.
– Warnai bagian “lubang telinga kelinci”.
– Oleskan lem pada seluruh bagian topeng.
– Tempelkan kapas pada seluruh bagian topeng.
– Topeng pun siap untuk dipakai.

Terima kasih Kak Rahma Mahendra telah berbagi ilmu. Sebagai kegiatan penutup, kita bisa mengajak anak bermain sambil belajar aneka hewan dan suara hewan. Permainan ini berjudul Marbel Dunia Hewan dan Suaranya”. Silakan klik gambar di bawah ini bila Anda ingin mengunduhnya secara GRATIS.


banner-marbel-dunia-hewan-v3

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...